Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat Kucing Kesayangan

Domarai.com - Saat ini kucing memang menjadi salah satu hewan yang banyak digemari, penyebabnya karena tingkah lucu serta menggemaskannya. Oleh sebab itu, kucing sering jadi hewan peliharaan di rumah. Pecinta kucing sekarang ini bukan hanya di dominasi anak-anak saja, bahkan mulai dari anak kecil sampai orang tua ada peminatnya sendiri-sendiri. Tetapi, alangkah lebih baik sebelum memutuskan buat merawat kucing sebaiknya memahami tentang kebiasaan dan sifat kucing dulu. Apalagi kucing itu mempunyai sifat manja, ditambah perlu adanya perawatan yang sangat ekstra.

        Sahabat domarai, memang manusia dan kucing seperti sudah memiliki sebuah historis panjang, sekaligus membuktikan kalau hewan ini begitu jinak sekaligus digemari banyak orang. Dan jika sudah memutuskan memelihara kucing, harusnya semua hal yang bersangkutan dengan kucing mulai dipelajari. Mulai dari memberi makan, jenis makanan apa yang baik buat kucing tersebut, dan sebagainya. Tetapi misal salah ketika merawatnya, kucing tersebut bisa liar bahkan menjemukan. Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang merawat kucing yang baik dan benar.


1. Terkait kebutuhan gizi

Apabila ingin memelihara, terlebih dulu untuk memperhatikan gizinya. Jangan sampai lupa memberikan makanan dan minuman dengan teratur. Terutama makanan yang pastinya sebagai kebutuhan wajib. Sebaiknya berikan teratur sebanyak 2 sampai 3 kali bahkan bisa 4 kali per harinya. Mengingat kalau kucing mengalami kelaparan, kemungkinan terjadi mereka akan mencari makanan sendiri dan tentunya secara sembarangan.

Selain itu, tidak salah untuk mencoba pelan-pelan memberikan beberapa sayuran misal brokoli namun telah dimasak sebelumnya. Kalau untuk kucing yang berusia dibawah satu tahun bisa diberikan makanan khusus. Apabila sudah diatas setahun, baiknya diberi makanan untuk kucing dewasa. Intinya perhatikan dengan baik-baik terkait gizi dari kucing tersebut.


2. Jangan lupa, rajin sisir bulu

Sebuah bagian yang sangat rentan dari hewan ini adalah bulu, maka perlu adanya perhatian khusus. Sering kali bulu kucing seperti kusut bahkan menggumpal, apalagi kucing yang mempunyai bulu lebat serta panjang. Ternyata kegiatan menyisir bulu ini mesti dilakukan dengan rutin buat mengurangi kutu, mengangkat semua bulu-bulu yang telah mati, membasmi jamut di bulu, dan lain sebagainya. Selain itu, langkah ini bisa melancarkan peredaran darah badan kucing.


3. Rutin cek kesehatan

Selain asupan gizi yang mencukupi, ternyata kesehatan dari kucing harus diperhatikan juga. Cara merawat kucing terkait kesehatannya, perlu diberikan vitamin serta obat-obatan. Ditambah lagi mesti sterilisasi dan vaksinasi.

Vaksinasi sebaiknya dilakukan dengan rutin untuk menjauhkan si kucing tersebut dari penyakit ataupun virus. Langsung datang aja ke pet shop atau dokter hewan terdekat. Kalau sterilisasi ketik umur kucing masuk 6 bulan. Gunanya agar kucing tersebut menjadi jinak dan terhindar dari penyakit.


4. Sering bermain dengan kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang gampang stres dan sangat sensitif. Agar menghindari itu, ajak si kucing sering bermain dan jalan-jalan keluar. Ternyata kegiatan bermain ini bisa membantu pertumbuhan dari kucing tersebut dan kucing bisa lincah sekaligus sehat.


5. Ajarin cara membuang kotoran

Cara merawat kucing yang terakhir, jangan lupa untuk mengajari si kucing cara membuang kotoran pada tempat yang sudah disediakan. Misalnya beri litter box untuk tempat buang kotoran. Biasanya si kucing membuang kotoran ketika selesai makan, dan biasakan ajari membuang kotoran di wadah tersebut. Kalau dilakukan dengan rutin, kucing akan hafal dengan sendirinya.


     Sahabat domarai, semoga beberapa info tentang cara merawat kucing diatas bisa bermanfaat terutama untuk para pecinta kucing.