Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beragam Jenis Jambu Biji

 

Gambar oleh freepik / Freepik 

Jambu biji merupakan salah satu jenis buah yang sangat dikenal dikalangan masyarakat, harganya yang cukup merah dan dapat ditanam dipekarangan rumah. Jambu biji juga menjadi kegemaran masyarakat karena beragam manfaat yang terkandung didalamnya, contohnya buah jambu biji baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang perawatan demam berdarah, diyakini kandungan dari jambu biji ini dapat menaikkan kadar darah didalam tubuh. 

Jambu biji juga baik bagi sahabat domarai yang sedang hamil, karena jambu biji dapat menurunkan resiko anemia, mencegah infeksi, mengendurkan otot dan saraf serta mencegah diabetes akibat kada gulu dalam darah terlalu tinggi. Jenis jambu biji yang dikenal dimasyarakat memiliki daging buah berwarna merah dan putih, padahal jambu biji memiliki beragam jenis, bahkan hingga saat ini ada 94 varietas jambu biji yang tersebar diseluruh negara termasuk. Kira – kira jenis jambu biji apa saja yang dikenal masyarakat Indonesia mari disimak …

1. Jambu Biji Kristal 

Jenis jambu biji ini berasal dari Taiwan, dengan daging buah yang tebal, bertekstur renyah dan mengandung banyak air. Jambu biji kristal memiliki bentuk bergelombang dengan ukuran lebih besar dibandingkan jenis jambu biji lain, warnanya yang hijau kekuningan dan biji pada jambu biji ini hanya sedikit jadi lebih banyak dagingnya dibandingkan biji, untuk rasa tentu saja jambu biji ini rasanya manis bahkan jambu biji kristalnya tidak ada rasa sepat dibandingkan jenis jambu biji lainnya. 

2. Jambu Biji Sukun Merah 

Tahukan sahabat domarai bahwa ada jenis jambu biji selain jambu biji kristal yang memiliki sedikit biji? jambu biji itu adalah jambu biji sukun merah, akan tetapi tekstur dari jambu biji ini cukup keras dan memiliki daging buah berwarna merah. Jambu biji sukun merah adalah jambu biji yang berasal dari Majalengka, jambu biji ini merupakan hasil persilangan antara jambu biji getas merah dan suku putih, gimana menarikkan sahabat domarai :)

3. Jambu Biji Getas Merah 

Jambu biji getas merah ini tentu sudah banyak dikenal masyakarat karena mudah didapat dan sering dijumpai ditoko – toko buah, buah ini memiliki daging yang lebih tebal dibandingkan jenis jambu biji lain, berwarna merah, agak lembek, dan kandungan air yang banyak. Jambu biji getas merah memiliki rasa manis dengan aroma yang wangi, buah ini sering dikonsumi bagi penderita demam berdarah.

4. Jambu Bangkok

Jenis jambu biji lainnya yang tidak memiliki biji adalah jambu bangkok, disebut jambu bangkok karena ukurannya yang besar dibandingkan jenis jambu lainnya, awalnya jambu ini dikembangkan di Thailand. Ciri khas dari jambu bangkok adalah bentuknya yang bulat sempurna dengan garis tengah pada bagian jambu. 

5. Jambu Australia

Mendengar namanya sepertinya asal jambu biji ini lumayan jauh, tapi memang jambu biji ini berasal dari Australi maka diberi nama demiki. Ciri – ciri dari jambu ini batang, daun dan buahnya memiliki warna merah – keungunan, untuk dagingnya berwarna putih dengan biji yang lumayan banyak, jambu ini memiliki rasa tawar jika belum sepenuhnya matang akan tetapi jika sudah matang sempurna rasanya lebih manis dibandingkan jambu bangkok. Jambu Australia lebih sering digunakan sebagai tanaman hias dibandingkan untuk konsumsi karena bentuknya kecil dan daging tidak terlalu renyah. 

6. Jambu Biji Kecil 

Jika sebelumnya membahas jambu biji dengan ukuran besar dan sedang, ada lagi jenis jambu biji yang berukuran kecil tentu saja diberi nama jambu biji kecil, biasanya jambu biji ini ditanam didalam pot. Jambu biji kecil memiliki ukuran buah yang kecil (sesuai namanya), rasa dari jambu biji ini manis sedikit asama tetapi beraroma harum, kulit buah berwarna hijau muda mengkilap, daging buah berwarna putih dengan biji yang lumayan banyak. 

Itulah beberapa jenis jambu biji yang ada di negara Indonesia, setiap jambu biji memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, untuk manfaatnya pun hampir sama. Jadi sahabat domarai tentukan jambu biji kesukaannya mu dan rasakan manfaatnya..