Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 ASET YANG HARUS DIMILIKI JAMAN NOW

9 ASET YANG HARUS DIMILIKI JAMAN NOW - Halo sahabat domarai, apakah kalian saat ini memiliki aset ? barang-barang pribadi yang kita miliki adalah aset. Segala sesuatu yang kita punya adalah aset. Pertanyaannya adalah apakah aset yang sahabat domarai sudah siap untuk kehidupan masa depan? Atau jangan-jangan belum memiliki aset sama sekali sehingga masih bingung apa aset untuk masa depan? Setelah punya Nah simak aset yang harus dimiliki saat ini cekidot...

Sudahkah sahabat domarai memikirkan aset masa depan? jawabannya adalah harus sudah. kenapa? aset merupakan harta kita yang akan kita gunakan untuk keperluan dimasa depan. Untuk pembiayaan sehari-hari sekolah anak, kesehatan, sosial, pendidikan anak ataupun diri sendiri.

Saking pentingnya aset kita harus bersusah payah untuk mendapatkannya. Tentu tidak semua aset akan memberikan kebaikan kita dimasa depan. sebagai contoh kendaraan yang nilainya akan semakin turun. gadget seperti laptop HP nilainya akan turun. Perlatan rumah tangga juga akan turun. Lantas aset apa saja yang harus dimiliki pada jaman sekarang? nah domarai sudah merangkumnya. 

9 Aset yang harus dimiliki jaman now 

Setidaknya ada 9 aset yang harus dimiliki jaman now

1. BARANG ANTIK

Pernahkah kalian melihat orang yang memiliki sepeda onta? atau cermin, atau lukisan. Bisa jadi barang yang kamu miliki harganya fantastis. Nah untuk orang yang hobi koleksi barang antik, harga berapapun yang diberikan pasti akan dibeli juga. 


Sebagai contoh tetangga punya sepeda onta pasangan tidak pernah dipake terus di restorasi ulang jadi bagus seperti baru. Dalam beberapa minggu satu sepeda onta yang perempuan di tawar 15 juta oleh kolektor sepeda tua namun tidak dilepas karena sepeda penginggalan orang tua. Nah bisa jadi sahabat domarai punya barang antik dan memiliki nilai historis sebaiknya disimpan mulai saat ini. 

Baca juga 8 bisnis online yang paling menguntungkan

2. EMAS

Aset yang harus dimiliki selanjutnya adalah Emas. Emas memang bukan alat untuk berinvestasi. Fungsi utama emas memang untuk alat tukar yang stabil no inflasi dari jaman Nabi Muhammad sampai sekarang memiliki nilai yang sama. Nah kenapa harga Emas naik? sebenarnya bukan harga emas yang naik namun nilai uang kita lah yang melemah atau inflasi. Aset emas cocok untuk mempertahankan nilai harta kita. Emas yang dimaksud adalah emas koin atau emas batangan, buka emas perhiasan.


Misal kita punya emas saat ini dengan harga 600.000/gr katakanlah kita bekerja keras untuk mendapatkan uang 2 Jt. Uang 2 juta sekarang dengan 2 Juta 10 Tahun lagi akan berbeda dan akan terus turun. Sedangkan jika kita belikan emas dapat 3,3 gr. Seandainya 10 tahun lagi harga emas Rp 900.000 nah maka nilai uang kita Rp 3jt. 2 juta saat ini sama dengan 3 juta 10 tahun lagi.

Maka dari itu emas adalah aset yang cukup membantu kita mempertahankan nilai dari harta kita. banyak sekali artikel yang membahas tentang emas kalian bisa cari referensi lainnya di google. kalian juga bisa mulai menabung emas, agar harta kalian tetap aman dan termasuk Aset yang harus dimiliki.

3. POHON KAYU 

Pernahkah kalian melihat disekitar pekarangan rumah kaket atau nenek kita di desa. Pasti terdapat 2-4 pohon jati atau randu yang tumbuh. Bisa jadi itu adalah cara kakek kita berinvestasi untuk anak dan cucunya. Tidak bisa dipungkiri lagi aset jangka panjang yang sudah banyak kita lihat hasilnya (Asalkan tidak terkena bencana/terbakar/mati). 


