Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Berbagai Manfaat Teh bagi Tubuh

Domarai.com - Teh sudah menjadi teman bahkan sahabat untuk kebanyakan orang, hampir setiap hari pasti mereka mengkonsumsi teh. Sampai-sampai saat orang pergi keluar atau nongkrong tidak jarang mereka pesan minuman yang bersangkutan dengan teh. Ketika berkunjung atau bertamu kerumah orang hampir banyak tuan rumah yang memberikan suguhan berupa minuman teh. Namun masih banyak orang yang belum terlalu memahami tentang manfaat yang ada dalam teh buat tubuh.

    Indonesia termasuk salah satu negara yang banyak masyarakatnya mengkonsumsi bahkan memproduksi teh dengan jumlah yang terbilang sangat besar. Ada sebuah fakta luar biasa, bahwa tahun 2014 masyarakat Indonesia sudah mengkonsumsi total 2 miliar liter dalam setahun. Itu artinya setiap orang mengkonsumsi 0,5 kg atau 1,07 pon daun teh.

  Sahabat domarai nama latin dari tanaman teh adalah Camellia Sinensisi, dan saat ini sudah dipercaya menjadi minuman sehat sejak lama. Akhirnya banyak yang melakukan penelitian guna membuktikan apa benar manfaat-manfaat yang dianggap masyarakat tersebut. Fakta yang dihasilkan, minuman ini memang mempunyai banyak khasiat buat kesehatan. Dan pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang berbagai manfaat teh. Semoga dengan penjelasan yang akan dibahas, membuat orang yang awalnya belum mengerti akan keuntungan mengkonsumsi teh menjadi lebih tahu dan memahami.

1. Menaikkan Konsentrasi

   Dengan cara mengkonsumsi minuman teh secara rutin, ternyata bisa menaikkan konsentrasi seseorang. Semua itu terjadi karena kafein yang ada di teh berfungsi meingkatkan konsentrasi serta fokus. Kafein tersebut mengalir lewat pembuluh darah, kemudian merangsang kinerja dari sistem saraf pusat sampai peredaran darah lancar ke otak. Itu alasan kenapa orang mengantuk jika mengkonsumsi kafein bisa terjaga dan bahkan hilang rasa ngantuknya.

2. Resiko Terkena Diabetes Menurun

   Kategori diabetes tipe 2 yang membuat kadar gula darah terlampau dari normal, bisa membuat komplikasi bagian-bagian tubuh. Tetapi jika mengkonsumsi teh dengan rutin setiap hari tanpa diberi pemanis, dapat mengurangi resiko diabetes tersebut. Manfaat teh hitam dan teh hijau menjadi jenis teh yang paling baik untuk mengurangi resiko terkena diabetes. Sebab kemampuan jenis teh itu dapat menaikkan sensivitas insulin sampai resiko perlahan semakin turun.

3. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

   Buat kalian yang mempunyai persoalan tekanan darah tinggi sebaiknya mengkonsumsi teh dengan rutin. Usahakan jenis tehnya adalah teh hitam, karena bisa menurunkan tekanan darah sistolik serta diastolic. Saran baik untuk penderita tekanan darah tinggi supaya lebih mengatur kembali pola makan dan pola hidup, jauhi makanan yang mengandung garam cukup tinggi.

4. Menjaga Kesehatan Pada Mulut

  Jenis teh yang bisa menjaga kesehatan mulut adalah teh hijau, pasalnya ada kandungan polifenol di dalamnya. Ini salah satu alasan kenapa kandungan teh hijau sering dipakai menjadi produk pasta gigi dan pewangi mulut. Ada penelitian yang melakukan riset bahwa bubuk teh hijau menjadikan nafas orang lebih baik dan mengurangi senyawa-senyawa yang membuat mulut jadi bau.

5. Glaukoma Bisa Berkurang

   Semakin bertambahnya umur pasti akan banyak penyakit yang ingin menyerang ke tubuh. Namun penyakit-penyakit tetap bisa menyerang anak dibawah umur, salah satunya adalah glaukoma. Ada penelitian menemukan antara orang yang sering mengkonsumsi teh hangat dengan glaukoma. Untuk orang yang rutin minum teh hangat sangat sedikit resikonya terkena glaukoma.


    Sahabat domarai, info-info diatas semoga memberikan tambahan wawasan untuk kalian semua terkait manfaat teh. Dan tetap selalu jaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit.