Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peralatan yang Sangat Diperlukan untuk Naik Gunung Bagi Pemula

Gambar oleh Simon dari Pixabay

Domarai.com - Peralatan yang Sangat Diperlukan Untuk Naik Gunung Bagi Pemula. Aktivitas untuk mendaki gunung sekarang ini memang sangat ramai diminati. Khususnya buat anak muda yang memang senang akan suasana alam terbuka.

Namun bila Anda termasuk pemula, maka sebaiknya Anda harus cari tahu dulu seputar  berbagai alat naik gunung. Hal ini untuk menunjang aktivitas Anda sampai mencapai dari puncak gunung.

Untuk memudahkan Anda dalam menentukan berbagai alat naik gunung yang memang mesti dibawa oleh para pendaki pemula. Maka berikut ini ada beberapa peralatan yang harus Anda bawa ketika naik gunung

Sepatu Hiking

Untuk sepatu hiking tersebut merupakan salah satu dari berbagai peralatan untuk naik gunung yang dianggap sangat wajib Anda bawa pada saat mendaki. Sepatu ini mempunyai fungsi cukup berbeda daripada sepatu yang pada umumnya. 

Sepatu hiking ini bisa meminimalisir akan risiko cedera di pergelangan kaki pada saat tergelincir. Terkait dengan pemilihan bahannya itu sendiri, Anda bisa menggunakan sebuah sepatu hiking yang mempunyai alas yang empuk, waterproof, serta juga grip tebal.

Tas Gunung

Peralatan yang diperlukan untuk naik gunung lainnya yaitu tas gunung. Tas gunung atau carrirer ini juga menjadi salah satu peralatan penunjang pada saat Anda ingin mendaki gunung.

Tas tersebut cukup memegang sebuah peranan penting karena fungsinya yang sebagai media penyimpanan berbagai barang yang nantinya akan dibawa. Pilihlah sebuah tas gunung yang mempunyai kapasitas besar serta juga sesuai dengan bentuk dari tubuh Anda, khususnya di bagian punggung.

Sleeping Bag

Untuk sleeping bag juga sangat perlu Anda bawa ketika akan mendaki. Pasalnya, beberapa alat naik gunung untuk yang satu ini bisa Anda gunakan untuk bisa tidur. Alat ini juga bisa menghindari para pendaki dari berbagai serangan hipotermia. 

Selain itu, Anda bisa memilih sebuah  sleeping bag yang mempunyai penutup kepala. Bentuk yang sesuai dengan kondisi tinggi badan Anda supaya seluruh badan bisa tertutup dengan cukup sempurna.

Jaket Gunung

Jaket itu sangat Anda perlukan pada saat suhu udara yang ada di kawasan gunung mengalami kondisi penurunan. Selain hangat, maka kberadaan dari jaket pun bisa Anda juga gunakan untuk melindungi seluruh tubuh Anda dari berbagai sengatan sinar matahari.

Tenda

Anda juga sangat membutuhkan tenda sebagai sebuah tempat bernaung yang bisa melindungi para pendaki dari dinginnya akan suhu gunung pada saat malam hari. Anda bisa memilih beberapa alat naik gunung dengan jenis dome. Tenda dome ini berbentuk seperti kuba serta juga mampu menahan angin. Selain itu, Anda pastikan pula tenda yang akan Anda bawa tersebut sesuai dengan kapasitas dari kelompok pendaki Anda.

Bahan Serta Peralatan Masak

Selama masa pendakian, maka tubuh itu membutuhkan sebuah asupan gizi yang sangat tepat. Hal ini dilakukan sebagai penambah stamina serta juga merupakan salah satu dari langkah terbaik untuk bisa menghindari serangan hipotermia. 

Oleh karena itulah Anda juga wajib membawa berbagai bahan makanan serta camilan sehat. Hal ini untuk bisa menghindari rasa lapar serta juga haus ketika sedang mendaki gunung.

Peralatan Medis

Beberapa alat naik gunung lainnya yang sangat wajib dibawa yaitu peralatan medis. Perubahan cuaca yang biasanya terjadi secara tiba-tiba pada saat mendaki, maka kemungkinan akan bisa mempengaruhi tubuh Anda. Oleh karena itulah, bila tubuh Anda sudah terasa tidak enak, maka segeralah ambil sebuah peralatan medis serta juga konsumsi beberapa obat antibiotik.

Inilah beberapa peralatan yang diperlukan untuk naik gunung yang bisa Anda ketahui. Jika Anda sudah mengetahuinya maka Anda bisa mempersiapkan semuanya dengan baik. Perjalanan pendakian Anda akan bisa berjalan lancar dan sukses. Semoga artikel ini Bermanfaat. Yuk Baca Artikel kami lainnya.