Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tak Terduga! Manfaat Kurma bagi Ibu Menyusui



Gambar oleh Anna Sulencka dari Pixabay

Domarai.com - Kurma merupakan buah yang menjadi komoditi masyarakat jazirah arab. Buah kurma bahkan menjadi sumber penghasilan utama bagi penduduk kota madinah sejak zaman dahulu. Pohon kurma sekilas mirip pohon kelapa sawit dengan ratusan buah yang dapat dipanen dalam satu waktu. 

Buah yang memiliki rasa manis ini dapat bertahan cukup lama dengan bentuk kurma kering. Buah kurma sangat disukai Rasulullah SAW ternyata memiliki banyak sekali manfaat setelah mengkonsumsinya. Manfaatnya kurma sangat banyak bahkan untuk ibu menyusui sekalipun. Nah berikut ini.

Manfaat Kurma Bagi Ibu Menyusui

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan tanin pada buah kurma dapat memperkuat daya tahan tubuh. Singkatnya tanin merupakan kelompok senyawa alami yang terdapat pada daun, kacang, buah, kulit batang, biji yang bertujuan untuk melindungi tanaman dari hama. Contoh senyawa tanin seperti Epigalokatekin galat dan Ellagitannin. 

Selain kandungan tanin terdapat juga kandungan fitokimia. Singkatnya fitokimia merupakan zat yang memicu produksi enzim detoksifikasi (penangkal racun), mencegah penggumpalan darah, perangsang kekebalan tubuh, meningkatkan metabolisme hormone, pengikat karsinogenik pada usus, anti virus, mengatur gula dan anti kanker. 

Kandungan Tanin dan fitokimia inilah yang dapat memperkuat daya tahan ibu menyusui agar tidak mudah sakit. Sehingga ibu-ibu dapat dengan tenang melewati proses menyusui dan mendidik anak dengan baik. Selain itu dari sisi agama islam, memakan kurma juga termasuk dalam sunah Rasulullah SAW. 


2. Mengecilkan Rahim Setelah Melahirkan

Buah kurma yang kecil dan terlihat manis itu memiliki kandungan hormon potuchsin. Hormon potuchsin yang dapat mengecilkan pembulu darah rahim. Pembuli darah kecil menjadikan rahim perlahan mengecil. Selain itu hormon ini mengecilkan pembulu darah dalam terus. Karena pembulu darah yang kecil pendarahan pada ibu melahirkan dapat cepat berhenti. Sehingga manfaat kurma bagi ibu menyusui dapat tenang tentang kondisi rahimnya.


3. Melancarkan ASI

Pada buah kurma terdapat zat oksitoksin yang bermanfaat untuk ibu menyusui. Oksitoksin dapat memperlancar ASI dengan banyak nutrisi. Selain kandungan oksitoksin juga terdapat kandungan zat besi dan kalsium. Kandungan ini merupakan kandungan utama untuk pembentukan ASI sehingga produksinya akan lancar. Kebutuhan ASI untuk bayi dapat tercukupi. Mengurangi stresh pada ibu menyusui yang manyak mengalamai permasalahan saat menyusui anaknya pertama kali yang sulit keluar. 

Selain itu kalsium dan zat besi pada kurma membantu proses tumbuh kembang gigi dan tulang bagi si kecil. Ibu menyusui yang mengkonsumsi kurma akan menghasilkan ASI yang sangat berkualitas. Sehingga dapat menyiapkan anaknya menjadi anak yang sehat dan kuat.


4. Menambah Energi

Buah kurma memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi. Singkatnya glukosa merupakan sumber energi bagi manusia untuk menggerakkan otot sehingga organ fisik kita dapat berjalan dengan baik. Buah kurma dengan bentuk fisik sangat dianjurkan dimakan pada saat siang hari. Buah kurma yang dimakan siang hari akan memberikan energi tambahan dalam beraktifitas.

Anjuran untuk mengkonsumsi kurma saat puasa sangatlah tepat dengan kadar glukosa yang tinggi. Sehingga dapat menyiapkan energi untuk keperluan ibadah terawih dan aktivitas lainnya. Ibu menyusui setiap hari melakukan aktivitas lebih banyak dari ibu yang tidak menyusui dan setiap bahan makanan didalam tubuh ibu akan diubah menjadi ASI sehingga tubuh ibu menyusui membutuhkan energi ekstra banyak. Pemanfaatkan kurma sangat cocok untuk ibu yang sedang menyusui.


5. Mengurangi Resiko Terkena Anemia

Vitamin B terkandung pada buah kurma yang jelas kita tau sangat penting pagi manusia. Manusia secara alami tidak dapat memproduksi vitamin B, sehingga vitamin B didapatkan dari asupan makanan salah satunya dari buah kurma. Singkatnya vitamin B terbagi menjadi delapan jenis, mulai dari vitamin B1 sampai dengan B12 yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. 

Vitamin B1 yang sering disebut thiamine memiliki peran untuk menjaga kesehatan syaraf pada manusia. Jika merujuk pada manfaat buah kurma untuk menambah energi, vitamin B1 inilah yang mengubah glukosa menjadi energi, tidak hanya glukosa namun juga seluruh makanan yang kita makan akan diubah oleh vitamin B ini. Vitamin B mudah larut dalam air sehingga mudah keluar bersama urine.


Nah itulah beberapa manfaat kurma bagi manusia terutama manfaat kurma bagi ibu menyusui. Ternyata begitu banyak manfaat kurma yang didapatkan. Semoga sahabat domarai semuanya dapat dimudahkan untuk dapat mengkonsumsi buah kuram setiap hari. Selain untuk kesehatan, pagi seorang muslim memakan kurma merupakan sunnah Rasulullah SAW sehingga bagi yang menjalankan sunahnya akan mendapatkan pahala. 

Semoga artikel ini bermanfaat. Yuk baca artikel kami lainnya.