Sebagai contoh : kita menanam 1000 bibit pohon Jati untuk 1 hektar dengan harga Rp 4000/bibit. Biaya perawatan Rp 100.000 /bibit/ 10 tahun. Setelah 10 tahun dipanen, Penjualan kayu jati dalam satuan kubik. Satu meter kubik didapatkan dari 3 batang pohon dengan harga 10.000.000/meterkubik

Nah dengan modal 4jt+100jt = Rp 104 jt 
Keuntungan 1000/3 = 333 Meterkubik x Rp 10.000.000 = Rp 3,3 Miliar/hektar
Jika kita punya 5 Hektar saja sudah berapa keuntungannya?

Ilustrasi diatas jika lahan yang digunakan adalah lahan pribadi, jika sistem sewa maka tinggal dikurangi biaya sewa/beli lokasi. Kayu merupakan Aset yang harus dimiliki dan sangat cocok bagi kamu yang super sibuk.

4. BIBIT TANAMAN BUAH

Bisnis ini memang sudah tidak lagi diremehkan. Jika kita memiliki beberapa tanaman buah ini adalah aset kita yang terus dapat berkembang. Harga buah sekarang terus naik selain karena permintaan, didukung juga dengan kualitas buah itu sendiri. Terutama komoditi semangka, melon, pisang dan lainnya. Banyak sekali pengusaha buah yang sukses karena pengelolaan yang tepat. Nah seluruh tanaman yang kita punya memiliki nilai aset yang dapat berkembang. 


Sebagai contoh: kita menanam tanaman ciplukan, tanaman buah kecil yang tumbuh liar di sawah. Harga bibit untuk setiap 10 butir biji ciplukan kuning adalah Rp 10.000. Saat kita tanam dan telah berbuah, satu buah ciplukan menghasilkan puluhan biji yang bisa dijual atau di semaikan lagi. Katakanlah 1 buah berisi 15 biji satu tanaman ciplukan yang dapat berbuah hingga 100 buah sepanjang hidupnya. Tinggal dikalikan saja 10000 x 15 x 100 = 15jt / tanaman ini adalah keuntungan dari bibit saja. Harga buah ciplukan saat ini memiliki harga Rp 500.000/kg. Fantastis bukan ! 

5. BIBIT TANAMAN KESEHATAN

Di era ini banyak sekali berbagai macam penyakit. Pati setiap orang datang ke dokter untuk berobat, tentu obat yang digunakan terbuat dari bahan kimia. Semakin lama, masyarakat semakin sadar akan pengobatan alternatif menggunakan obat-obatan herbal yang tumbuh di muka bumi ini. 



Istilah tanaman yang paling terkenal adalah tanaman obat keluarga atau (toga). Biasanya terdiri dari Temu lawak, Jahe, Sirih, sambiloto, kencur, blimbingwuluh dan masih banyak lagi. 

Padahal jika kita mampu mengembangkan tanaman toga, maka dapat menjadikan pundi-pundi uang. sebagai contoh yang sedang tren adalah tanaman bidara arab. Banyak sekali orang yang berobat dengan metode ruwyah syariyah untuk menghilangkan gangguan jin atau penyakit lainnya. 

Benih bidara dijual dengan harga Rp 10.000 per 50 butir. Biaya modal bibi, pupuk, polybag, media tanam sekitar Rp 8000 / tanaman. Untuk bibit bidara arab dengan ukuran 35 cm dijual dengan harga Rp 30.000 dengan masa pertumbuhan sekitar 3 bulan. Jika kita menanam 50 benih dan berhasil semua makan keuntungan yang didapatkan 50x30.000 = Rp 1.500.000 Lumayan bukan.

6. TANAH

Memang tanah buka hal baru lagi dalam dunia aset properti. Tidak dapat dipungkiri harga tanah selalu naik baik di perkotaan maupun di pedesaan. Kira-kira apa yang menyebabkan harga tanah selalu naik? Tentunya kebutuhan tanah meningkat, lalu inflasi mata uang, lingkungan yang berkembang dan lain sebagainya. 



