Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ayo lakukan jalan kaki lebih sering!!

 

 
Music photo created by katemangostar - www.freepik.com


Olahraga jalan kaki secara teratur berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Jenis olahraga ini bisa menjadi solusi bagi sahabat domarai yang tidak suka jogging atau yang lainnya. Ada banyak jenis olahraga yang berbeda mulai dari senam aerobik, zumba, bersepeda, marathon, dll.

Bagi sahabat domarai yang tidak tertarik dengan semua aktivitas fisik tersebut, terdapat pilihan alternatif jalan kaki yang lebih mudah agar bisa terus berolahraga. Selain murah, jalan kaki tak diragukan lagi manfaat kesehatannya. Jalan kaki adalah salah satu olahraga paling praktis dan sehat yang pernah ada.

Berikut manfaat jalan kaki untuk kesehatan

Membakar kalori dan membantu penurunan berat badan

Seperti berlari, jalan kaki juga merupakan salah satu jenis latihan kardiovaskular. Sehingga kegiatan ini bisa dilakukan dengan tujuan untuk membakar kalori. Kalori yang dibakar akan bertambah 100-300 kalori jika jalan cepat, jarak jauh lebih dari 30 menit, dan di medan terjal.

dengan berjalan kaki, berat badan dapat turun dan mengurangi risiko obesitas. Berjalan 5.000 langkah lebih sedikit per hari menunjukkan gaya hidup yang baik. Sedangkan dengan berjalan lebih dari 10.000 langkah, sangat memungkinkan untuk meningkatkan pembakaran lemak yang pada akhirnya berujung pada penurunan berat badan.

Memperkuat jantung sebagai manfaat jalan kaki

Berjalan kaki minimal 30 menit sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 19%. Dengan meningkatkan jarak berjalan kaki secara bertahap dapat menjaga jantung tetap sehat. Manfaat ini sangat bagus, meski hanya melakukan jalan kaki biasa dengan kecepatan sekitar 3,2 kilometer per jam. Sahabat domarai yang berjalan lebih jauh, berjalan lebih cepat, atau keduanya terlindungi akan dari penyakit jantung yang lebih parah.

Memperkuat tulang dan persendian

Jalan kaki termasuk olahraga yang menopang berat badan. Oleh karena itu, aktivitas ini bermanfaat dalam menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Manfaat jalan kaki juga dapat membantu melindungi persendian pada lutut dan pinggul, dengan mengaktifkan pelumasan persendian dan memperkuat otot-otot di sekitar persendian tersebut.

Saat berjalan, berbagai gerakan dan gerakan yang lakukan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, sekaligus memperkuat otot dan persendian.

Selain itu, cairan sinovial terus diproduksi selama menggunakannya. Cairan sinovial mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan persendian.

Jika jarang berjalan, cairan ini tidak banyak diproduksi. Akibatnya, kualitas persendian bisa terganggu.

Meningkatkan energi

Salah satu manfaat jalan kaki lainnya adalah mengurangi kelelahan dan menambah energi. Hal Ini disebabkan karena berjalan kaki dapat meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan kadar kortisol, epinefrin, dan noepinefrin. Ketiganya merupakan organ yang mengatur tingkat energi di dalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan

Berjalan kaki secara teratur juga dapat meningkatkan kekebalan terhadap penyakit ringan. Misalnya batuk, pilek dan flu. Dalam satu studi khusus yang melibatkan ribuan partisipan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang secara teratur berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit sehari memiliki waktu sakit hingga 43% lebih sedikit daripada mereka yang tidak pernah melakukannya. Bahkan saat sakit, Sahabat domarai yang rutin berjalan kaki akan pulih lebih cepat.

Menurunkan gula darah

manfaat jalan kaki setelah makan, yaitu penurunan gula darah.

Satu studi skala kecil menemukan bahwa berjalan kaki 15 menit setelah sarapan, makan siang dan makan malam memiliki lebih banyak efek pada peningkatan kadar gula darah, dibandingkan dengan berjalan kaki 45 menit saja.

Meningkatkan kesehatan mental

15 menit jalan kaki dapat meningkatkan mood. Manfaat jalan kaki ini berefek terhadap kesehatan mental. Orang yang sering jalan kaki melaporkan lebih sedikit kecemasan dan suasana hati yang negative. Suasana hati yang positif memudahkan untuk memunculkan ide-ide baru. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa lebih mudah memikirkan ide-ide baru dan kreatif sambil berjalan daripada duduk. Apalagi jika melakukannya di luar ruangan dan di udara segar.

Jalan juga dapat menghilangkan stress. Setiap orang khususya sahabat domarai pasti pernah mengalami stres atau kecemasan. Hal-hal sederhana seperti jalan kaki bisa membantu menghilangkan stress. Menurut penelitian menyebutkan bahwa 10 menit jalan kaki efektif dalam mengurangi kecemasan dan depresi selama 45 menit olahraga. Kemudian, dengan bergerak, kadar kortisol bisa dikurangi. Semua kecemasan di pikiran bisa diredakan.

Selain kemampuannya mengurangi stres, olahraga - termasuk jalan kaki - secara positif memengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab untuk pengaturan suasana hati. Dalam jurnal kesehatan Mental Health and Physical Activity menemukan bahwa berjalan kaki dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Memperkuat otot betis

Melakukan jalan kaki secara teratur akan memperkuat otot betis, terutama jika rutin menjalankan rute yang terjal. Berjalan di atas treadmill juga bisa memperkuat otot betis jika diletakkan dalam posisi alami menanjak.

Meningkatkan kualitas tidur

Jalan kaki secara teratur setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Riset menunjukkan bahwa jika rutin berjalan kaki minimal 10.000 langkah sehari, jumlah jam tidur dan kualitas tidur akan lebih baik.

Selain itu, peneliti dari University of South Australia menyarankan adanya hubungan kualitas tidur dan jalan kaki, Seseorang akan cenderung lebih aktif secara fisik. Jika aktif secara fisik akan cenderung merasa lelah dan tidur lebih nyenyak.

Menurunkan Tekanan Darah

Selain menurunkan berat badan, jalan kaki secara teratur juga bagus untuk penderita tekanan darah tinggi. Tindakan ini dapat menurunkan tekanan darah sistolik sekitar 3,8 mmhg dan tekanan darah diastolik sekitar 0,3 mmhg.

Jika dibarengi dengan pola hidup sehat dan pengobatan yang tepat, tekanan darah tinggi dapat dengan mudah diobati.

 

Itulah artikel tentang manfaat jalan kaki untuk kesehatan fisik dan mental. Jika sahabat domarai punya pengalaman dengan olahraga jalan kaki, bisa kalian ceritakan pengalaman kalian di komentar ya, semoga artikel ini bermanfaat dan berkah untuk kita semua. 

Ayo mulai lakukan jalan kaki lebih sering sahabat domarai