Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memasak Beras Merah Agar Enak

Domarai.com - Beras merah memang menjelma jadi primadona bagi sebagian orang, terutama orang yang sedang melaksanakan program diet atau orang yang sudah memahami dan mengenal tentang manfaat-manfaat bagi tubuh apabila mengkonsumsinya. Semua karena kandungan yang ada di dalam beras merah, kandungan-kandungannya dipercaya memiliki banyak manfaat khususnya pada tubuh. 



Sahabat domarai walau beras merah mempunyai banyak manfaat dan menyehatkan buat tubuh, ternyata memasak beras merah tidak segampang kita memasak beras putih atau nasi biasa. Sering kejadian saat beras ini sudah matang, ternyata teksturnya masih keras dan berbagai kendala lainnya. Tapi  apabila digali lebih dalam, memang beras merah mempunyai tekstur lebih keras serta jika cara masaknya salah beras ini akan sulit untuk pulen. Kali ini kita akan memberikan sedikit tips cara memasak beras merah dengan cara yang benar agar pulen sesuai apa yang diharapkan.


1. Simpanlah beras merah di kulkas

Ternyata beras merah bisa memberikan rasa terbaiknya jika disimpan sampai berbulan-bulan di kulkas. Apabila jumlah beras merah lumayan banyak, lebih baik dipindahkan dari karung pada suatu wadah yang tertutup serta kedap udara.


2. Jangan mengkonsumsi beras merah yang terlalu lama disimpan

Sebaiknya beras merah tidak disimpan lebih dari satu tahun, sebab beras tersebut akan mengeluarkan minyak jika disimpan terlalu lama serta rasanya akan menjadi pahit.


3. Rendam air sebelum dimasak

Ketika akan memasaknya, sebaiknya rendam terlebih dulu di dalam air sampai sekitar 30 menit lamanya. Ini akan menjadikan tekstur dari beras itu sedikit lebih empuk. Selain itu air yang dimasukkan mempunyai perhitungan sendiri, perbandingannya adalah 4 gelas air sama dengan 1 gelas beras merah.


4. Beras merah dipanggang dulu

Dengan cara memanggang sebelum kita memasaknya, ternyata bisa memperkuat rasa kacang yang diberikan beras tersebut namun tidak merubah teksturnya. 


5. Tidak langsung menyajikan setelah matang

Sesudah selesai masak beras tersebut, lebih baik diamkan di dalam rice cooker atau panci yang masih tertutup selama 10 menit supaya uap air bisa terserap nasi serta menjadikan tekstur nasi tersebut mengembang sekaligus ringan. Cara seperti ini bisa membuat nasi tidak bergetah atau lengket.



Apabila sahabat domarai sudah memahami prosedur-prosedur diatas sebelum memasak beras merah, selanjutnya akan dijelaskan cara memasak dengan benar agar beras merah enak dan pulen.


1. Pertama, cuci beras terlebih dahulu sebanyak 2 sampai 3 kali. Proses membersihkannya tidak berbeda dengan kita saat mencuci beras putih seperti biasa. Cukup paling banyak 3 kali saja proses mencucinya, agar vitamin yang ada dalam beras merah tidak larut dengan air.


2. Kedua, pakai air yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan beras putih biasa. Alasan kenapa harus menggunakan air lebih banyak, mengingat kalau tekstur dari beras merah lebih keras daripada beras putih. Perbandingannya adalah 3:1, maksudnya 3 gelas air untuk 1 gelas beras merah.


3. Ketiga, sebaiknya mencampurnya dengan beras putih. Alasan kenapa harus dicampur adalah agar beras merah bisa pulen ketika dicampur dengan beras putih. Perbandingannya sesuai selera kalian sendiri.


4. Keempat, sebelum memasak beras merah lebih baik merendamnya terlebih dulu. Perkiraan waktu merendamnya sekitar kurang lebih 30 menit. Tujuannya supaya tekstur yang keras bisa sedikit lunak pada proses perendaman tersebut.


5. Kelima, langsung masak beras merah yang sudah melalui beberapa proses sebelumnya dengan menggunakan rice cooker atau panci.


6. Keenam, sesudah matang sebaiknya tidak disajikan langsung. Sesuai penjelasan diatas sebelumnya, tunggu sekitar 10 menit terlebih dulu.