Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Minuman Hangat untuk Menghangatkan Saat Hujan

Gambar oleh Racool_studio dari Freepik  

Musim hujan sudah datang nih sahabat domarai, biasanya apa yang dilakukan sahabat domarai ketika hujan turun? tidur kah atau makan makanan hangat atau malah hanya berselimut sambil bersantai atau hanya minum – minuman hangat bersama keluarga. 

Minum – minuman hangat memang sangat cocok ketika hujan mulai turun, selain menghangatkan tubuh juga bisa saling mengakrabkan bersama keluarga sambil bercengkrama atau sambil menyaksikan film favorit. Beragam jenis minuman hangat dari yang tradisional hingga yang modern bisa menjadi pilihan sahabat domarai. Salah satu minuman hangat yang ada ketika hujan adalah teh hangat, selain teh hangat, minuman hangat apa saja yang dapat menghangatkan tubuh saat hujan, mari disimak …

1. Wedang Jahe

Minuman hangat wedang jahe tentu sudah sering didengar sahabat domarai, minuman ini cukup sederhana karena hanya membutuhkan sedikit bahan – bahan seperi jahe, gula merah, dan air panas. Cara membuatnya pun cukup sederhana jahe dikupas kemudian digeprek atau cara lainnya sahabat domarainya dapat membakar jahe sebelum dicampur dengan gula merah dan air panas. Selain menghangatkan minuman ini dapat mencegah flu dan batuk.

2. Ronde 

Minuman ini juga cukup terkenal dan banyak dijajakan diberbagai tempat, bahkan beberapa restaurant atau café ada yang menjual ronde ini. Minuman khas jawa yang memiliki perpaduan antara rasa pedas dan manis membuat minuman ini memiliki ciri khas tersendiri. Penyajian ronde cukup unik karena menggunakan mangkok kecil sebagai wadahnya, didalam semangkuk ronde terdapat kacang tanah, bola – bola ketan yang berisi gula merah, kolang kaling, potongan roti tawar, dan kuah jahe. 

3. Bajigur 

Minuman yang berasal dari Sunda ini terbuat dari aren, kopi dan santan bahkan ada beberapa penjual bajigur yang menambahkan potongan roti tawar dan serutan kelapa muda. Bajigur sering dijajakan digerobak kaki lima, minuman ini juga mengandung jahe yang dapat menghangatkan tubuh. Minum bajigur dapat ditemani dengan aneka camilan tradisional seperti ubi, singkok, kacang, bahkan pisang tapi yang direbus ya. 

4. Wedang Serai 

Pernahkan sahabat domarai salah satu minuman dengan nama lemongrass water atau minuman dengan nama lemongrass, perlu sahabat domarai tau bahwa lemongrass merupakan nama lain dari serai, serai biasa ditemukan didapur untuk bahan penyedap rasa. Cara membuat wedang serai ini cukup mudah, rebus air kemudian tambahkan beberapa batang serai dan gula merah, bisa juga ditambahkan the untuk menambah rasa. Serai mengandung zat antioksidan, antimikroba, hingga anti peradangan yang bermanfaat untuk mencegah deman dan flu, mengonsumsinya setiap hari dapat meningkatkan imunitas didalam tubuh. 

5. Air Lemon hangat 

Lemon yang kaya akan vitamin C juga bisa menjadi solusi untuk menjaga daya tahan tubuh terutama saat musim hujan sudah datang, cara membuat air lemon hangat pun mudah tambahkan perasan lemon kedalam secangkir air hangat, sahabat domarai dapat menyesuaikan tingkat keasaman dari lemon tersebut, dapat juga ditambahkan buah – buah lain atau rempah lain untuk menambah cita rasa.  

6. Hot Milo Dinosaur 

Minuman hangat lain yang tergolong modern terutama bagi kaum milenial adalah hot milo dinasaur, minuman berbahan utama Milo bisa menjadi alternatif bagi sahabat domarai yang bosan dengan minuman hangat yang itu – itu saja. Cara membuat Hot Milo Dinausaur ini cukup mudah, sebelumnya sediakan Milo, air hangat, gula (jika ingin lebih manis), sama seperti membuat susu hangat pada umumnya, masukkan 2 sdm milo kedalam mug / cangkir lalu tambahkan air hangat kemudian aduk rata, jika ingin manis bisa tambahkan gulu, setelah siap tambahkan lagi 1 sdm Milo diatasnya jika ingin lebih banyak bisa ditambahkan sesuai selera. 

Jadi bagaiman sahabat domarai cukup mudah bukan membuat minuman – minuman hangat, tinggal dipilih ingin yang tradisional, sederhana, atau yang sedikit modern yang penting khasiatnya menjaga tubuh dan menghangatkan dikala musim hujan, selamat mencoba sahabat domarai.