Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kandungan dan Manfaat Si Buah Kecil Blueberry

 

Gambar oleh 4045 dari Freepik 

Buah blueberry yang merupakan salah satu jenis buah beri – berian yang mulai populer dikalangan masyarakat, buah berukuran kecil dengan warna biru ini memiliki rasa yang manis tetapi sedikit asam. Beragam olahan mulai dari dessert hingga jus atau smoothy pun mulai diolah menggunakan buah blueberry, tidak hanya diolah blueberry pun juga enak dikonsumsi langsung. 

Jika sahabat domarai tahu dalam 100 gram buah bluberry dapat mengandung berbagai nutrisi didalamnya, dilansir dari doktersehat.com kandungan buah blueberry dalam 100 gram yaitu:

- Air (84,2 g)

- Karbohidrat (14,4 g)

- Gula (9,9 g)

- Serat (2,4 g)

- Protein (0,7 g)

- Lemak (0,3 g)

- Kalsium (6 mg)

- Magnesium (6 mg)

- Sodium (1 mg)

- Potasium (77 mg)

- Zat besi (0,2 mg)

- Zinc (0,1 mg) 

- Vitamin A (54 IU)

- Vitamin B kompleks 

- Vitamin C (9,7 mg)

- Vitamin E (0,5 mg)

- Vitamin K (19,3 mcg)

Ternyata cukup banyak ya sahabat domarai kandungannya, maka dari itu buah blueberry juga kaya akan beragam manfaat untuk kesehatan bahkan buah kecil blueberry ini juga baik untuk kecantikan tubuh, berikut beberapa manfaat dari buah blueberry mari disimak …

1. Memelihara kesehatan jantung 

Kandungan vitamin, mineral, serat dan antioksidan pada buah blueberry dapat mencegah penumpukan lemak dan kerusakan yang bisa terjadi dipembuluh darah jantung, blueberry juga bermafaat menurunkan kolesterol didalam darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung. Jadi bagi sahabat domarai yang memiliki kolesterol tinggu atau senang makan – makanan yang banyak mengandung lemak, mengonsumsi blueberry dapat menjadi pilihan. 

2. Mengurangi resiko kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan, salah satu cara mengurangi resiko kanker adalah dengan mengonsumi buah imut blueberry ini, kandungan vitamin C dan antioksidan lainnya dapat melindungi sel – sel didalam tubuh yang rusak akibat radikal bebas, zat tersebut dapat memperlambat pertumbuh sel kanker, diantaranya kanker paru – paru, kanker mulut, kanker usus besar, dan kanker prostat.

3. Mengurangi peradangan 

Kadar vitamin C yang tinggi pada blueberry berfungsi sebagai antioksidan dan dapat membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan kekebelan tubuh bahkan buah blueberry dapat memberikan manfaat antipenuaan. Antiradang dan antioksidan pada buah blueberry diperoleh dari flavonoid yang merupakan komponen nabati. 

4. Mengatasi depresi 

Buah blueberry dapat membantu mengatasi depresi karena senyawa antioksidan yang dikandungnya, efek antidepresannya efektif mengatasi depresi dan gangguan suasana hati lainnya pada anak – anak manupun orang dewasa, tidak hanya mengatasi depresi antidepresan juga bisa membantu meningkatkan kinerja dari sistem kekebalan tubuh. 

5. Mengatasi infeksi kandung kemih 

Salah satu cara mengatasi infeksi kandung kemih adalah dengan mengonsumsi buah blueberry, kandungan zat anti-adhesif pada buah ini menurut penelitian efektif melawan bakteri E.Coli yang menyebabkan penyakit infeksi kandung kemih, infeksi ini rentan dialami oleh wanita. 

6. Membantu menurunkan berat badan 

Serat yang terkandung pada buah blueberry dapat membantu sahabat domarai merasa kenyang lebih lama sehingga rasa ingin makan camilan cenderung berkurang terutama jika ingin makan – makanan cemilan dengan kalori tinggi, banyak gula atau berlemak. Maka dari itu buah blueberry ini dapat membantu sahabat domarai menurunkan berat badan, tapi jangan hanya mengonsumsi blueberry saja, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal harus dibersamai dengan pola makan yang sehat dan juga olahraga teratur. 

Mengonsumsi buah blueberry memang bisa menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan kesehatan dilihat dari kandungan dan manfaat yang diberikan, akan tetapi sebelum mengonsumsi buah blueberry pastikan buah sudah dicuci bersih, lalu pastikan juga buah blueberry dalam keadaan baik dan tidak busuk agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Selamat menikmati si imut buah blueberry sahabat domarai …