Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Makan Buah Kurma Bagi Pencernaan



Manfaat Makan Buah Kurma Bagi Pencernaan Yang Harus sahabat domarai ketahui. Mungkin banyak yang meng-asosiasi-kan buah yang satu ini dengan nuansa Ramadhan karena menjadi salah satu sajian yang banyak dipilih untuk berbuka puasa. Namun ternyata mengonsumsi buah kurma tidak harus dilakukan setiap bulan puasa karena memang buah yang satu ini memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan.

Kurma merupakan buah yang banyak tumbuh di kawasan Arab dan Timur Tengah dan menjadi salah satu makanan pokok di Negara-negara kawasan tersebut. Rasanya yang manis membuat kurma menjadi salah satu buah yang banyak digemari oleh orang-orang. Selain itu, kandungan nutrisi yang dimilikinya juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan ketika dikonsumsi.

Mengenal Kurma Dan Manfaat Makan Buah Kurma Bagi Pencernaan

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat makan buah kurma bagi sistem pencernaan, tidak ada salahnya apabila terlebih dahulu mengulas sekilas tentang buah kurma itu sendiri. Perlu diketahui bahwa kurma merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis palma yang buahnya dapat dikonsumsi.

Kurma telah menjadi salah satu makanan pokok terutama di kawasan Timur Tengah sejak lama. Disinyalir bahwa pohon kurma berasal dari kawasan sekitar Teluk Persia dan telah menjadi tanaman budidaya sejak zaman kuno.

Mungkin manfaat makan buah kurma juga sudah diketahui sejak zaman Mesir Kuno karena menurut beberapa sumber diyakini bahwa bangsa tersebut telah menggunakan kurma untuk dibuat menjadi anggur kurma dan mengonsumsinya ketika panen tiba. Pada zaman-zaman berikutnya, orang-orang Arab mulai menyebarkan tanaman ini ke berbagai wilayah termasuk Asia Selatan, Eropa, Afrika, dan bahkan juga kawasan Benua Amerika.

Buah kurma memiliki kandungan nutrisi yang relatif cukup banyak. Mulai dari karbohidrat. Lemak, protein, air, vitamin C, dan juga mineral manganese. Kandungan nutrisi yang relatif cukup lengkap ini membuat kurma menjadi salah satu buah yang kaya akan manfaat kesehatan ketika dikonsumsi.

Selain itu, salah satu manfaat makan buah kurma yang cukup kentara adalah sebagai sumber gula yang sangat baik. Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi yakni sekitar 75 gram per 100 gram sajian kurma, membuatnya menjadi buah yang sangat efektif dalam mengganti gula tubuh. Dengan mengonsumsi kurma maka Sahabat domarai bisa memulihkan kadar gula tubuh dengan relatif cepat dan juga lebih sehat bila dibandingkan dengan menggunakan gula buatan.

Kemampuan kurma dalam memulihkan kadar gula dengan cukup cepat inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ia banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai salah satu menu sajian berbuka puasa. Setelah seharian tubuh menahan asupan makanan dan mengalami penurunan kadar gula darah, mengonsumsi kurma adalah cara yang cukup ampuh untuk memulihkan gula tubuh dengan cukup cepat dan juga efektif.

Manfaat Makan Buah Kurma Bagi Pencernaan

Manfaat makan buah kurma tidak hanya bisa digunakan sebagai pemulih kadar gula darah saja. Namun ada juga manfaat manfaat lainnya yang bisa didapatkan ketika Sahabat domarai mengonsumsi buah kurma. Salah satu manfaat kesehatan yang bisa didapatkan adalah berkaitan dengan sistem pencernaan tubuh.

Mengonsumsi buah kurma, memiliki beberapa manfaat yang cukup penting bagi kesehatan sistem pencernaan manusia. Manfaat pertama adalah berpotensi untuk mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar pada manusia.

Seperti yang telah diketahui, usus besar merupakan organ yang sangat penting bagi pencernaan. Selain membuat makanan dapat dicerna dengan baik,  manfaat makan buah kurma  juga bisa membuat kondisi usus menjadi lebih sehat dan terbebas dari ancaman bakteri jahat yang bisa mengganggu jalannya proses pencernaan makanan dalam usus besar.

Mengonsumsi buah kurma secara rutin mampu meningkatkan kesehatan usus besar karena buah kurma mampu meningkatkan terjadinya pertumbuhan bakteri baik pada usus. Pertumbuhan bakteri baik yang ada pada usus akan menghambat risiko terjadinya pertumbuhan sel-sel kanker pada bagian usus besar.

 manfaat makan buah kurma  yang berikutnya adalah menyehatkan sistem pencernaan manusia. Mengapa demikian? Selain memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, buah kurma juga memiliki kandungan serat di dalamnya. Dalam satu cangkir buah kurma mengandung kurang lebih sekitar dua belas gram serat. Jumlah tersebut setara dengan sekitar 48% kebutuhan serat tubuh harian.

Oleh karenanya tidak mengherankan apabila mengonsumsi buah kurma sebanyak 3 biji setiap harinya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan karena kandungan serat yang relatif cukup pada buah kurma.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal British Journal of Nutrition menemukan manfaat makan buah kurma yang cukup signifikan. Pada orang-orang yang rutin mengonsumsi 7 buah kurma selama 21 hari menunjukkan frekuensi buang air besar yang lebih baik bila dibandingkan dengan responden yang tidak mengonsumsi buah kurma.

Selain itu, dari hasil kajian tersebut juga menemukan bahwa orang-orang yang rutin mengonsumsi buah kurma juga akan mengalami peningkatan pergerakan usus yang lebih baik apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi buah kurma. Tentu hal ini merupakan manfaat yang sangat penting dari buah kurma bagi kesehatan sistem pencernaan.

manfaat makan buah kurma  untuk kesehatan pencernaan yang berikutnya adalah bisa menjadi sarana untuk mengatasi wasir. Penyakit wasir adalah sebuah kondisi ketika pembuluh vena yang ada di bagian anus dan dubur mengalami pembengkakan sehingga akan terasa sakit ketika digunakan untuk buang air besar.

Pada umumnya, wasir terjadi akibat sembelit atau susah buang air besar yang menyebabkan terjadinya ketegangan dibagian ujung saluran pencernaan. Untuk mengatasi masalah wasir, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk melakukan diet tinggi serat sehingga memudahkan dalam proses buang air besar dan mengurangi tegangan pada pembuluh vena di bagian anus. Dan salah satu sumber serat yang cukup baik adalah pada buah kurma.

Demikianlah manfaat makan buah kurma bagi kesehatan sistem pencernaan yang perlu diketahui. Dengan banyaknya manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah kurma, tidak ada salahnya jika Sahabat domarai mulai rutin mengonsumsi buah yang satu ini untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. Jika sahabat domarai mengetahui manfaat selain di atas bisa sahabat domarai tuliskan di kolom komentar ya,  semoga bemanfaat dan berkah.