Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mencuci Pakaian di Musim Hujan

 



Salah satu hal yang membutuhkan perhatian khusus di kala musim hujan tiba adalah bagaimana cara efektif untuk mencuci pakaian. Mengapa demikian? Tentu saja karena sinar matahari mulai jarang muncul sehingga pakaian sulit kering dan akhirnya menjadi lembab dan bau. Terlebih lagi bagi yang tidak memiliki mesin cuci, harus semakin memutar otak untuk mengusahakan pakaian yang dicuci bersih dan cepat kering.

Meski mencuci pakaian di musim hujan sedikit tricky, namun sahabat domarai tidak perlu khawatir. Dengan memperhatikan beberapa hal, seperti cara pencucian, cara pengeringan, serta cara penyimpanan yang tepat, pakaian-pakaian kita akan tetap terlihat bersih, wangi, dan terawat. Berikut adalah beberapa tips mencuci pakaian di musim hujan

1. Tentukan Prioritas Mencuci

Pada saat musim tiba, sebaiknya kita mulai memilah-milah pakaian mana saja yang diutamakan untuk dicuci terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan butuh jarak yang lebih luas dari biasanya untuk menjemur pakaian, supaya pakaian cepat kering. Pakaian-pakaian apa saja yang perlu diprioritaskan? Tentu saja yang sering digunakan, seperti seragam sekolah dan pakaian kerja. 

Sebelum cuaca kembali terang dengan hadirnya sang surya, ada baiknya memberi tahu seluruh anggota keluarga untuk tidak mudah menaruh pakaian yang jarang dipakai ke dalam keranjang cucian. Selain itu, bila tidak berkeringat ataupun ada keperluan mendesak sebaiknya berhematlah dalam menggunakan pakaian. 

2. Perhatikan Cara Mencuci Pakaian 

Gunakan detergen secukupnya dan cuci pakaian hingga benar-benar bersih. Artinya jangan sampai ada detergen yang masih menempel pada pakaian karena hal itu akan membuat pakaian berbau tidak sedap. Bagaimana kita tau detergen masih menempel atau tidak pada pakaian yang kita cuci? Tentu saja caranya dengan dipegang. Apabila pakaian yang kita cuci terasa licin ketika dipegang atau apabila kita menempelkan jari jemari kita lalu merenggangkannya ada kecenderungan untuk menempel seperti lem, tandanya masih ada kandungan detergen pada pakaian yang kita cuci. Maka dari itu perlu dibilas kembali. Pembilasan bisa dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali untuk memastikan pakaian benar-benar bersih.

3. Gunakan Pewangi Setelah Mencuci Pakaian

Penggunaan pewangi pakaian ini sangat efektif digunakan ketika musim hujan tiba. Tentu saja karena pakaian akan cenderung lembab dan berbau tidak sedap jika tidak kering secara sempurna, maka dari itu pewangi berperan menjaga kesegaran pakaian yang kita cuci. Selain itu juga sekarang ini sudah ada produk pewangi yang sekali bilas, sehingga bisa menghemat penggunaan air. 

4. Jemur Pakaian di dalam Ruangan 

Menjemur pakaian di dalam ruangan dilakukan agar pakaian terkena panas dari lampu yang ada di dalam ruangan. Bagi yang mencuci secara manual, pakaian bisa dijemur dulu di luar. Setelah tidak ada air yang menetes baru dipindahkan ke dalam ruangan. Bagi yang mencuci menggunakan mesin bisa langsung menjemur pakaian di dalam ruangan. 

Proses menjemur di dalam ruangan ini akan lebih efektif jika pakaian dijemur dengan menggunakan hanger atau dijepit salah satu sisinya. Hindari menjemur pakaian secara terlipat atau digantung di tali jemuran karena pakaian akan lebih lama kering. Selain itu, beri jarak yang agak luas agar lebih banyak udara yang menjelajahi setiap permukaan pakaian. 
 

5. Gunakan Peralatan Elektronik untuk Proses Pengeringan Pakaian 

Penggunaan peralatan elektronik seperti kipas angin, hair dryer, microwave, ataupun setrika berguna untuk mempercepat proses pengeringan pakaian. Pengeringan menggunakan kipas angin dan hair dryer cukup diangin-anginkan saja. Dilansir dari kumparan.com, penggunaan microwave dapat dilakukan dengan memasukkan pakaian ke dalam microwave dengan menggunakan wadah, kemudian suhu diatur pada 130-159 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit. Sementara penggunaan setrika cukup digosok-gosok seperti biasa. Pemanfaatan alat elektronik ini dapat dilakukan apabila pakaian yang dimaksud butuh segera digunakan. 

6. Perhatikan Penyimpanan Pakaian 

Pastikan pakaian yang akan disimpan sudah benar-benar kering karena jika masih lembab kemudian ditumpuk dapat menyebabkan pakaian bau apek. Salah satu usaha untuk memastikan pakaian benar-benar kering adalah dengan menyetrikanya terlebih dahulu sebelum disimpan ke dalam lemari. Untuk alasan yang sama, selain pakaian yang harus benar-benar kering, lemari tempat kita menyimpan pakaian juga harus benar-benar kering. 

Itulah tadi beberapa tips mencuci di musim hujan supaya pakaian kita tetap terawat sebagaimana di musim kemarau. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!