Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Berkendara Agar Tetap Aman

Domarai.com - Kendaraan bermotor saat ini menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi banyak orang, karena dengan menggunakan fasilitas tersebut dapat membantu mempermudah dalam melakukan berbagai aktivitas mulai dari bersekolah, bekerja dan lain sebagainya. Tetapi kita semua sebagai pengguna kendaraan sudah semestinya selalu mengutamakan keselamatan.

Sahabat domarai, keselamatan berkendara merupakan suatu hal yang penting ditambah saat ini masih banyak kasus-kasus kecelakaan terjadi mulai dari roda dua maupun roda empat. Faktor penyebab kecelakaan berbagai macam seperti mengantuk, lalai, tidak fokus, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa tips agar aman ketika berkendara. Sebab kesadaran dari masyarakat masih sangat kurang mengenai keselamatan.


1. Persiapan Diri Sendiri

Paling utama dan paling penting sebelum melakukan aktivitas berkendara tentu kesiapan diri kita sendiri. Sebaiknya kondisi kita sebelum berkendara dalam keadaan fit dan sehat, jangan sampai dalam kondisi mengantuk, sakit, atau bahkan mabuk. Hal-hal seperti itu bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan yang justru membahayakan diri sendiri dan orang lain. Lebih baik sebelum berkendara sedikit melakukan pemanasa guna melemaskan otot-otot tubuh.


2. Cek Kondisi Kendaraan

Cek terlebih dulu kondisi dari kendaraan sebelum berpergian apalagi kalau akan berperjalanan jauh. Usahakan periksa mulai dari mesin mobil atau motor kalian, lampu semua berfungsi baik, rem, tekanan ban dan sebagainya.

  • REM 

Periksa kondisi rem depan sekaligus belakang, pastikan kondisinya normal tidak ada gangguan. Mengingat bahwa REM mempunyai peranan sangat penting untuk mengatur dan mengendalikan kecepatan pengendara.

  • BAN

Pastikan tekanan angin ban sudah sesuai standar sekaligus periksa keadaan alur ban.

  • Lampu-Lampu

Pastikan keadaan semua lampu di kendaraan berfungsi normal seperti lampu sein, lampu rem, dan lampu depan. Sebab lampu-lampu ini memiliki fungsi tersendiri untuk memberikan kode kepada pengendara lain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Kaca Spion

Atur posisi kaca spion sedemikian rupa sesuai yang dibutuhkan agar memperoleh pandangan secara luas.


3. Perhatikan keamanan sebelum mulai berkendara, seperti sabuk pengaman untuk kendaraan roda empat dan helm untuk kendaraan roda dua. Kedua pengaman tersebut memiliki fungsi yang hampir sama, untuk melindungi pengemudi atau penumpang apabila ada benturan saat terjadi kecelakaan, terkhusus helm untuk melindungi kepala pengendara.


4. Perhatikan kapasitas kendaraan jangan sampai memaksakan kapasitas yang justru akan memicu terjadinya kecelakaan. Perjalanan berkendara bisa terganggu dengan memaksakan kapasitas kendaraan dan membuat berkendara tidak jadi nyaman.


5. Bahan Bakar

Periksa terlebih dulu bahan bakar dan pastikan sudah terisi jangan sampai kosong, syukur-syukur sudah terisi penuh tinggal melakukan perjalanan.


6. Selalu berkonsentrasi dan tetap waspada, karena banyak sekali hal yang dapat mengganggu konsentrasi yang akan membuat kewaspadaan menjadi berkurang. Misalnya apabila merasa lelah atau mengantuk lebih baik beristirahat terlebih dulu, dan misal akan memcara pesan atau mengangkat telpon lebih baik menepi dipinggir jalan dulu.


7. Patuhi Rambu - Rambu Lalu Lintas

Segala bentuk kecelakaan banyak terjadi karena lalainya para pengendara memperhatikan rambu-rambu yang sudah ada. Keselamatan merupakan hal paling utama saat berkendara maka usahakan untuk mematuhi rambu lalu lintas supaya perjalanan selalu tetap aman dan nyaman.


Sahabat domarai, semoga beberapa tips diatas bisa menambah wawasan kalian agar selalu aman saat melakukan berkendara. Faktor yang penting dalam berkendara adalah latihan, pengalaman, pengetahuan, perlengkapan keselamatan yang bisa membuat aman untuk diri sendiri dan orang lain.