Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Agar Kita Bisa Menjadi Orang yang Sabar

Sahabat Domarai, kali ini kita akan membicarakan masalah sabar. Sabar merupakan salah satu sifat yang sangat berharga dan sangat sulit dimiliki oleh semua orang. Pasti banyak orang yang ingin memiliki sifat sabar kan? Hahaha. Kesabaran itu harus dilatih agar kita dapat terbiasa. Seseorang yang sudah memiliki sifat sabar akan memiliki hidup yang jauh lebih tenang dibandingkan mereka-mereka yang hidupnya jauh dari kata sabar. 



Baca juga Cara Membuat Power Point yang Mudah dan Menarik

Disini pertama-pertama kita mau tau dulu nih sabar itu apa sih? Jadi, sabar itu berasal dari bahasa Arab yakni berasal dari kata sobaro yasbiru, artinya menahan. Secara istilah, sabar itu yakni menahan diri dari berbagai macam kesulitan, kesedihan yang diderita dan dapat lebih . Hal ini juga tercantum dalam QS.Al-Kahfi[18]: 28, yang berbunyi: “Dan tahanlah dirimu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan di senja hari dengan mengharap keridhaanNya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka.”

Nahh, disini kita akan membahas cara agar kita bisa menjadi orang yang penyabar:

1. Belajar untuk dapat mengontrol emosi
Belajar untuk dapat mengontrol emosi memang bukan hal yang mudah. Tapi harus sering dilatih. Caranya yakni dengan mencoba untuk lebih tenang dalam menghadapi masalah yang dihadapi. Ketika merasa emosi mulai naik, sebaiknya menarik nafas panjang, atau dengan cara duduk sambil meminum segelas air putih, atau cara terbaik dengan berwudhu. Ketika emosi mulai turun baru deh dapat menyelesaikan masalahnya dengan lebih tenang dan pikiran akan menjadi optimal.

2. Berfikir dewasa dalam menyelesaikan masalah 
Dalam menyelesaikan masalah gunakanlah pikiran dewasa. Ketika ada masalah dihadapi, jangan malah dihindari. Terkadang masalah yang datang itulah yang membuat diri menjadi orang yang lebih dewasa dan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Semakin sulit permasalahan yang hadir maka diri juga akan menjadi lebih cepet dewasa. Dengan kedewasaan itu kalian akan lebih mudah dalam menyelesaikan permasalah dengan baik. Tentunya sabar akan membuat kita dalam menyelesaiakn masalah dengan pikiran yang dingin. 

3. Membiasakan diri untuk memaafkan orang lain
Ketika diri disakiti oleh orang lain, jangan balas dendam. Baik itu kesalahan yang sengaja, maupun tidak disengaja. Maafkan orang yang telah menyakitimu. Jangan sekali-sekali kalian menyimpan dendam di hati. Dendam yang tersimpan dihati akan menimbulkan penyakit hati dan juga menyiksa diri. Memaafkan memang bukan hal yang mudah tapi harus selalu diterapkan. Dengan memaafkan orang kita akan menjadi sosok yang lebih sabar dan tenang akan pandangan orang lain terhadap kita. 

4. Selalu mengingat Allah dalam segala kondisi
Ketika masalah datang, ingatlah selalu kepada Allah. Dengan mengingat Allah maka perasaan akan menjadi lebih tentram dan damai. Mengingat bahwasannya semua ini terjadi atas kehendak Allah dan itu pasti hal yang terbaik buat kita. Semakin dekat kalian dengan Allah, perasaan sabar itu akan dengan mudah hadir kedalam diri dan emosi tidak akan mudah tersulut. Dengan beristigfar, tasbih dan mengucapkan kalimat yang mengingatkan kalian pada Allah akan membuat kalian menjadi seseorang yang lebih sabar dan dijauhkan dari keburukan. 

5. Selalu berfikir positif atas apa yang terjadi
Apapun yang terjadi, selalu berusaha untuk berfikir positif. Ketika mendapat masalah atau cobaan dari Allah jangan pernah berprasangka buruk akan apa yang terjadi, atau malah menyalahkan apa yang terjadi. Apapun yang terjadi, itu adalah yang terbaik untuk kalian. Segala hal yang Allah berikan pasti akan memberikan hasil yang baik untuk kita. Percayalah rencana Allah jauh lebih indah dari apa yang kita pikirkan. 

6. Selalu menjaga kualitas tidur
Menjaga kualitas tidur itu penting. Dengan menjaga kualitas tidur maka akan membuat emosi menjadi jauh lebih baik dan dapat dengan mudah mengontrolnya. Beristirahat adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Istirahat yang cukup dapat memberikan dampak yang besar dalam diri. Kalian dapat berfikir lebih baik, lebih dewasa dan lebih optimal jika istirahat kalian tercukupi. Apabila kalian memiliki banyak pekerjaan sementara tubuh kalian sudah lelah atau kalian merasa sangat kesal karena tugas kalian selalu salah, diusahakan untuk beristirahat sebentar. Pekerjaan akan menjadi lebih optimal dan akan memberikan hasil yang maksimal jika kalian beristirahat sebentar. Kalian juga akan jauh lebih tenang dalam mengerjakannya, tanpa ada rasa grusak-grusuk.

Baca juga Cara Blog Berumur Sebulan Diterima Adsense 

Dengan 6 cara di atas, diharapkan sahabat Domarai dalam mencobanya dan dapat menjadi orang yang lebih sabar. Sabar itu mudah kok, selama kalian mau melatihnya. Ingat! Hal pertama yang diperlukan yaitu niat dan keinginan yang kuat. Jangan menyerah dan tetap berusaha untuk terus menjadi orang yang penyabar. Orang yang penyabar itu hidupnya akan tenang. Pasti diantara kalian pengen kan punya hidup yang tenang? tanpa ada rasa grusak-grusuk? Makannya ayo di coba caranya.