Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat dan Resep Infused Water

 

Gambar dari topntop26 oleh Freepik 

Infused water saat ini mulai banyak digemari karena semakin banyaknya masyarakat menerapkan pola hidup sehat, selain itu diyakini infused water juga bisa menurunkan berat badan jadi bisa menjadi alternatif menu untuk diet. Infused water juga bisa menjadi solusi bagi mereka yang bosan minum air putih dengan rasa plain. 

Sebenarnya apa arti dari infused water itu sendiri, infused water merupakan campuran dari air mineral dengan beragam potongan buah, sayuran bahkan rempah – rempah, untuk mendapat hasil yang maksimal diamkan 1 hingga 12 jam untuk memperoleh sari – sari yang terkandung dalam buah, sayuran ataupun rempah yang menyatu didalam air mineral. Infused water memiliki manfaat lain selain menurunkan berat badan, mari disimak ….

1. Memenuhi kebutuhan air 

Sahabat domarai masih ingat berapa liter air yang dianjurkan untuk diminum setiap harinya agar tidak dehidrasi, kurang lebih 2 liter namun disesuaikan dengan aktivitas yang dijalani setiap hari, akan tetapi masih banyak yang tidak terpenuhi rekomendasi asupan air harian. Salah satu cara agar kebutuhan cairan terpenuhi adalah dengan konsumsi infused water, dengan cita rasa yang beragam dan dapat menambahkan isian sesuai kesukaan bisa menjadi motivasi untuk lebih banyak memenuhi kebutuhan air sahabat domarai 

2. Mencegah penyakit batu ginjal 

Bagi sahabat domarai atau salah satu keluarga sahabat domarai yang memiliki batu ginjal, minum infused water secara rutin dalam membantu mengatasi batu ginjal. Infused water dengan lemon solusinya, kandugan asam sitrat pada lemon dapat membantu mencegah kasium berubah menjadi kristal. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa elektrolit dalam infused water dapat membantu mengurangi resiko pembentukan batu ginjal, agar lebih efektif hasilnya minum infused water ini secara rutin. 

3. Membantu pemenuhan vitamin 

Salah satu cara lebih sehat untuk memenuhi kebutuhan vitamin sahabat domarai adalah dengan membuat infused water, potongan buah dan sayuran yang ditambahkan pada infuse water pasti mengandung vitamin, bahkan beberapa jenis buah dan sayuran memiliki vitamin yang dapat larut dalam air, sehingga vitamin akan masuk kedalam tubuh bersama air mineral pada infused water. 

4. Membantu melancarkan sistem pencernaan 

Selain menghindari dari dehidrasi asupan cairan dalam tubuh juga untuk melancarkan sistem pencernaan, cairan yang masuk kedalam tubuh akan mempermudah kinerja usus dalam mencerna makanan sehingga sahabat domarai tidak akan mengalami sembelit. Pada dasarnya air akan mebuat tubuh bekerja dengan optimal sehingga proses pembuangan zat sisa dari organ – organ tubuh lebih maksimal. 

5. Sebagai anti penuaan 

Air mineral yang ditambah dengan buah atau sayuran dengan kandungan antioksidan dipercaya mampu melawan efek penuaan, misalnya saja delima dan strawberry. Banyak konsumsi buah dan sayuran akan berdampak pada menghambatnya proses penuaan, dengan minum infused water dapat memberi manfaat lebih mencegah penuaan dibandingkan minur air meneral biasa, akan tetapi jika mengingikan hasil lebih maksimal selain minum infused water perbanyak pula makan buah dan sayur secara langsung. 

6. Menurukan berat badan 

Bagi sahabat domarai yang sedang menjalani diet mengonsumsi infused water diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, sebenarnya hal ini belum dapat dibuktikan klaimnya karena belum ada penelitian yang membuktikan. Sebenarnya untuk munurunkan berat badan tidak hanya mengonsumsi infused water saja tapi harus dibersamai dengan makan – makanan yang sehat dan olahraga yang teratur, ditambahkan dengan lebih banyak mengonsumsi air putih atau infused water agar sahabat domarai merasa kenyang lebih lama. 

Beberapa resep membuat Infused Water yang diambil dari gooddoctor.co.id 

1. Infused Water Lemon  

Bahan – bahan :

- 4 buah lemon 

- 4 gelas air dingin (1 Liter)

- 4 cangkir air minum biasa (1 liter)

Cara Membuat :

- Cuci lemon hingga bersih kemudian potong tipis – tipis, buang biji lemon agar tidak terasa pahit

- Masukkan potongan lemon kedalam drink jar / teko lalu tambahkan air 

- Simpan infused water dalam kulkas selama 1 hingga 4 jam 

- Sebelum infused water disajikan, tambahkan air minum biasa kedalam drink jar / teko 

- Infused water siap diminum, bisa juga ditambahkan es batu atau daun mint

2. Infused Water Kurma 

Bahan – Bahan:

- Beberapa butir kurma

- Drink jar / botol minum

- Air mineral 

Cara membuat:

- Tuangkan air matang kedalam drink jar / botol minum yang telah disiapkan

- Masukkan kurma yang telah dipisahkan dari bijinya kedalam drink jar / botol minum 

- Tutup drink jar / botol minum masukkan kedalam kulkas / pendingin selama 8 hingga 12 jam 

- Infused water kurma siap disajikan 

3. Infused water Jahe 

Bahan – bahan:

- Jahe segar

- Air matang 

- Drink jar / botol minum 

Cara membuat:

- Cuci jahe yang akan digunakan 

- Parut ½ sendok teh jahe

- Rebus 4 gelas air 

- Masukkan jahe saat air telah mendidih

- Matikan kompor dan biarkan jahe terendam selama 10 menit 

- Saring air rebusan jahe, masukkan kedalam drink jar / botol minum 

- Infused water jahe siap disajikan, bisa dinimakti dingin atau hangat 

Sebenarnya membuat infused water sangat mudah, sahabat domarai cukup memasukkan bahan – bahan seperti buah, sayuran dan rempah yang sahabat domarai senangi kedalam air matang lalu didingikan didalam kulkas agar rasanya lebih segar. Selamat mencoba sahabat domarai …