Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

BERAGAM KARYA DARI ECOBRICK

Gambar oleh Vectorjuice dari Freepik

Domarai.com – Ecobrick merupakan salah satu solusi untuk mengurangi sampah – sampah plastik yang tidak dapat diurai, sampah – sampah tersebut diolah kemudian diberi media berupa botol plastik untuk dibuat menjadi benda – benda yang lebih berguna.

Saat ini terdapat beberapa produk yang sudah banyak dibuat dari hasil ecobrick, contoh yang sering terlihat adalah perabot sederhana, seperti kursi dan meja. Perabot tersebut memanfaatkan ecobrick sebagai pondasinya. Dalam satu botol plastik ukuran 600 ml dapat diisi sampah plastik yang sudah dipotong potong dengan berat 250 gram atau setara 2500 lembar plastik bungkus makanan ringan atau bungkus mie instan plastik.

Jika dikumpulkan beberapa botol dapat dibentuk kursi kecil atau meja kecil yang lebih bermanfaat, tidak hanya kursi dan meja ecobrick saat ini sudah mulai berkembang. Berikut beberapa hasil karya dari ecobrick mari disimak J

1. Rumah Ecobrick 

Ecobrick dapat dipakai juga dibuat untuk membuat tembok sebagai pengganti batu bata, salah satu rumah ecobrick yang dibangun oleh Dr. Trevor Davies yang dilansir dari Rumah.com menyebutkan bahwa, dirinya mencoba untuk membuat solusi rumah yang terjangkau dan ramah lingkungan, salah satu solusinya adalah menerapkan sistem ecobrick untuk membuat temboknya.

Rumah yang berlokasi di Joza Township, Eastern Cape ini dibuat dari 5000 botol plastik atau setara 3 ton sampah limbah plastik. Davies menuturkan rumah yang terbuat dari ecobrick ini strukturnya kuat dan terisolasi dengan baik sama halnya dengan rumah pada umumnya. Akan tetapi agar lebih yakin konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya supaya yang sudah dibangun tidak rugi pada akhirnya.

2. Gapura

Tidak hanya tembok, ecobrick juga dapat dimanfaatkan untuk membuat gapura. Gapura yang dibentukpun dapat disesuaikan dengan keinginan, sebelum memasukkan ecobrick buat terlebih dahulu rangka sebagai penopang ecobrick, pastikan kerangka kuat agar ketika terkena angin tidak patah begitu saja. Setelah kerangka siap susun ecobrick dan rekatkan dengan lem super atau semen, selanjutnya hias atau cat ecobrick agar terlihat lebih menarik.

 3. Dekorasi

Karya lain yang dihasilkan dari ecobrick adalah penggunaan dekorasi, sama seperti pembuatan gapura sebelum dibentuk untuk dekorasi buat dulu kerangkanya. Setelah ecobrick siap susun seperti kerangka dekorasi yang akan dibuat, untuk menyatukan ecobrick ini dapat menggunakan lem super atau beberapa tali yang diikat melingkar seluruh ecobrick. Setelah semua siap susun seperti dekorasi yang sudah direncanakan, agar tidak terkesan monoton lapisi ecobrick dengan kertas atau cat agar terlihat lebih rapi dan sedap dipandang.

4. Kursi

Hasil karya ecobrick yang satu ini memang sudah tidak asing lagi, cara pembuatannya yang mudah dan bisa langsung dipakai ini menjadi pilihan terbaik ketika membuat ecobrick, bahkan ketika sudah selesai menyusunnya langsung bisa digunakan atau dicoba.

Cara pembuatan kursi dari ecobrick ini adalah menyusunnya membentuk lingkaran (menyesuaikan bentuk botol), kemudian disatukan menggunakan tali hingga kuat dan padat diatasnya sebagai alas duduk dapat menggunakan sebilah papan agar lebih nyaman ketika digunakan. Bagaimana cukup mudahkan sahabat domarai, tentu saja bisa mempraktekkannya dirumah saat banyak botol – botol yang sudah tidak terpakai.

5. Meja

Tidak hanya kursi sahabat domarai juga bisa membuat meja menggunakan ecobrick, sama seperti membuat kursi ,pembuatan meja juga menyatukan beberapa botol dalam satu lingkaran yang disatukan menggunakan tali atau lem super. Jika kursi bisa diberi sebilah papan atau tidak, kalau meja harus diberi papan agar dapat berfungsi selayaknya meja untuk melatakkan barang – barang. Pastikan papan yang diletakkan diatasnya stabil dan sejajar agar ketika digunakan tidak berat sebelah dan pastikan pula ecobrick sebagai tumpuan bilah papan memiliki berat yang sama agar ketika diberi beban yang banyak tidak roboh atau terjatuh

Jadi, sahabat domarai siap mencoba ecobrick ? tentu saja bisa dimulai dengan membuat hal – hal sederhana. Mulai dari lingkungan sendiri untuk menjaga lingkungan menjadi lebih bersih.