Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Blog Berumur Sebulan Diterima Adsense

Halo sahabat domarai semua, bagaimana kabarnya? Apakah kalian sedang membangun website? Atau sudah ratusan artikel namun belum di aktifkan oleh adsense? Nah kali ini domarai akan bercerita tentang pengalaman mengelola blog domarai.com yang diterima adsense padahal usia blog baru 31 Hari. Mau tau kisahnya ayok cekidot.



Nah tidak usah banyak basa basi, berikut cerita blog berumur sebulan diterima adsense.

Pertengahan februari 2019 lalu tepatnya tanggal 19 kami membuat blog domarai. Kami adalah orang baru di dunia website creator sehingga pengetahuan tentang blogging masih nol. Setelah blog dibuat kami berkomitmen membuat 1 artikel setiap hari sampai dengan tulisan ini dibuat dengan tulisan yang orisinil. 

Nah ada permasalah yang kami hadapi terkait umur blog yaitu dimulai dari web dengan subdomain blogspot atau dimulai ketika domainnya telah di upgrade ke TLD. Nah pokoknya seperti itulah haha. Selama 10 hari pertama domain domarai masih domario.blogspot.com. 

waktu itu kami salah ketik yang awalnya domarai menjadi domario hehe. Setelah itu dibelilah domain pada hari ke 11 sebagai syarat monetisasi website pada adsense. Nah ini adalah peraturan baru dari adsense. sehingga blog kami menjadi domarai.com

Karena URL 10 artikel pertama masih dengan domain bawaan blogspot.com ternyata kurang enak dipandang semenjak menggunakan domain baru. Sejak saat itu seluruh artikel yang dibuat pada 10 hari di reupload dengan domain yang baru.

Kami membaca banyak cerita bahwa untuk monetisasi memerlukan syarat yang cukup berat bagi kami para pemula. Seperti harus menulis minimal 600 kata padahal kami tidak terbiasa menulis hehe.Terus usia blog harus 3 - 6 bulan. terus jumlah artikel minimal 10 dan masih banyak lagi. 

Bermodalkan cerita itu dengan tekad bulat kami terus menulis artikel dengan polosan, sama seperti menulis artikel di koran. Tanpa keyword backlink heading dll. pokoknya jelek banget deh haha. Perlahan tapi pasti kami belajar backlink dan keyword. 

baca juga 9 Aset yang harus dimiliki jaman now

Belum ada policy privacy disclaimer dll. Terus berlanjut hingga hari ke 17 atau 8 maret 2019. Kami memutuskan untuk membuat dan mendaftar akun adsense. Setelah pendaftaran kami menunggu aktivasi akun. Membaca pada artikel lain banyak yang mengatakan sehari atau lebih, pihak google pun mengatakan prosesnya kurang lebih sehari atau lebih. 

Hari pertama belum ada tanda teraktivasi, hari kedua dan seterusnya. Sampai pada hari ke 10 belum juga aktif kami merasa pesimis, namun tetap memposting artikel one day one artikel. Setelah 11 hari menunggu tepatnya tanggal 20 maret kami tidak sengaja muncul iklan di bagian header web. 

Nah kaget kami haha, terus kami dengan segera cek email dan ternyata kami mendapatkan email dari google bahwa akun adsense pada blog telah aktif. nah Blog berumur 31 hari sudah dapat menampilkan iklan adsense. Alhamdulillah senangnya :D



Pengalaman diatas dapat memberikan pengalaman. Setidaknya terdapat beberapa hal yang harus dilakukan agar web kita cepat dimonetisasi oleh google adsense. 

1. Konsisten menulis artikel 

Kami sebelumnya pernah membaca di sebuah web bahwa kedisiplinan adalah salah satu faktor penyebab diterimanya adsense. Tentu konsitensi penerbitan artikel ini akan mendongkrak potensi website dengan artikel yang banyak dan beragam. Pada saat ini google akan melihat keseriusan kita dalam membangun sebuah blog. 

Jika artikel tidak terjawal dengan baik tentu google akan mengira blog ini tidak memiliki potensi sehingga susah untuk dimonetisasi. Jika ada yang bertanya itupasti sulit? ya memang bukan hal yangmudah. Namun kami terus konsisten one day one artikel. Nah jika pada jam itu tidak selesai biasanya kami tetap mempublikasikan draft artikel dan melanjutkan esok hari. 