Rata-rata keluarga dengan jumlah 4 orang setidaknya membutuhkan 3 lokasi tanah untuk didirikan bangunan tempat tinggal. Yaitu untuk orang tua dan dua anak. Sedangkan luas tanah yang ada di bumi tetap. Hal ini juga terpengaruh oleh lokasi tanah yang dekat dengan akses publik. Semakin dekat dengan kota tentunya semakin mahal harganya.

7. INSTAGRAM

Nah salah satu aset kekinian adalah aset digital. Pernahkah kalian menemukan akun istagram yang berisi motivasi, berita, info menarik bahkan komedi yang followernya ratusan ribu orang. Nah akun tersebut berpotensi memiliki harga yang tinggi ketika dijual.  



Sebagai contoh : salah satu pedangan di market place menjual akun instagram dengan harga yang berbeda tergantung dari jumlah follower. Tentu semakin banyak followernya semakin malah pula harganya. 
6K = Rp 490.000
8K = Rp 640.000
10K = Rp 730.000

Tentu untuk aset ini pastikan followernya bukan bot melainkan real manusia sehingga aktivitas akan banyak dan semakin berkualitas akun yang dijual. Harga diatas adalah harga jual akun, jika sebelum dijual akun kita sudah mendapatkan endorse produk dari suatu perusahaan maka pendapatan kita akan bertambah. 

8. CHANNEL YOUTUBE

Aset channel youtube mungkin terdengar aneh bagi sahabat domarai. Tapi inilah era milenial, dimana kita bisa menghasilkan uang dari channel youtube. Tentunya dari bantuan google adsense. Jika kalian pernah melihat para youtuber menampilkan gaji mereka selama beberapa waktu tertentu nah, itulah pendapatan dari google adsense. 



Membuat konten yang menarik dan bermanfaat memang bukan hal mudah. kalian bisa memulai dengan menampilkan hobi, kesukaan, atau sekedar vlog. Namun jika kita bisa menyajikannya dengan sungguh-sungguh maka secara otomatis dan organik orang-orang akan datang untuk melihat video kita sesuai dengan minat mereka. 

Contoh : Channel dude perfect yang berisi trik-trik menakjubkan memiliki 40 juta subcriber. Jika melihat dari situs social blade perkiraan penghasilan terendah adalah $ 51.000 sekitar Rp 714 jt Perbulan. Tentu itu hanya perkiraan jika kita mengambil 20 % saja, maka sekitar 142 Jt. Sistem bagi hasil 60% Creator maka keuntungan bersih adalah  Rp 85 jt / bulan dan sisanya untuk youtube.

Selain pendapatan dari adsense kita juga bisa dapat penghasilan dari endorse produk perusahaan terntu.  

9. WEBSITE

Aset digital yang satu ini adalah aset digital terlama. Sebelum muncul channel youtube website merupakan alat pencetak uang yang cukup jitu, bahkan sampai sekarang. tentu membangun website tidak semudah mengembalikan telapak tangan. Perlu melalui proses yang panjang agar website terus berisi konten yang dicari banyak orang. Kunci dari aset website adalah traffic yang baik. 

Pendapatan pada website banyak cara, mulai dari menjual produk, dari iklan google atau iklan yang lain, bahkan menjual website itu sendiri. Pengalaman dari kami cara blog berumur sebulan diterima adsense bisa menjadi bahan belajar untuk sahabat domarai semua.


sebagai contoh : harga sebuah website sangat beragam kita dapat melihatnya di website flippa.com yang mana harga sebuah website sangat fantastis. Mulai dari 500 rb sampai dengan ratusan juta. 

Nah kira-kira itulah pembahasan aset. Memiliki aset tidak melulu dengan modal besar, namun juga dapat kita lakukan dengan genggaman setiap hari. Aset digital akan terus menjadi potensi bisnis yang terus berkembang. Kita perlu memiliki aset untuk menyongsong masa depan, untuk memenuhi kebutuhan atau cita-cita. Tentunya semua aset itu didapatkan dengan cara yang benar dan halal.