Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

MANFAAT DAN KANDUNGAN KURMA KHALAS

 

Gambar oleh 8photo dari Freepik 

Domarai.com – Sahabat domarai pernah makan kurma? harusnya sudah ya, kira – kira berapa banyak jenis kurma yang sahabat domarai ketahui? satu kah atau dua atau bahkan puluhan atau ratusan, sekedar informasi saja bahwa ada sekitar 500 jenis kurma, cukup banyak memang akan tetapi hanya beberapa jenis kurma yang diketahui. 

Salah satu jenis kurma yang digemari masyarakat adalah kurma khalas, kurma ini memiliki tekstur yang lembut dan lengket, kurma ini memiliki ukuran sedang dengan warna coklat kemerahan. Rasa kurma ini manis mirip seperti karamel, di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara kurma jenis ini biasa dikonsumsi sebagai buah sehari – hari 

Kurma khalas disebut sebagai superfood karena memiliki banyak manfaat, kandungan kurma khalas hampir sama seperti kurma – kurma pada umumnya, seperti yang dilansir dari sainspop.com setiap kurma memiliki kandungan yang berbeda sesuai kondisi lingkung dan waktu panen setelah masa penyerbukan.

Kurma sendiri mengandung mikronutriens seperti karbohidrat, lemak, dan protein dan serat dari mikronutriens tersebut pada kurma 70% kandungannya adalah karbohidrat yang terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa. Gula – gula sederhana ini yang dibutuhkan tubuh untuk menjadi sumber energi. Selaian ketiga makronutriens tersebut didalam kurma juga terdapat vitamin, mineral dan zat fitrokimia yang diperlukan tubuh. Kurma juga menjadi sumber serat yang bagus karena memberika 32% kebutuhan harian serta yang diperlukan tubuh untuk 100 gram kurma. 

Pada kurma khalas terdapat vitamin A yang bermanfaat untuk mata, jadi tidaknya hanya wortel saja untuk menjaga kesehatan mata mengonsumsi kurma khalas juga bisa menjadi solusi. Selain vitamin A kurma khalas juga mengandung antioksidan tinggi, selain itu juga terdapat zat besi yang dapat mencegah anemia atau darah rendah, potasium yang tinggi pada kurma khalas juga mampu mengatur tekanan darah dan dapat meredakan nyeri pada otot. 

Manfaat yang diperoleh jika sahabat domarai sering mengonsumsi kurma khalas ini, mari disimak 😄

1. Melancarkan pencernaan, kurma memiki kandungan gula sederhana seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gula – gula sederhana ini akan dipecah didalam tubuh sehingga akan dengan mudah diserap didalam tubuh, selain itu kurma juga mengandung serat yang akan membantu proses pencernaan didalam tubuh. 

2. Karena serat tak larutnya yang menjadi komponen utama dari kurma membuat sahabat domarai ketika mengonsumsi kurma akan terasa lebih cepat kenyang, jadi bagi sahabat domarai yang ingin diet bisa mengonsumsi kurma sebagai camilan. 

3. Kurma juga dapat mencegah anemia, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kandungan zat besi pada kurma tentu sangat dibutuhkan tubuh. Kekurangan zat besi akan menyebabkan tubuh terasa lemah, letih dan lesu. Bagi sahabat domarai yang ingin terhindar dari anemia makan kurma bisa menjadi alternatifnya.

4. Kurma bisa mencegah diabetes . Lah kok bisa ? iya dong meskipun rasa kurma itu manis, kandungan gula dan serat pada kurma dapat mengontrol kadar gula dalam darah selain itu juga mampu mencegah peningkatan gula dalam darah ketika dikonsumsi, jadi kurma bisa dikonsumsi oleh pengidap diabetes sekalipun. 

5. Sahabat domarai ada yang mengalami kerontokan pada rambut? Jika iya bisa diatasi dengan mengonsumsi kurma, kandungan vitamai B pada buah kurma mampu mengatasi kerontokan pada rambut, cara yang efektif adalah dengan menjadikan kurma sebagai masker rambut lakukan secara rutin agar hasilnya lebih optimal 

Jadi sahabat domarai mengonsumsi kurma terutama kurma khalas ternyata banyak manfaatnya, tidak hanya kurma khalas kurma jenis lain pun juga memiliki manfaat yang hampir sama. Yuk konsumsi kurma khalas 😆