Hal yang kami lakukan adalah menulis 1 artikel setiap hari & membuat jadwal posting yaitu antara jam 20.00-23.59 WIB

2. Tulis artikel asli buatan sendiri

Sudah sangat jelas kita harus menulis sendiri artikel kita. Artikel yang ditulis dengan ide sendiri tidak akan menimbulkan masalah karena jelas berbeda dengan yang lain. Nah dengan menulis sensidi kita akan terbebas dari plagiasi. 

Jika tulisan dalam artikel kita banyak kesamaan dengan website lain akan menimbulkan masalah serius. Jika kesulitan kita bisa melakukan teknik ATM amati tiru modifikasi. Tentu yang ditiru adalah IDE nya namun secara konten tetap buah dari tulisan kita sendiri.

Hal yang kami lakukan adalah Membuat atikel orisinil  

3. Artikel yang bisa bercerita

Teknik apapun yang disematkan pada blog kita, seperti apapun usaha yang kita lakukan, pembaca blog tetaplah manusia. Manusia adalah makhluk yang komunikatif tentu pembaca menginginkan dilibatkan ketika membaca blog kita.

Artikel yang disusun menarik dengan bahasa yang bagus komunikatif membuat pembaca kita selah olah berbicara dua arah dengan kita sebagai penulis. Tentu akan menarik lagi jika mereka terlibat dalam artikel. Bahasa yang digunakan seperti seolah olah kita sedang berkomunikasi dengan pembaca. 

Hal yang kami lakukan adalah Menulis artikel yang dapat bercerita dan melibatkan pembaca


4. Artikel berjumlah min 600 Kata

Jumlah kata pada artikel mungkin bukan penyebab faktor mudah dicari di pesin pencari. Banyak situs yang berisi berita atau artikel dengan rata-rata 250 -300 kata juga dapat masuk ke halaman utama google. Namun kami yakin sahabat domarai semua menginginkan penjelasan artikel yang detai dan dalam. Nah dibanding penggunaan teknik SEO kami lebih mementingkan kepuasan para pembaca. 

Hal yang kami lakukan adalah menulis artikel yang detail dan mudah dipahami oleh manusia

5. Judul berisi min 40 huruf

Judul dalam artikel memang memberikan pengaruh yang besar agar artikel kita dapat masuk dalam halaman utama. Tidak dipungkiri jumlah karakter akan banyak menampung permasalahan yang sahabat domarai alami. Sebelum kami membuat judul kami akan berusaha menjadi pembaca sehingga mengerti kata apa yang akan ditulis di google search. Setelah itu kita tulis dengan kalimat yang mudah dicari dan dipahami. 

Hal yang kami lakukan adalah sebagai contoh artikel dengan judul 8 Bisnis Online yang Menghasilkan di Tahun 2019 memiliki 45 karakter. Ingat spasi juga dihitung 1 karakter

6. Artikel memiliki minimal 3 Keyword

Nah keyword memiliki peran yang sangat penting dalam pencarian google. Keyword atau kata kunci menjadi acuan google search mencocokan kata demi kata sehingga berpotensi meneruskan kata itu agar terindeks di halaman. Pengalaman kami adalah memberikan setidaknya 3 keyword yang berbeda yang diletakkan didalam artikel. Biasanya keyword berisi backlink artikel itu sendiri ataupun hanya tulisan yang bold. 

Hal yang kami lakukan adalah menebalkan keyword dan menyisipkan kedalam artikel

7. Memiliki baclink

Inti dari kehidupan suatu blog adalah backlink agar dapat ditemukan oleh pembaca dan mesin google itu sendiri. backlink merupakan suatu alamat url yang ketika di klik akan menuju artikel kita atau website kita. Terdapat dua backlink internal dan eksternal. 
RajaBackLink.com
Backlink internal berisi link url artikel itu sendiri atau artikel yang berbeda dan masih ditempatkan dalam blog yang sama. Sedangkan backlink eksternal berisi link url artikel itu sendiri atau artikel yang berbeda ditempatkan diluar blog, bisa di sosial media ataupun di website lain. Perbedaan yang jelas adalah pada penempatan link, di luar atau di dalam blog.

Hal yang kami lakukan adalah memberikan 1 backlink home seperti ini sahabat domarai dan 1 backlink artikel seperti ini. kalian juga dapat membeli backlink untuk mempercepat ketenaran blog kalian,

8. Gambar orisinil atau free license

Penggunaan hak cipta perlu diperhatikan. Kita tidak bisa seenaknya menggunakan gambar orang lain yang bagus tanpa mengetahui status gambar itu. Penggunaan gambar orang lain yang berlicensi dapat berakibat buruk bagi web kita karena dianggap mencuri gambar. Nah usahakan menggunakan gambar sendiri atau mendownload gambar yang memang berlicensi gratis pada situs tertentu seperti pexels.com atau freepick.com Nah perhatikan betul hak cipta, karena bisa beresiko tidak diterima google adsense. Mereka akan menganggap web kita tidak serius.

