Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tiga Tanaman Hias yang Harganya Jutaan

Domarai.com - Salah satu hobi yang hampir disukai banyak orang bahkan semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga tua adalah mengoleksi tanaman. Walau hobi ini bisa membuat orang menjadi boros, karena harus merogoh kocek lebih dalam untuk bisa mendapatkan tanaman hias yang diinginkan. Tetapi tidak semua tanaman mempunyai harga yang mahal, ada juga yang harganya masih bisa dibilang normal atau bahkan murah. 



   Satu lagi, tidak jarang tanaman yang mulanya mempunyai banderol harga tinggi, tiba-tiba mengalami kalah pamor kemudian turun harganya. Oleh sebab itu, para pelaku hobi tanaman hias alangkah lebih memahami perkembangan tanaman secara terus-menerus.


   Sahabat domarai, kali ini kita akan membahas tiga tanaman hias harga jutaan, serta sedikit penjelasan tentang tanaman tersebut.


1.  Bonsai


    Bonsai merupakan tanaman yang bisa dibilang perpaduan antara alam dengan sebuah ekspresi kesenian. Sebuah seni yang terlahir atas ide untuk menciptakan karya namun tanaman menjadi obyeknya.


Bonsai bisa dikatakan hasil perkawinan tanaman dan seni. Teknik yang dipakai membuat tanaman di pot jadi kerdil, tetapi sisi keindahan yang lebih diutamakan. Bonsai bisa dikatakan tanaman yang dibuat untuk miniatur dari pohon besar yang ada di hutan atau alam bebas.


    Karena hal itulah yang menjadikan tanaman hias ini mempunyai harga jual relatif tinggi serta stabil untuk banyak kolektor khususnya di Indonesia bahkan dunia. Ada beberapa jenis bonsai diberi harga sampai jutaan rupiah, apalagi kalau tanaman hias harga jutaan tersebut bisa menjuarai kontes tanaman hias. Patokan harganya berkisar 5 sampai 20 juta rupiah.


2.  Anggrek Hitam Papua


   Tanaman yang berasal dari Indonesia bagian paling timur ini berhasil menjadi salah satu tanaman hias yang memiliki banderol harga cukup tinggi. Tanaman ini adalah tanaman yang tidak bisa dijumpai ditempat lain kecuali di Papua.


  Ngomong-ngomong masalah anggrek hitam, tidak cuma indah serta memperlihatkan ke-estetikan maksimal suatu bunga, ternyata anggrek hitam juga menjelma jadi komoditi dagang yang lumayan bagus. Kalian harus tahu kalau harga bunga ini cukup mahal sekali, per bijinya saja bisa dibanderol ratusan juta. Faktor ini karena sulitnya untuk mencari bunga tersebut di alam, ditambah langkanya anggrek hitam. Oleh karena itu, tanaman hias harga jutaan ini mempunyai harga mencapai 100 juta.


3.  Monstera


  Tanaman hias ini adalah tanaman hias indoor untuk menyejukkan ruangan, dan sekarang ini sedang naik daun atau sudah mulai banyak peminatnya. Monstera sering digunakan menjadi pelengkap dekorasi pada beberapa konsep dari interior, misal gaya Skandinavia atau minimalis.


  Jenis monstera yang banyak dicari orang yaitu Monstera Deliciosa dengan mempunyai ukuran daun besar. Namun jenis tersebut mempunyai banderol harga cukup tinggi, karena bisa mencapai 20 juta rupiah. Penyebab harga tinggi tersebut karena proses tumbuhnya lumayan lama ditambah warna daun yang diberikan sangat cantik sekali.


   Tanaman hias harga jutaan ini berbeda dengan tanaman jenis tropis pada umumnya yang perlu banyak cahaya matahari, namun monstera lumayan bisa toleran pada ruangan yang sedikit pencahayaan alami. Bahkan apabila mau ditempatkan di ruangan yang menggunakan ac atau pendingin, tanaman tersebut masih bisa bertahan.



Sahabat domarai, semoga sedikit informasi tentang tanaman hias harga jutaan diatas bisa memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan untuk kalian semua. Khususnya untuk para pecinta tanaman hias semua kalangan dari muda sampai tua. 


    Ingat, tidak semua tanaman hias yang awalnya mahal akan tetap mahal seterusnya, karena bisa jadi akan mengalami penurunan harga dengan beberapa faktor sebagai penyebabnya. Disinilah diharapkan para pecinta tanaman hias selalu update dengan tanaman-tanaman yang sedang naik daun.