Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aplikasi Pencatat Ibadah



Ibadah adalah bukti ketaatan seorang insan sebagai hamba terhadap Tuhannya sesuai tata cara yang diatur dalam agama. Tentu saja setiap umat beragama harus menjalankannya secara istiqomah agar Tuhan meridhoi apa-apa yang diperbuat manusia. 

Pada zaman yang apa-apa menggunakan smartphone seperti saat ini, banyak bermunculan aplikasi pencatat ibadah. Aplikasi ibadah ini tentu saja bertujuan untuk memudahkan kaum muslim mengetahui berbagai hal tentang peribadahan serta dapat melakukan journaling. Beberapa aplikasi pencatat ibadah yang populer di Google Play diantaranya:

1. Umma

Aplikasi yang bernama “Umma” adalah aplikasi pencatat ibadah yang memiliki banyak sekali fitur dan terlihat seperti kanal media sosial. Aplikasi ini terlihat seperti kanal media sosial karena memiliki fitur untuk saling “follow” dan setiap akun dapat dengan bebas membagikan info-info atau pengalaman pribadi. 

Ketika masuk pertama kali, kita akan langsung disuguhkan dengan 4 menu, yaitu beranda, uClass, notifikasi, dan akun. Pada menu BERANDA terdapat 4 fitur utama yaitu arah kiblat, waktu shalat, Al-Qur’an, dan doa-doa. Selain itu, pada bagian tengah terdapat 26 fitur tambahan, yaitu:
1) Mengikuti
2) Untuk Anda
3) Trending 
4) Misi
5) Live
6) Kabar Baik
7) New Normal
8) Gambar
9) Video
10) Tanya Jawab
11) Video Tilawah Qur’an
12) Komunitas
13) Kemanusiaan
14) Berita
15) Inspirasi Harian
16) Ruang Anak
17) Diari Muslimah
18) Kafe Hijrah
19) Pojok Mualaf
20) Keuangan Syariah
21) Gaya Hidup Muslim
22) Umrah & Haji
23) Islam Keseharian
24) Studi Islam
25) Olahraga
26) Kutipan Al-Qur’an

Menu UCLASS adalah menu yang berisi kelas-kelas online yang bisa kita ambil sesuai peminatan kita. Kelas-kelas yang ditawarkan diantaranya tentang keislaman, bisnis, keterampilan, parenting, relationship, kesehatan, keuangan, dan hobi. Kelas-kelas online yang disediakan berbayar. 

Pada menu NOTIFIKASI ini sama seperti notifikasi pada sosial media pada umumnya. Menu notifikasi pada aplikasi umma berisi penawaran-penawaran kelas online yang telah diagendakan pihak umma, pengikut baru, suka, komentar, penyebutan, serta tanya jawab. 

Pada menu AKUN juga terdapat banyak fitur. Salah satu yang menarik dari menu akun ini adalah akun kita dapat diverikasi untuk mendapatkan lencana. Konsep nya hampir sama dengan Instagram yang apabila kalian seorang public figure atau pelaku usaha yang memiliki banyak pengikut maka nama akun kalian akan diikuti dengan lencana terverifikasi (kalau di Instagram biasanya dikenal dengan “centang biru”). 

Begitu juga dengan umma, aplikasi ini menyediakan lencana terverifikasi untuk akun-akun yang:
  • Mematuhi ketentuan penggunaan dan panduan komunitas umma
  • Mewakili orang, bisnis, atau entitas terdaftar yang asli
  • Memiliki bio, foto profil, serta minimal satu postingan. Namun tidak boleh mencantumkan tautan “tambhakan saya” ke layanan media sosial lainnya
  • Memiliki konten original dan positif yang sudah terunggah di umma
  • Memiliki jumlah pengikut minimal 5000 di umma (dalam beberapa kasus, umma dapat secara proaktif memverifikasi akun dengan pengikut di bawah 5000 yang terkenal di luar umma).
Pada menu akun ini kita juga bisa menyimpan postingan orang lain yang kita sukai untuk masuk ke daftar favorit, melakukan infaq, serta mendapatkan kartu ucapan untuk momen-momen tertentu. 

2. GoPray 

GoPray adalah sebuah aplikasi pencatat ibadah atau bisa dikatakan sebagai aplikasi diary muslim. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi GoPray tidak terlalu banyak sehingga memudahkan para penggunanya. Fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:
  • Catatan ibadah
Terdapat 5 fitur untuk pencatatan ibadah, yaitu pencatatan shalat, pencatatan tilawah A;-Qur’an, pencatatan sedekah, pencatatan puasa, serta pencatatan rasa. Pencatatan rasa ini yang terasa seperti kita sedang menulis diary. Kita bisa menuliskan perasaan yang kita rasakan setiap harinya agar kontrol emosi kita tetap terjaga karena dapat diluapkan dalam bentuk tulisan. 

Setiap pencatatan yang kita lakukan akan tampak di layar beranda. Jadi kita bisa tahu rutinitas ibadah apa saja yang belum kita lakukan.  

  • Trofi ibadah
Trofi ibadah ini berisi poin yang kita dapatkan ketika kita melakukan suatu aktivitas pencatatan ibadah. Tujuannya supaya kita istiqomah menjalankan ibadah. 

  • Menambah Koneksi
Koneksi keluarga dapat dilakukan melalui website gopray.id untuk terhubung dan memonitor semua kegiatan ibadah keluarga. 

  • Quotes
Kita dapat membuat quotes dengan desain islami yang telah disediakan di aplikasi GoPray atau bisa juga menggunakan desain kita sendiri.  

3. Catatan Ibadah

Catatan Ibadah ini adalah aplikasi pencatat ibadah yang paling sederhana dari dua aplikasi yang telah dijelaskan di atas. Pada aplikasi ini terdapat waktu-waktu shalat dan checklists ibadah, yaitu shalat fardhu subuh, shalat fardhu dhuhur, shalat fardhu ashar, shalat fardhu maghrib, shalat fardhu isya’, puasa, dan berapa halaman Al-Qur’an yang kita telah baca.  

Itu tadi beberapa aplikasi pencatat ibadah yang dapat sahabat domarai gunakan sehari-hari. Sahabat domarai bebas memilih aplikasi yang mana saja sesuai kebutuhan, mau yang memiliki banyak fitur atau yang sederhana.
 
Terdapat dua kebaikan apabila kita menggunakan aplikasi pencatat ibadah. Pertama, kita terbantu untuk melakukan pencatatan ibadah setiap saatnya dan yang kedua yakni menjadi amal jariyah bagi pembuat aplikasi tersebut. Mari manfaatkan secara maksimal seluruh fasilitas yang kita punya di smartphone kita masing-masing. Semangat beribadah.