Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bisnis Print On Demand Kini Menguntungkan

Pernahkah sahabat domarai sudah membuat buku dan ingin mencetak namun terkndala biaya yang mahal dan harus cetak beberapa puluh eksemplar padahal kita hanya butuh dua atu 4 buku saja? atau memesan mug namun harus dengan minimal order? atau mungkin barang kreatif lainnya? 


Pada artikel sebelumnya kita mambahas 8 Bisnis Online yang Menghasilkan di Tahun 2019. pada kesempatan ini akan membahas print on demand.  Bagaimana jika sahabat domarai sebagai bisnis percetakan mandiri? Sepertinya usaha bisnis print on demand perlu diperhitungkan, terutama pada dunia digital saat ini. 

Pengertian Bisnis Print On Demand


Apa itu bisnis print on demand ? bisa dikatakan print on demand (POD) adalah platform atau layanan yang didasarkan pada pesanan pelanggan. Sehingga, layanan akan beroperasi sesuai dengan pesanan pelanggan baik dalam jumlah atapun kualitas. Pada dasarnya hampir setiap hari kita berhubungan dengan bisnis ini. sebagai contoh adalah ojek online, penjual pulsa, penjualan tiket, dan masih banyak lagi. 

Jika kita melihat hari ini, betapa suksesnya bisnis usaha print on demand. Usaha ini seperti jasa kurir, aplikasi lokal pengantaran barang yang sangat diminati masyarakat. Nah kali ini, domarai.com akan fokus membahas bisnis print on demnad yang berbentuk barang-barang kreatif seperti baju, mug, gantungan kunci, jaket yang sedang trend dikalangan anak muda. 

Peluang Bisnis Print On Demand

Bisnis Print On demand memiliki peluang yang sangat tinggi dalam ide bisnis saat ini. keuntungan tertinggi adalah, pekerjaan hanya sesuai dengan pesanan pelanggan. COntoh jasa percetakan buku, jika ada orang yang ingin mencetak buku maka harus dengan nominal beberapa puluh eksemplar dengan izin ISBN. sedangkan bisnis print on demand kita hanya mencetakkan beberapa eksemplar tergantung pemesan dengan minimal order 1 barang.

Usaha semacam ini akan banyak diminati oleh orang-orang milenial saat ini. Barang-barang kreatif mudah dibuat dengan bantuan teknologi, terlebih lagi produk produk kreatif sangat diminati saat ini oleh komunitas, bahkan pribadi sekalipun. Barang-barang yang diminati seperti mug, kaos, jam, jaket, topi dengan desain sendiri dapat dicetak dengan  jumlah sedikit. 

Sebagai Produsen
sebagai produsen kita akan mencetak barang sesuai pesanan. Pelanggan cukup mendesain/ minta jasa desain, lalu mengganti biaya produksi dan jasa cetak. 

Sebagai Reseller
sebagai reseller, kita mendesain lalu mencetakkan beberapa unit barang untuk dijual kembali. keuntungan berdasarkan margin harga barang.
contoh: kita mendesain mug kita cetak 10 unit dengan harga 40 rb, dan kita jual lagi di marketplace atau media lainnya dengan harga 65 rb, Keuntungan kita 65-40 = 15 rb per unit. Total 15x10 = 150 rb lumayan kan, bagaimana kalau kita cetak 10lagi dengan desain yang berbeda, tentu bisa.

nah biasanya reseller menggunakan sistem Pre Order, penjual menawarkan desain lalu menampilkan di instagram, atau di tempat lainnya dan akan mencetak pesanan sesuai dengan jumlah pesanan di hari yang ditentukan. 

Nah sekarang bagaimana cara menemukan produsen yang bisa mencetak unit-unit dengan kuantitas sekecil ini? Tenang saja, mau offline atau online ? jika offline tentunya sahabat domarai semua harus survey tempat produksi yang bisa mencetak barang sesuai pesanan kalian semua. Nah untuk online domarai sudah merangkum beberapa website penyedia layana print on demand, baik dalam negeri maupun luar negeri. 

website jasa print on demand

Dalam Negeri

Printondemand.co.id

Situs ini menawarkan pelayanan yang sangat menarik yaitu self publishing dengan sistem print on demand. Setiap penulis dapat mencetak beberapa buku melalui paket-paket yang sudah disediakan. Selain pencetakan, mereka juga akan membantu menjulakan buku kita melui website mereka dan akan didistribusikan ke kota-kota di wilayah indonesia. mau coba silahkan kunjungi situs printondemand.co.id

Blazbluz.com

Nah bagi kalian yang suka membuat kaos, jacket, switer situs ini sangat cocok untuk kalian yang ingin membuat desain sendiri. Sahabat domarai bisa mendesain dan langsung upload untuk dicetak dalam kaos, jaket. bahakan jika tidak punya desain kalian bisa mendesain langsung di blazbluz.com selamat mencoba.  



tees.co.id

Nah untuk situs ini lebih banyak variasi dibanding kedua situs diatas. mulai dari kartu undangan, kaos, mug, tas, dan beragam lainnya. pilihan produknya sangat banyak sehingga dapat disesuaikan dengan pilihan sahabat domarai lainnya. Misal untuk hadiah kado untuk orang spesial bisa.. sangat bisa.. selamat mencoba.



Luar Negeri

teespring.com

situs ini situs luar negeri, kalian juga bisa memesan untuk di impor ke indonesia, atau untuk jualan online dengan pasar luar negeri. Berbeda dengan lainnya, pada situs ini kalian bisa menyimpan desain untuk dibeli oleh pembeli lainnya. jadi hanya modal desain saja. Situs ini sangat cocok jika anda berada di kular negeri atau memang mengejar pasar luar negeri.



redbubble.com

Sama seperti teespring untuk redbubble lebih kepada produk kreatif seperti stiker, hiasan dinding, hadiah, meskipun juga ada baju, kaos, tas. Semua pilihan tergantung sahabat domarai semua. semalat mencoba. 




Demikianlah beberapa situs yang dapat menjadi ladang bisnis sahabat domarai semua. Hal terpenting dalam memulai usaha adalah MEMULAINYA. Dengan mulai pengalaman, trik dan usaha-usaha akan terus mengikuti. Karena hasil tidak akan menghianati usaha :D semoga sukses sahabat domarai.