Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gunakan Cara Ini Agar Ponselmu Tidak Panas

Smartphone adalah salah satu benda yang wajib dimiliki oleh setiap orang, baik itu pekerja kantoran, wirausaha, bahkan pelajar sekalipun. Anak-anak millennial juga tak lepas dengan yang namanya smartphone, entah itu digunakan untuk belajar secara daring maupun laring, main game, ataupun sekedar digunakan untuk bermain tiktok. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pemilik smartphone adalah smartphone cepat terasa panas apabila digunakan dalam waktu yang relatif lama. 

Benda canggih satu itu memang dikatakan ‘smart’ karena banyak fitur yang benar-benar mempermudah pekerjaan manusia yang menggunakannya, namun seberapa pintar pun alat elektronik tetap saja memiliki celah ketidaksempurnaan. Smartphone hanya berfungsi sesuai ‘aturan’ yang sudah ditentukan oleh ‘penciptanya’ namun apabila smartphone tersebut mengalami kerusakan, smartphone tak mampu memperbaiki dirinya sendiri. Sebagai manusia, tentunya kitalah yang seharusnya mendisiplinkan diri supaya smartphone atau ponsel kita tetap aman dan nyaman ketika digunakan. Kali ini kita akan membahas beberapa tips supaya ponsel kita tidak cepat panas.

1. Berikan waktu ‘istirahat’ untuk ponsel

Bagi kalian yang suka main game atau yang bekerja denga menggunakan ponsel, Tips satu ini wajib banget untuk ditaati supaya ponsel kalian berumur panjang. 

2. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Hal ini sering dilakukan oleh orang kebanyakan, yakni menimbun banyak aplikasi di belakang layar yang jelas-jelas tidak digunakan. 

3. Matikan fitur-fitur yang sudah tidak digunakan

Fitur-fitur seperti bluetooth, wifi, lokasi, sync., terkadang tetap menyala meskipun sudah tidak kita gunakan lagi. 

4. Turunkan kecerahan layar

Selain berguna untuk antisipasi agar ponsel tidak cepat panas, menurunkan kecerahan layar di waktu-waktu tertentu juga berguna untuk kesehatan mata kita. Jangan sering memaksimalkan kecerahan layar apabila sedang berada di tempat yang sudah terang.

5. Gunakan baterai dan charger original

Tips ketiga ini berlaku bagi kalian yang ingin membeli baterai atau charger baru karena baterai atau charger bawaan ponsel kalian sudah rusak. Pilihlah baterai atau charger yang original sesuai ponsel yang kalian miliki. Jangan tergiur dengan baterai atau charger universal yang harganya lebih murah karena kita tidak tau apakah spesifikasi dan bahan-bahan yang digunakan di dalamnya cocok untuk ponsel kita. 

Beberapa Tips di atas dapat sahabat domarai lakukan agar terhindar dari smartphone yang cepat panas yang membuat performa smartphone tak lagi optimal. Sayangi alat elektronik yang kita miliki tak terkecuali smartphone agar dapat berumur panjang. Disiplinkan diri untuk merawat smartphone yang kita miliki karena smartphone bukanlah barang yang murah. Semoga bermanfaat!