Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ecobrick Solusi Tembok dari plastik


Gambar oleh bilmodesign

Domarai.com - Ecobrick mungkin istilah yang agak asing ditelinga kita. Namun telah banyak pihak yang menerapkan kegiatan ecobrick. Lalu apasih yang dimaksud dengan ecobrick ?

Jika dilihat dari bahasa eco dan brick berarti bata ramah lingkungan. Bata ramah lingkungan berarti menggunakan bahan bahan yang ramah dengan linkungan. Namun ecobrick ini memanfaatkan limbah yang sulit terurai oleh bumi. Yaitu Plastik.

1. Penjelasan ecobrick

Ecobrik adalah botol plastik yang diisi padat oleh limbah non biological yang bertujuan untuk digunakan pembuatan tembok suatu bangungan. Teknologi ecobrick mensinergikan pemanfaatan limbah padat rumah tangga sekolah, dan masyarakat untuk dimanfaatkan kembali. Solusi pemanfaatan limbah padat ini dikenal sebagai bottle brick dan banyak orang menggunakan istilah ecobrick yang sudah digunakan oleh gerakan masyarakat diseluruh dunia. 

Konsumsi rumah tangga yang paling simple adalah penggunaan plastik, baik dari kemasan produk yang kita beli, atau penggunaan kantong plastik. Plastik jelas kita tahu sangat sulit terurai oleh bumi, hal itu menyebabkan sampah plastik menjadi permasalahan seriuus yang dialami seluruh orang di dunia. Ketergantungan akan plastik masih sangat sulit dihindari karena hampir 90 % produk komoditas menggunakan plastik sebagai kemasannya. 

Meskipun penggunaan sampah plastik untuk digunakan kembali reduce atapun reuse, faktanya sampah plastik masih menjadi tersangka utama pencemaran lingkungan. Percepatan pemanfaatan limbah plastik lainnya adalah dengan sistem ecobrick ini. 

2. Manfaat Ecobrick

Seperti yang kita tahu, plastik reduce akan dibuat seperti perabotan rumah tangga seperti sapu, tempat sampah, pel dll. Proses ini membutuhkan biaya meskipun bisa mendapatkan keuntungan. Hanya saja gas CO2 plastik yang muncul selama proses pelelehan cukup berbahaya untuk mahkluk hidup di bumi. Selain itu mesin-mesin yang digunakan membutuhkan energi listrik untuk memprosesnya. Teknologi ecobrick memang sederhana namun memiliki resiko kerusakan lingkungan yang kecil. 

Manfaat lain dari pengolahan limbah yang aman dan baik untuk lingkungan, ecobrick sering digunakan untuk membuat struktur dinding, pembuatan pot di kebun, furniture dan perabotan apapun. Plastik akan tetap terkurung didalam botol dan botol tertanam pada lapisan semen. 

3. Cara membuat ecobrick

Pembuatan ecobrik sebenarnya sangatlah sederhana, hanya saja perlu kesabaran dalam membuatnya. Umumnya botol plastik ukuran berapapun dapat dijadikan ecobrick. Namun botol plastik kemasan 500-600 ml yang paling efektif, karena dapat dibentuk lebih fleksibel. ecobrik yang baik yaitu saat botol sangat padat, tidak berbunyi saat ditekan dan tidak berubah bentuk. 

Sebelum memasukkan kedalam botol, pastikan botol dan sampah dalam keadaan kering, untuk menghindari berkembangnya mikroorganisme. 

Persiapkan bahan-bahan yaitu botol plastik, tongkat kayu dan limbah padat non organik dan non biologi.

langkahnya dapat dilihat dari gambar berikut ini dikutip dari zerowaste.id



4. Pemanfaatan ecobrik menjadi tembok di indonesia


Dilansir dari tribun.balinews.com Pegiat lingkungan di buleleng Bali Gede Prajamahardika, menggalakkan program ecobrick bersama komunitas sahabat bumi. Beliau melakukan sosialisasi ke sekolah dan lingkungan masyarakat


Lutfi Nur Farida perempuan asal tuban ini mengaku bahwa tembok yang dibuat dari ecobrick mampu bertahan hingga 200 tahun. Dalam acara yang digelar KPP di jembrana bali. Beliau mengungkapkan ecobrick solusi bangunan tahan gempa.

Dinding toilet dari ecobrik oleh perusahaan Ubud Raw Chocolate Factory yang dibuat sejak tahun 2019. Ubud raw rutin membuat ecobrick, pembuatan toilet sangat sederhana, hanya membuat ecobrik, yang disusun dengan semen, pasir, tanah dan air 


Nah itulah sekilas pemanfaatan ecobrick menjadi beragam hal. Teknologi ini termasuk pemanfaatan plastik reuse yang mudah dan bernilai ekonomi tinggi. Semoga dengan ini sahabat domarai semua dapat ikut mengelola sampah plastik. Semoga artikel ini bermanfaat. Yuk baca artikel kami lainnya.