Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Cara Menabung Emas Bagi Pemula

Cara Menabung Emas

Domarai.com - Cara Menabung Emas Bagi Pemula. Hi sahabat sahabat semua. Pasti kalian sudah tau tentang emas. Tapi apakah kalian tau emas bisa menguntungkan jika ditabung. Sejarah menemukan bahwa emas telah digunakan sejak jaman mesir kuno tepatnya 700 tahun sebelum masehi dalam bentuk koin emas.

Sejak saat itu emas terus digunakan sebagai mata uang. Pada Zaman Nabi Muhammad SAW pun menggunakan emas dan perak dalam bentuk dinar emas dan dirham perak. Penggunaan emas sebagai mata uang berakhir pada tahun 1930an. Semenjak perampokan besar-besaran pemerintah negeri paman sam kepada rakyatnya, Emas tidak digunakan lagi sebagai mata uang, dan digantikan oleh uang kertas. Istilah inlfasi lahir setelah beredarnya uang kertas. Karena pencetakan uang kertas terus menerus menyebabkan nilai mata uang kertas turun.

Baca Juga:  9 ASET YANG HARUS DIMILIKI ZAMAN NOW!

Meskipun sekarang tidak digunakan sebagai mata uang, emas tetap menjadi logam mulia yang memiliki nilai intrinsik yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan alat untuk menabung. Berbeda dengan uang kertas yang nilai intrinsiknya terus menurun karena inflasi, emas tetap bertahan sejak jaman Nabi Muhammad hingga sekarang. 

Sebagai contoh, uang dinar memiliki kadar emas 4,25 gram yang dapat digunakan untuk membeli satu ekor kambing. Hingga saat ini tanggal 18 Mei 2021 Harga emas Antam Rp 947.000 untuk satu gram emas. Artinya Jika dikonversi ke rupiah koin satu dinar senilai Rp 4.024.750 harga yang tepat untuk membeli satu ekor kambing ukuran besar.

Contoh di atas membuktikan kuatnya nilai intrinsik emas yang tidak terpengaruh oleh perkembangan zaman. Sehingga sangat cocok jika emas digunakan sebagai alat untuk menabung untuk jangka panjang. Tentu dalam hal ini kita akan fokus kepada emas batangan atau emas kepingan. Agar harta (uang) kita tidak hilang dicuri oleh inflasi. Nah kita akan berbagi cara menabung emas bagi pemula berikut ini.

Cara Menabung Emas Bagi Pemula

Langkah-langkah Cara Menabung Emas Bagi Pemula

1. Tetapkan Tujuan Menabung Emas

Cara menabung emas yang pertama adalah penetapan tujuan menabung emas. Pada pembahasan sebelumnya dijelaskan jika emas sangat cocok untuk ditabung untuk tujuan jangka panjang. Hal ini berarti Tujuan kita memang diperuntukkan untuk tujuan jangka panjang. 

Sebagai contoh untuk tabungan pendidikan anak, untuk membeli rumah, membeli mobil Pernikahan, Tabungan hari tua dan masih banyak lagi. Setelah menetapkan tujuan selanjutnya tetapkan niat yang kuat agar tujuan kalian terwujud. Karena Menabung emas butuh niat dan konsistenitas dalam penambahan jumlah gramasinya.   

2. Buat Target Jumlah Dalam Menabung Emas

Langkah menabung emas selanjutnya adalah membuat target jumlah tabungan emas. Lakukan riset terhadap harga emas dan kemungkinan harga saat target terpenuhi. Kalian bisa menggunakan acuan hari ini. Harga emas hari ini adalah Rp947.000 / Gram untuk memudahkan kalian bisa menggenapkan Harga Emas menjadi Rp 1.000.000. Harga emas terbukti memiliki trend up sehingga nilainya terhadap rupiah akan terus meningkat. Jadi suatu saat pasti akan melebihi angka tersebut.

Sebagai contoh saya berencana membeli mobil dalam waktu 5 Tahun dengan budget Rp 150 juta, artinya diperkirakan harus memiliki 150 gram emas. Jika dikalkulasi setidaknya harus membeli 2,5 Gram emas setiap bulan. Dengan adanya kenaikan trend emas terhadap rupiah, dalam waktu 5 tahun kemudian 150 gram emas akan memiliki nilai lebih dari 150 juta. 

Buatlah target jumlah gramasi dan waktu yang akan dicapai sehingga kita dapat menyisihkan pendapatan kita untuk membeli emas. Belilah sesuai kemapuan kita dan konsisten. Contoh kita pastikan membeli 3 Gram / bulan selama 5 tahun, jika konsisten kita akan mendapatkan 180 gram emas di bulan ke 60.

