Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Memelihara Kucing di Rumah

Domarai.com - Kucing adalah salah satu hewan yang banyak sekali dipelihara oleh banyak orang dirumahnya. Banyak sekali alasan orang untuk memelihara hewan tersebut, mulai sebagai teman, tempat curhat pemilik, dan lain sebagainya. Alasan terkuatnya kenapa diperlihara adalah tingkah lucu dan menggemaskannya si hewan ini. 

        Sahabat domarai perlu kalian ketahui kalau memelihara kucing selain bisa menjadi teman, ternyata hewan ini mempunyai banyak sekali manfaat. Kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa manfaat memelihara hewan yang sekarang menjadi primadona banyak orang, bahkan seluruh dunia menyukainya.


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mempunyai kucing bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seakan kucing tersebut mengetahui kapan kalian mulai sakit. Secara tidak langsung, hal ini akan memberikan suatu kenyamanan serta membuat lebih baik. Efeknya dapat mendorong sistem kekebalan tubuh buat melawan berbagai jenis penyakit. Karena kucing yang cerdas bisa saja datang saat kondisi badanmu kurang baik, hal itu dilakukan karena rasa empatinya kepada dirimu.


2. Obat Ampuh Penghilang Stres

Tanpa kalian sadari bahwa memelihara kucing bisa menghilangkan rasa stres karena aktivitas kalian setiap harinya. Semuanya karena hormon oksitosin yang mulai terlepas, dan hormon ini menjadikan perasaan lebih tenang sekaligus rileks waktu bermain dengan kucing kalian.


3. Baik Buat Kesehatan Jantung

Hewan kesayangan ini bisa menurunkan rasa kecemasan yang kalian alami. Sering-seringlah untuk membelai kucing, karena efeknya dapat menenangkan diri kalian. Bahkan ada penelitian yang menyatakan kalau orang memelihara hewan ini 30 persen lebih kecil untuk mengalami serangan jantung, daripada yang tidak memelihara.


4. Membuat Hati Lebih Baik Dan Tenang

Bermain secara sederhana dengan si kucing seperti mengelus dan lainnya, memelihara kucing ternyata bisa membuat pikiran kacau atau rasa sedih yang kalian alami akan perlahan terkesampingkan bahkan menghilang. Hal ini dapat menyeimbangkan kembali suasana hati kalian yang awalnya gundah gulana menjadi tenang. Walaupun mempunyai kucing tidak selamanya dapat mengobati depresi atau yang lainnya, paling sedikit mengurangi beban kalian.


5. Mengurangi Peluang Terkena Alergi

Salah satu kalangan yang banyak menggemari hewan ini adalah anak-anak. Ternyata anak yang mempunyai kucing, secara tidak langsung jauh lebih rendah resiko untuk terkena asma. Sebab kontak harian dan paparan di awal dapat mengurangi anak-anak terkena gangguan pernapasan. Makanya sistem kekebalan tubuh mereka bisa mencegah semua virus yang akan masuk ke dalam tubuhnya.


6. Menjadi Hewan Penyelamat

Walaupun hewan sebenarnya mempunyai kekuatan kecerdasan dibawah manusia, terbukti banyak kejadian justru si kucing yang menyelamatkan pemiliknya. Bahkan banyak sekalian kejadian yang justru membuat si kucing memperoleh penghargaan dari pemerintah dan lainnya. Salah satu contohnya kucing bernama Simon yang mendapatkan medali Dickin, karena kegigihannya menyelamatkan pasokan makanan dari serangan tikus-tikus di salah satu kapal, dan masih banyak kisah yang lainnya.


7. Sang Pelatih Rasa Sabar

Kucing diam-diam bisa memberikan sebuah pelajaran khususnya rasa sabar kepada sang pemilik. Hingga muncul suatu istilah bahwa memelihara kucing seperti membalikkan keadaan, karena justru pemelihara sebagai pesuruhnya dan kucing menjadi bosnya.


8. Kedekatan Yang Nyata Si Kucing Dan Pemilik

Bisa dibilang kalau kucing dapat jadi sosok teman untuk manusia. Sebab kucing dapat mengingat segala kebaikan yang sudah diberikan padanya serta akan membalas kebaikan itu. Suara ngeong yang dikeluarkan kucing bisa membuat orang sulit mengabaikan hewan tersebut.


        Sahabat domarai, diatas adalah beberapa keuntungan sekaligus manfaat jika kalian memutuskan untuk memelihara kucing. Semoga sedikit penjelasan diatas bisa bermanfaat dan membantu kita untuk mencintai semua makhluk hidup khususnya kucing.