Hal yang kami lakukan adalah memotret atau mendesain gambar atau mendownload gambar secar legal.  


9. Template blog yang user friendly

Desain blog yang menarik tentu saja mendapat nilai lebih dari para pembaca. Semakin menarik desain dan User Interface (UI) yaitu tombol navigasi yang sangat mudah tidak belibet akan memberikan pengalaman yang menarik bagi para pembaca. Jika kalian tidak bisa membuat desain sendiri kalian bisa mendownload template web gratis namun ingat hargai karya mereka dengan tidak mengedit nama creatornya :D. 

Seperti blog ini, karena kami tidak bisa mendesain sendiri kami menggunakan salah satu template dari kak arlina di arlinadzgn.com nah, jika memiliki uang silahkan membeli atau membuat sendiri. 

Hal yang kami lakukan menggunakan template gratis namun tetap tidak merubah creatornya untuk menghargai beliau

10. Membuat Halaman khusus 

Satu hal yang sering dilewatkan para blogger adalah membuat halaman khusus seperti contact, about, disclaimer, privacy police, dan sitemap. Lima halaman khusus ini harus ada sebagai syarat google adsense. 

About berisi maksud dari blog ini dibuat. Biasanya menceritakan dasar dan visi misi pendirian blog ini.

Contact berisi kontak yang bisa dihubungi, bisa berupa email, nomor HP, sosial media dll. 

Disclaimer adalah pernyataan resmi dari administrator blog yang berisi bhwa segala sesuatu di dalam blog tidak dapat diganggu gugat. Mudahnya seperti penolakan terhadap tanggungjawab dari opini yang disampaikan oleh pembaca.

Privacy Policy adalah kebijakan yang dibuat oleh administrator yang diberlakukan untuk setiap pengunjung. Anggap aja seperti peraturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung saat berinteraksi dengan blog yang dibuka.

Sitemap adalah peta artikel yang berisi kerangka topik artikel sesuai label. Ini ditujukan agar pembaca dapat memilah artikel lebih mudah sesuai dengan topik. Seperti tema bisnis, pendidikan, sosial dll.

Jika kalian kesulitan membuat halaman Disclaimer dan privacy policy sahabat domarai dapat membuatnya privacypolicyonline.com.

Hal yang kami lakukan adalah membuat halaman contact, about, disclaimer, privacy police, dan sitemap

11. Menampilkan nama kontributor

Memang bukan hal yang wajib, namun bagi kami menampilkan nama kontributor akan membuat pengunjung yakin dengan tulisan. Kami berusaha semaksimal mungkin dan bertanggungjawab terhadap tulisan yang kami buat, salah satunya dengan mencantumkan identitas kami. Nah ini juga disarankan oleh google agar memberikan keyakinan untuk pengunjung.

baca juga Bisnis Print On Demand kini menguntungkan

Hal yang kami lakukan adalah menampilkan identitas kontributor pada setiap artikel yang dibuat

12. Sabar, berusaha dan berdo'a 

Kesabaran dalam membangun blog harus terus dilatih. Dengan usaha yang kuat, keras, banyak belajar, mau menerima masukan untuk terus mengembangkan blog harus selalau dilakukan. Mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk fikiran, tenaga, uang, waktu yang cukup banyak. Setelah segala usaha dilakukan yang terakhir adalah berdo'a kepada Allah semoga blog yang dimiliki sahabat domarai bisa memberikan manfaat dan jika diterima oleh adsense itu adalah bonus.

Hal yang kami lakukan adalah bersabar, usaha dan berdo'a

Akhirnya itu adalah pengalaman kami selama sebulan ini. Artikel ini Cara diterima adsense dengan usia blog 4 minggu adalah artikel ke 32 berarti usia blog ini sudah 32 hari. Bagi sahabat domarai yang ingin mendaftarkan adsense dapat melihat pengalaman kami dan menjadikan pelajaran untuk kita semuanya. 


Setelah satu hari dipasang adsense

Kami merasa masih banyak kekurangan dalam pembangunan blog ini. Harapan yang besar dari kami untuk para sahabat domarai dapat memberikan masukan, opini, kritikan dan saran agar kami dapat lebih baik lagi. Semoga artikel ini dapat menginspirasi sahabat domarai semua. bahwa bukan kuantitas yang menjadikan diterimanya adsense tapi kualitas dari blog kita.