3. Beli Emas di Tempat yang Terpercaya

Untuk bisa memiliki emas tentu kita harus membelinya dari tempat yang sudah terpercaya. Ukuran tempat terpercaya adalah, telah melakukan penjualan emas berulang-ulang dan tidak ada indikasi pemalsuan emas. Kami pribadi merekomendasikan untuk beli di butik antam. Namun untuk dapat membeli di butik antam, harus membeli minimal 5 juta rupiah, jika tidak disarankan untuk membeli via online. 

Selain butik antam Emas batangan juga bisa dibeli ditoko emas besar seperti semar, bagong atau bisa juga di pedagang emas. Pedagang emas berbeda dengan toko emas, jika toko emas sudah memiliki tempat tetap, jika pedagang emas belum tentu memiliki toko. Contoh pedagang emas seperti reseller dari perusahaan emas mini, minigold, EOA Gold dll yang biasanya bersifat perorangan. Pastikan memilih penjual yang terpercaya. Untuk pedagang emas kami rekomendasikan garaksagold yang telah terpercaya.

4. Tentukan Penyimpanan Saat Menabung Emas

Selanjutnya persiapkan tempat penyimpanan tabungan emas. Karena kita menggunakan emas fisik berupa emas batangan tentu kita harus menjaga kemanaman emas kita. Apa lagi emas ini akan disimpan dalam waktu yang cukup lama. 

Bagi yang memiliki uang lebih, dapat disimpan ke Safe Deposit Box (DSB) yang dimiliki bank-bank. Jika tidak ingin repot kalian bisa membeli brankas pribadi agar aman disimpan di rumah. Jika memang dirasa terlalu mahal kalian bisa menyimpanya di tempat yang sulit ditemukan oleh orang lain. Misalnya lubang di bawah lantai, atau didalam tembok. Sesuaikan dengan budget dan kepercayaanmu. 

5. Lakukan Pencatatan

Hal yang tak kalah penting dalam menabung emas adalah pencatatan. Kalian bisa menggunakan buku tulis biasa ataupun aplikasi pencatat keuangan yang banyak kalian temukan di playstore atau di appstore. Tujuannya adalah untuk melihat sudah berapa banyak jumlah gram emas yang telah didapatkan. Sehingga kita tidak perlu melihat atau membuka brankas setiap saat. Cukup dengan melihat catatan yang telah kita buat. 

Hal ini mungkin sepele namun ternyata bisa dijadikan motivasi saat memiliki uang berlebih, untuk dibelikan emas. Sehingga waktu yang dibutuhkan dapat lebih cepat dari rencana yang telah ditetapkan.

6. Survey Tempat Jual Emas

Langkah terkahir yang kamu lakukan saat menabung emas adalah menjualnya. Untuk menjual emas sedikit berbeda dengan membeli emas. JIka membeli emas kita dengan mudah melakukannya karena dengan gramasi yang kecil, sedangkan untuk menjual emas dengan jumlah besar tidak semua tempat mau menerimanya.

Cara Menjual Tabungan Emas 

Cara pertama 

Cara pertama adalah dengan menjual langsung kepada teman, saudara, kolega, orang yang butuh emas. 

Keuntungan cara ini, kalian bisa menggunakan harga jual dari PT ANTAM dan tidak terkena harga buyback sehingga hasil didapatkan lebih besar. Kekurangannya adalah membutuhkan waktu lama agar emasmu terjual semua. 

Cara kedua 

Cara kedua adalah menjual langsung ke butik Antam atau ke toko emas besar.

Keuntungan cara ini, kalian secara cepat bisa menjual seluruh gram emas yang dimiliki. Kekurangannya harga yang kita terima adalah harga buyback atau harga jual kembali yang pastinya lebih rendah dari harga jual. 

Kelebihan Menabung Emas

  • Mudah diuangkan, harga dan data emas dapat dengan mudah kita cari di internet
  • Tidak ada kata bekas, emas akan terus menjadi barang baru
  • Mudah disimpan dengan nilai yang besar sekalipun.
  • Nilainya akan terus naik jika dikonversi terhadap mata uang kertas.

Nah itulah beberapa Cara Menabung Emas Bagi Pemula. Kalian tidak perlu takut dalam memulai menabung emas. Kami pastikan kalian tidak akan menyesal jika menyimpan emas. Karena sebenarnya emas adalah harta sesungguhnya dan uang kertas hanya representasi harga kita yang dapat berubah nilainya. Sedangkan emas nilainya akan tetap bahkan hingga hari kiamat. Yuk mulai menabung emas. Semoga bermanfaat.