Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mudah Cara Menanam Pohon Kurma

 

Vintage vector created by rawpixel.com - www.freepik.com




Tips mudah cara menanam Pohon Kurma untuk sahabat domarai. kurma merupakan sebuah tanaman yang sangat di temukan di permukaan Indonesia. Hal ini karena banyaknya orang tang mengatakan bahwa menanam pohon kurma merupakan sebuah hal yang sulit. Namun kenyataannya hal tersebut tidak akan Sahabat domarai rasakan ketika mengetahui cara mudah menanam pohon kurma tersebut.

Tips Mudah Cara Menanam Pohon Kurma

Ketika Sahabat domarai ingin menanam sebuah pohon kurma di Indonesia. Ada beberapa tips mudah yang bisa Sahabat domarai lakukan. Hal ini agar Sahabat domarai dapat mengetahui bagaimana caranya dalam proses penanaman agar kurma dapat tumbuh dengan baik. Maka dari itu Sahabat domarai wajib membaca proses dari menanam pohon kurma ini.

Buah kurma merupakan buah yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia khususnya ketika menjelang ramadhan. Cita rasa dari buah inilah yang membuat kurma menjadi buah terfavorit di seluruh dunia. Maka dari itu banyak orang yang penasaran mengenai sebuah cara menanam pohon kurma  tersebut agar tetap tumbuh walaupun di Indonesia.

Pertama, Sahabat domarai akan diwajibkan untuk memilih sebuah bibit pohon kurma yang akan Sahabat domarai tanam. Banyaknya jenis pohon kurma sehingga membuat orang bingung jenis kurma yang seperti apa. Setelah Sahabat domarai menemukan jenis dari pohon kurma tersebut. Sahabat domarai juga bisa menyiapkan media perkecambahan dari pohon kurma tersebut.

Kedua, Sahabat domarai bisa memulai proses perkecambahan pohon kurma tersebut. Ada beberapa media yang bisa untuk Sahabat domarai gunakan dalam media perkecambahan. Sahabat domarai bisa menggunakan media tanaman seperti biasanya atau bisa juga dengan menggunakan sebuah tisu basah dalam proses perkecambahan tersebut. Hal ini merupakan sebuah cara menanam pohon kurma yang baik dan mudah.

Proses kecambah dengan media biasa caranya yaitu Sahabat domarai bisa mencampurkan kompos, pasir dan sebuah cocopeat yang dicampurkan dalam satu wadah. Sahabat domarai bisa mencampurkan semua bahan tersebut 2:1:1. Hal ini dilakukan agar perkecambahan pohon kurma dapat berjalan dengan baik dan sempurna.

Setelah itu Sahabat domarai bisa menaruh beberapa biji kurma di tempat perkecambahan tersebut. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung di pagi hari. Sahabat domarai bisa menunggu proses kecambahan tersebut selama 14 hari ke depan. Hal ini dilakukan agar biji dari kurma tersebut dapat mengeluarkan akar agar bisa di proses pada tahapan selanjutnya dalam cara menanam pohon kurma .

Proses kecambahan menggunakan media tisu basah. Hal yang selanjutnya yaitu Sahabat domarai bisa menyiapkan tempat untuk menaruh tisu basah tersebut. Kemudian siapkan beberapa biji kurma dan dibiarkan hingga kurang lebih dua Minggu. Setelah itu barulah kurma tersebut akan muncul akar yang nantinya akan bisa di tanam.

Ketiga, biji kurma siap dipindahkan ke media tanaman yang lebih luas. Setelah proses kecambah selesai kemudian Sahabat domarai bisa memulai untuk memindahkan satu persatu biji kurma tersebut ke media tanam yang lebih luas. cara menanam pohon kurma  dilakukan agar pertumbuhan akar dari biji kurma tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala sedikit pun yang membuat proses kecambah tersebut terhambat.

Sahabat domarai bisa dengan menggunakan sebuah polibag atau pun Sahabat domarai bisa dengan menggunakan sebuah pot kecil. Hal ini dilakukan agar bibit kurma dapat bertumbuh kembang dengan baik dan juga akar dari kurma tersebut dapat menjalar dengan bebas. Di hari ke 14 hari juga tanaman kurma ini sudah mulai bisa di taruh pada tempat yang benar-benar terkena sinar matahari. Namun, Sahabat domarai juga harus berhati-hati karena tanaman kurma tersebut belum bisa untuk terkena udara yang sangat kencang.

Pada usia ini tanaman kurma tidak boleh banyak menerima banyak air karena akan mempengaruhi tumbuh kembang dari kurma tersebut. Maka dari itu Sahabat domarai hanya menyemprot sedikit air pada tanaman kurma ini. Jadi, Sahabat domarai harus bahwa tanaman kurma tersebut tidak terlalu banyak menerima air yang menggenang di media pot tersebut agar cara menanam pohon kurma  dapat membuahkan hasil.

Keempat, ketika tanaman memasuki usia satu bulan barulah tanaman bisa untuk di tanam pada media tanah secara langsung. Namun Sahabat domarai harus menyiapkan lubang terlebih dahulu untuk menanam kurma tersebut. Agar tanaman tersebut tidak terlalu sempit dan pas batang pohon tersebut. Hal ini dilakukan agar tanaman kurma tersebut tidak mudah rusak terkena angin.

Sebelum Sahabat domarai memasukkan sebuah tanaman kurma tersebut maka Sahabat domarai bisa membuat lubang terlebih dahulu yang sudah diberikan sebuah pupuk. Cara menanam pohon kurma dilakukan agar tanaman kurma tersebut dapat tumbuh dengan baik dan juga bukan hanya itu saja hal ini dilakukan agar tanaman kurma tersebut dapat mendapatkan sebuah nutrisi.

Pemberian pupuk tersebut sebelum di tanamnya sebuah pohon kurma yaitu untuk membuat tanah menjadi subur terlebih dahulu. Jadi, banyak orang salah dalam menanam sebuah pohon kurma ini dengan memberikan pupuk di awal masa pertumbuhan pohon kurma. Hal ini tentunya tidak akan membuat pohon kurma berkembang dengan baik.

Hal yang terakhir yaitu mengenai sebuah proses penyiraman pada pohon kurma. Biasanya pohon kurma yang sudah memasuki usia satu bulan ke atas tentunya akan diberikan air dua hari sekali. Cara menanam pohon kurma  ini dilakukan agar pohon kurma tidak terlalu mendapatkan banyak air. Jika pohon telah memasuki usia tujuh bulan maka Sahabat domarai bisa menyiram tanaman pohon kurma tersebut sebanyak empat hari sekali penyiraman.

Jadi, cara menanam pohon kurma  bukanlah sekedar hanya menanam pohon pada umumnya. Beberapa proses dan tahapan tersebut jika Sahabat domarai jalankan tentunya akan menghasilkan pohon kurma yang bertumbuh kembang dengan baik. jika sahabat domarai punya cerita tentang menanam pohon kurma, bisa kalian ceritakan di kolom komentar ya,, sekian semoga bermanfaat dan berkah untuk kita semua.