Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Memulai Usaha Bagi Pemula

Domarai.com - Belakangan ini banyak orang ingin bisa menjadi seorang pengusaha, apalagi dampak pandemi seperti ini kasus-kasus phk sering kita temui. Tetapi perlu diketahui kalau memulai usaha apalagi dari nol perlu dipikirkan terlebih dulu dengan matang-matang dan tidak mudah menjalankannya. Kebanyakan orang hanya memikirkan untungnya saja tanpa melihat proses dan lain-lainnya. Dalam sebuah usaha perlu adanya keberanian dan siap dengan berbagai resiko yang tentu akan dirasakan oleh seorang pengusaha apalagi para pemula.

Sahabat domarai, kesempatan kali ini kita akan membahas cara mudah memulai usaha khususnya bagi pemula yang masih akan baru melangkah dalam dunia usaha. Semoga berbagai penjelasan-penjelasan dibawah bisa bermanfaat dan membantu kalian untuk memulai usaha.



1.  Pikirkan Jenis Usaha


Bagi pemula Langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan usaha yang akan dijalankan. Pastikan usaha yang akan kalian pilih merupakan usaha yang kuat potensinya dalam diri kalian dan harus kalian senangi jenis usahanya.


2.  Modal


Setelah kalian memilih dan memutuskan mau memulai usaha apa yang dipilih, tinggal mengsinkronkan dengan modal yang kalian miliki. Apabila kalian pemula dalam usaha, sebaikan mencoba terlebih dulu sebuah usaha yang memerlukan modal tidak terlalu besar. Mengingat kalian belum mempunyai pengalaman dan jam terbang dalam sebuah usaha, ditakutkan resiko akan besar melanda apabila memilih usaha dengan modal yang cukup besar.


3.  Percaya Diri


Memulai sebuah usaha diperlukan adanya kepercayaan diri cukup tinggi agar dapat merintis usaha tersebut secara totalitas tanpa ada beban sama sekali. Selain itu usaha yang dipilih tersebut akan kuat dan tidak mudah goyah. Sebab menjalani suatu usaha apabila masih ada keraguan akan justru membuat kemunduran, yang perlu diingat percaya diri ini bisa memberikan berbagai inovasi-inovasi baru guna mengembangkan usaha tersebut.


4.  Survey


Agar bisa merealisasikan ide-ide untuk usaha yang sudah kalian pikirkan, ternyata perlu adanya sebuah survey terlebih dulu. Dampak yang diberikan apabila kalian melakukan survey, kalian bisa mengetahui berbagai hal terkait usaha yang akan kalian jalankan tersebut. Beberapa survey yang harus dijalankan seperti survey harga, survey langsung dengan konsumen, survey lokasi, dan masih banyak lagi lainnya, tentu itu semua sesuai apa yang kalian perlukan saja.


5.  Jangan Takut Akan Kegagalan


Semua orang yang akan memulai usaha terutama pemula, perlu ditekankan kalau seorang pengusaha jangan takut akan kegagalan. Sebab memutuskan untuk menjalankan usaha mulai dari offline ataupun online pasti mempunyai berbagai resiko masing-masing besar ataupun kecil. Tetapi jika kalian merasa ada keraguan seperti takut gagal, justru akan bisa membuat usaha kalian merasakan banyak rintangan. Oleh sebab itu, kalian calon pengusaha atau yang baru memulai usaha yakinkan pada diri kalian harus kuat dan tidak takut gagal.


6.  Mau Terus Belajar


Seorang pengusaha harus mau untuk terus belajar dari mana saja. Ilmu tidak hanya hanya berasal dari buku atau sumber-sumber lain, tetapi sangat penting juga mencari berbagai macam hal informasi dari banyak orang terutama yang sudah mempunyai pengalaman dan jam terbang tinggi demi bisa sukses dan maju untuk usaha kalian.


7.  Fokus


Sahabat domarai, lakukan sebuah usaha dengan fokus dan selalu totalitas di dalamnya, karena sukses atau tidaknya sebuah usaha semua tergantung kita sebagai orang yang menjalankannya. Seperti hanya kapal yang berada di tengah laut, usaha tersebut ibarat kapal yang sedang kita nahkodai. Jadi siap tidak siap harus tetap kuat dan terus fokus demi kapal tersebut tetap jalan sampai ke tujuan yang kita harapkan, meskipun banyak sekali rintangan dan hambatan pada saat menjalaninya.