Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aplikasi Pemantau Perkembangan Anak

Gambar oleh vectorjuice dari Freepik

Perkembangan anak merupakan hal yang wajib diketahui bagi seluruh orang tua, hal ini penting diperhatikan untuk mengetahui seberapa banyaknya tumbuh kembang anak, selain itu untuk mengetahui apakah yang terjadi pada anak sesuai dengan usianya atau tidak. 

Sebelum berkembangnya aplikasi – aplikasi seperti saat ini, pencatatan tumbuh kembang anak masih menggunakan metode manual seperti KMS (Kartu Menuju Sehat). Tetapi pada KMS ini masih terbatas, hanya terdapat berat badan , tinggi anak dan imunisasi yang sudah didapat yang akan dicatat ketika anak datang ke posyandu atau pos kesehatan seperti Puskemas atau Rumah Sakit 

Seiring berjalannya waktu mulailah muncul aplikasi – aplikasi pemantau tumbuh kembang anak mulai dari masih menjadi janin hingga usia balita atau anak – anak. Aplikasi ini memudahkan orang tua terutama orang tua muda yang hidup dijamin modern seperti saat ini, bahkan adapula aplikasi yang dapat digunakan sebagai komunikasi antara pengguna dengan petugas kesehatan. 

Apa saja aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan anak? Mari disimak sahabat domarai …

1. Teman Bumil 

Aplikasi Teman Bumil dirancang untuk membantu calon ibu dalam memantau tumbuh kembang sang anak, dalam aplikasi ini calon ibu dapat memantau mulai dari fase program hamil, kehamilan, hingga parenting dan merawat sikecil. Dalam aplikasi ini calon ibu dapat berkonsultias secara langsung dan real time dengan dokter spesialis / bidan / psikolog / ahli lainnya dengan beragam topik yang menarik, bahkan didalam aplikasi ini juga terdapat konten janin 360 yang akan memudahkan calon ibu untuk melihat perkembangan janin hingga perkembangan organ janin. 

2. theAsianparent

Aplikasi theAsianparent memiliki ratting bintang 4,9 diplaystore ini memiliki beberapa unggulan, diantaranya calon ibu atau calon orang tua yang telah mendaftar akan terhubung dengan para orangtua lainnya, sehingga bisa mendapat ilmu dari pengalam para orang tua yang telah memiliki anak sebelumnya. Calon orang tua atau calon ibu dapat mengajukan pertanyaan dengan fitur “Anonim” atau tanpa memperlihatkan nama asli, dapat pula memantau kehamilan dari minggu ke minggu setiap harinya. 

Dalam aplikasi ini juga terdapat makanan dan minuman apa saja yang dapat dikonsumsi selama kehamilan, lalu ada checklist kehamilan dan bayi, bahkan ada pula fitur untuk mengakses lagu dan video lucu untuk menghibur si kecil, dan juga ada hadiah menarik bagi pengguna yang mengumpulkan poin dengan mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari orang tua lain atau melalui berbagi kegiatan dari fitur album.

3. PrimaKu

Aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan anak adalah PrimaKu, aplikasi ini diprakarsai oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Didalam aplikasi PrimaKu ini terdapat kuesioner kecil yang digunakan untuk mendeteksi keterlambatan tumbuh kembang anak dan cara menstimulus ketika terjadi keterlambatan. Terdapat pula Kuesioner Praskrining Perkembangan (KPSP) dengan memasukkan data anak yang berisi tanggal lahir, tinggi badan, lingkar kepala sehingga dapat diketahui pertumbuhan si kecil norma atau tidak. Melalui aplikasi ini juga dapat terhubung dengan seluruh dokter anak seluruh Indonesia, jika ibu sudah mendapatkan ID atau nomor anak. 

4. Apikuan 

Aplikasi Apikuan cocok bagi orang tua baru karena aplikasi ini dirancang untuk memantau tumbuh kembang anak hingga usia 2 tahun. Fitur yang disediakan diaplikasi ini beraneka ragam, ada deskripsi perkembangan anak disetiap tahapnya, timeline pertumbuhan, jadwal imunisasi hingga catatan harian, yang terbaru diaplikasi juga terdapat fitur edukasi untuk menambah pengetahuan para orang tua baru. 

5. Chai’s Play 

Aplikasi ini ditujukan untuk orang tua yang memiliki anak usia 0-6 tahun, dalam aplikasi ini terdapat ide permaindan edukasi untuk anak dan tentu saja info seputar parenting. Permainan edukasi pada aplikasi Chai’s play seperti permainan kognitif dan emosi, sensori dan kelekatan, dan masih banyak lagi bahkan ibu dapat membuat permainan dari benda – benda yang ada dirumah. Permainan pada aplikasi ini tentu saja diseduaikan dengan umur si kecil karena sebelum mengakses aplikasi ini, orang tua harus mengisi data anak terlebih dahulu. 

Semua aplikasi tersebut dapat diakses di Playstore ataupun AppleStore bahkan ada beberapa aplikasi yang dapat diunduh di website resminya. Tenang saja sahabat domarai semua aplikasi tadi memiliki penilaian 4 bintang ++ loh, jadi tidak perlu diragukan lagi.