Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat dan Olahan Chia Seed Untuk Tubuh

Gambar oleh devmaryna dari Freepik 

Sahabat domarai pernah mendengar chia seed, jika sahabat domarai pernah lihat chia seed mirip dengan selasih saat sudah dicampurkan tapi Chia Seed dan selasih itu berbeda ya. Chia Seed merupakan jenis biji – bijian dari tanaman Salvia hispanica jenis ini merupakan salah satu keluarga mint. Chia Seed memiliki warna yang beragam ada yang memiliki warna hitam, abu – abu maupun hitam dengan bercak putih. Chia Seed yang berada dipasaran biasanya memiliki warna campuran dari ketiganya. 

Awalnya chia seed dibudidaya oleh suku – suku didaerah Mexico dan Guatemala, Amerika. Saat ini budidaya chia seed tidak hanya dilakukan didaerah Amerika saja banya negara – negara lain juga ikut mengembangkan chia seed, salah satunya Indonesia. Di Indonesia sendiri chia seed dapat ditemukan disupermarket atau toko – toko khusu yang menjual bahan makanan sehat. 

Chia seed memiliki kandungan asam lemak omega 3, serat, antioksidan, dan mineral, dalam 1 porsi chia seed dengan takaran sekitar 30 gram mengandung kalori sebesar 138, 9 gram lemak (termasuk lemah tidak jenuh dan lemak sehat), 10 gram serat dan 6 gram protein. Selain itu chia seed juga mengandung gluten dan antioksidan. 

Berdasarkan kandungan didalam chia seed tersebut terdapat beberapa manfaat untuk tubuh diantaranya :

1. Menurunkan berat badan

Bagi sahabat domarai yang sedang melakukan diet atau ingin menurunkan berat badan, chia seed bisa menjadi salah satu pertimbangan, hal ini karena chia seed kaya akan serat dengan mengonsumsi 25 – 38 gram sehari akan membantu sahabat domarai menurunkan berat badan. Tetapi perlu diingat ya selain mengonsumsi chia seed harus dibarengi dengan pola hidup sehat seperti olahraga atau makan – makanan yang bergizi agar diet lebih maksimal.

2. Mencegah sembelit 

Chia seed juga bisa membantu sahabat domari yang mengalami sembelit, karena kandungan serat didalamnya chia seed dapat berfungsi sebagai obat pencahar alami. Biji chia seed akan berubah menjadi seperti jeli jika dilarutkan kedalam air, inilah yang akan membantu buang air besar lebih lancar dan mengurangi sembelit.

3. Mengatur gula darah dan mencegah diabetes

Kandungan asam lemak omega 3 pada chia seed baik bagi penderita diabetes, kandungan ini juga mampu memperbaiki tingkat tekanan darah pada penderita diabeates, maka dari itu chia seed baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

4. Mampu meningkatkan kesehatan kulit 

Selain mampu memperbaiki tingkat tekanan dara pada penderita diabetes, kandungan asam lemak omega 3 pada chia seed juga mampu meningkatkan kesehatan kulit seperti meningkatkan sirkulasi, mengurangi kekeringan, dan peradangan pada kulit selain itu chia seed juga dapat bekerja sebagai agen inflamasi yang membantu regenarasi kulit. 

Masih banyak manfaat lain dari chia seed, bagi sahabat domarai yang pernah merasakan chia seed jika hanya diminum dengan air saja akan terasa hambar sebenarnya terdapat beragam olahan chia seed yang bisa menjadi alternatif agar tidak terasa hambar. 

1. Infused water 

Belakang ini infused water menjadi hal banyak dibicarakan, rasanya yang segar dan bagus untuk kesehatan selain itu bisa menjadi alternatif bagi mereka yang merasa “bosan” dengan air putih polos. Cara membuat cukup campuran chia seed, air putih dan buah – buahan yang digemari bisa juga diberi tambahan lemon atau jeruk untuk menambah rasa. 

2. Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi salah satu alternatif makanan untuk diet. Sahabat domarai hanya membutuhkan oatmela, air, susu rendah lemak, buah segar atau kering, dan chia seed. Campurkan air, susu, dan oatmeal kemudian taburi dengan buah dan chia seed, lalu hidangkan dan selamat menikmati 

3. Puding 

Jika sahabat domarai suka makan – makanan yang manis, puding bisa menjadi pilihan. Cara membuatnya pun sama seperti membuat puding pada umumnya kemudia tambahkan chia seed didalamnya. Tetapi jika sahabat domarai menghendaki puding rendah lemak, sahabat domarai dapat menggunakan susu kelapa atau susu almond kemudian tambahkan chia seed, campurkan tambahkan pula dark coklat, sedikit garam, dan sirup maple / madu untuk menambah rasa, simpan didalam lemari es hingga teksturnya berubah. Lalu nikmati selagi dingin. 

Masih banyak lagi beragam olahan chia seed dengan beragam jenis makanan, seperti jus, yogurth, salad dll. Silahkan mencoba sahabat domarai dan dapatkan manfaatnya.