Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis-jenis Kurma

Gambar oleh Stockking dari Freepik

Domarai.com - Kurma adalah buah yang identik dengan timur tengah, ramadhan, dan tentu saja manis. Buah kurma memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, buah kurma baik dikonsumsi setiap hari asal dengan porsi yang cukup. Beberapa manfaat dari buah kurma yang diambil dari berbagai sumber diantaranya:

1.     Mencukupi kebutuhan gizi dan kalori

2.     Sumber energi dalam tubuh

3.     Melancarkan sistem pencernaan

4.     Menstabilkan gula darah dan pengganti gula yang lebih sehat

5.     Anti peradangan (inflamasi)

6.     Mencegah dan mengatasi anemia

7.     Mengurangi reaksi alergi

8.     Meningkatkan kesehatan tulang

9.     Mencegah adanya risiko stroke, serangan jantung, dan kanker

10. Sumber antioksidan


Buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini berbentuk lonjong dengan biji tunggal. Pada saat masih muda, buah kurma berwarna merah cerah ke kuning terang, bergantung dari jenisnya. Dilansir dari wikipedia, buah kurma digolongkan dalam tiga kelompok, yakni lunak, semi kering, dan kering. Pengelompokkan tersebut berdasarkan kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang dikandung oleh masing-masing jenis kurma.


1.     Ajwa 

"Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kurma ajwa sering disebut sebagai kurma nabi karena Nabi Muhammad saw sering mengonsumsi kurma jenis ini. Kurma ajwa memiliki warna yang lebih gelap dari kurma jenis lain, ukurannya pun lebih kecil, rasanya seperti kismis (tidak terlalu manis), serta dagingnya lebih kering.

Dari Aisyah Radhiyallahu’anha, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya pada kurma Ájwah Al-Áaliyah (di dataran tinggi di kota Madinah berdekatan dengan Nejd) itu mengandung penawar atau suatu penawar yang bersifat anti racun apabila diambil (dimakan) pada awal pagi.” (Shahih Muslim, No. 2048)


2.     Halawi

Halawi dalam bahasa arab berarti manis. Sudah barang tentu rasa dari kurma jenis ini adalah manis dengan tingkatan yang tinggi, seperti madu. Kurma halawi berasal dari negeri Arab, memiliki ukuran yang bervariasi, berwarna coklat keemasan, serta memiliki tekstur yang sangat lembut.


3.     Deglet Noor

Kurma deglet noor merupakan salah satu jenis kurma terbaik yang berasal dari Teluk Persia. Kurma jenis ini hadir di Indonesia melalui jalur impor dari Tunisia. Itulah sebabnya kurma deglet noor dijuluki kurma Tunisia. Kurma ini memiliki warna yang cantik, yakni emas terang bagaikan sinar matahari. Tekstur buahnya semi kering dan semi renyah, sementara rasa yang dikandungnya tidaklah terlalu manis.


4.     Thoory

Kurma thoory banyak ditemui di Aljazair. Kurma satu ini memiliki beberapa keunikan, diantaranya memiliki cita rasa yang menyerupai kacang dan perubahan warna yang terjadi apabila diawetkan, dari warna coklat kemerahan menjadi kebiru-biruan. Kurma thoory tergolong jenis kurma kering, dilihat dari wujudnya yang keriput. Oleh karena teksturnya yang kering, daging dari kurma thoory ini agak keras.


5.     Sekki

Kurma jenis ini dapat dibilang unik karena memiliki dua warna dalam satu biji buah. Warnanya yakni kuning pada bagian atas dan kecoklatan pada bagian bawah. Demikian pula untuk teksturnya pun berbeda, warna kuning memiliki tekstur yang lebih keras sementara warna kecoklatan memiliki tekstur yang empuk dan kenyal. Cita rasa kurma sekki tidak terlalu manis.


6.     Khalasah

Jenis kurma khalasah cukup tenar di Arab Saudi, lebih tepatnya di Huffuf dan juga Qatif (bagian timur Arab Saudi). Jenis kurma ini memiliki tingkat kemanisan yang tidak terlalu tinggi, sehingga banyak disukai oleh masyarakat sekitar.

Itulah tadi beberapa jenis kurma yang bisa sahabat domarai nikmati di kala berbuka puasa ataupun di hari-hari biasa. Kelebihan dari buah kurma yang mampu bertahan lama apabila disimpan dengan baik dapat dijadikan stok di rumah untuk menjadi salah satu asupan gizi kita. Semoga bermanfaat!