Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Adaptasi di Kos Baru Menjadi Seru


Kos-kosan merupakan tempat tinggal bagi sebagian besar perantau. Baik bagi mereka yang merantau untuk sekolah maupun untuk bekerja. Bagi perantau baru yang belum pernah tinggal di kos sebelumnya seringkali dihinggapi rasa takut dan was-was. Biasanya mereka takut apakah nantinya mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan kos-kosan atau tidak.
Apabila sahabat domarai mengalami rasa takut dan was-was tersebut, itu sangat wajar. Mengingat, selama ini sahabat domarai tinggal di rumah dengan keluarganya yang sudah sahabat domarai kenal. Serta sahabat domarai sudah memahami peraturan serta kebiasaan di kelurga sahabat domarai. Jadi sahabat domarai tidak perlu canggung dengan mereka.


Tetapi tenang saja, sahabat domarai tidak perlu khawatir. Berikut ini ada beberapa tips agar sahabat domarai dapat beradaptasi dikos-kosan dengan mudah dan cepat.

Baca juga Tips Mencari Kos untuk Mahasiswa Baru

1.       Berkenalan dengan Semua Warga Kos
Berkenalan dengan warga kos lama itu sangat penting bagi penghuni kos baru. Sebab mereka yang akan menjadi keluarga kita selama merantau. Sebagai orang Indonesia yang bertata krama pendatang baru harus memperkenalkan diri dengan penghuni lama. Jangan menunggu penghuni lama yang berkenalan dengan namamu, itu akan menimbulkan kesan negatif terhadap dirimu.
Orang pertama yang kita kenal ketika masuk ke kos-kosan adalah pemilik kos. Sahabat domarai bisa bertanya kepada pemilik kos tentang nama-nama dari setiap penghuni kamar kos. Informasi ini akan membantu sahabat domarai untuk berkenalan dengan penghuni kos yang lain. Selanjutnya, sahabat domarai bisa berkenalan dengan penghuni kos secara langsung ketika berpapasan atau sahabat domarai datangi ke kamarnya.
Ketika berkenalan dengan penghuni kos yang lain sahabat domarai tidak perlu bertanya terlalu detail. Cukup tanyakan namanya, sekolah atau kerja dimana, asalnya dari mana, kamarnya yang mana, dan minta nomor teleponnya. Ada baiknya ketika berkenalan sahabat domarai memberikan makanan. Tidak harus mahal sahabat domarai bisa membawa snack ringan seperti coklat, wafer, dll. Memberikan makanan saat berkenal dapat memberikan kesan hangat kepada orang yang sahabat domarai ajak berkenalan.

2.       Bersikap Ramah kepada Semua Orang
Bersikap ramah itu wajib dilakukan. Ingat, sahabat domarai tinggal di perantauan jika terjadi apa-apa denganmu mereka yang paling dekat denganmu yang akan membantu. Jika sahabat domarai tidak bersikap ramah dengan mereka maka mereka akan mengabaikanmu. Pada akhirnya sahabat domarai sendiri yang rugi.
Biasakan senyum, salam dan sapa. Tersenyumlah, ketika sahabat domarai berpapasan dengan mereka. Lalu sapa mereka. Dan berikan salam ketika sahabat domarai pergi atau datang. Ketiga aktivitas tersebut akan membuat mereka nyaman dengan kehadiranmu.
Ramahlah kepada semua orang dalam kondisi apapun. Setidaknya, tetaplah tetaplah tersenyum meskipun sedang ada masalah atau bad mood. Jangan lampiaskan emosimu kepada mereka yang tidak tahu menahu masalahmu. Justru itu akan membuat mereka sebal denganmu.

3.       Cari Informasi Tentang Peraturan dan Kebiasaan Kos
Jika sahabat domarai sudah mengenal penghuni kos lama, tanyalah kepada mereka tentang peraturan kos dan kebiasaan di kos tersebut. Biasanya anak-anak kos memiliki peraturan dan kebiasaan bersama. Misalnya peraturan di dapur bersama, peraturan kamar mandi bersama, jadwal piket, iuran gas, jadwal kumpul-kumpul, dll.
Ikutilah semua peraturan dan kebiasaan yang ada di kos tersebut selama itu positif. Bagaimanapun ketika sahabat domarai memutuskan untuk kos, maka sahabat domarai menjadi bagian dari suatu lingkungan dan sahabat domarai harus patuh dengan peraturan dan kebiasaan di lingkungan tersebut. Jika sahabat domarai terpaksa tidak mengikuti kebiasaan mereka usahakan itu memiliki alasan yang kuat dan sampaikan kepada mereka. Dan bersikaplah konsisten dengan keputusanmu.
Misalnya sahabat domarai tidak mengikuti iuran gas karena sahabat domarai tidak akan memasak atau sahabat domarai mempunyai kompor sendiri. Sahabat domarai bisa mengatakan alasanmu kepada mereka dan sahabat domarai juga harus konsisten dengan perkataanmu tersebut.

4.       Kenali Karakter Setiap Warga Kos
Mengenali karakter setiap warga kos ini sangat penting. Lalu, karakter apa yang harus sahabat domarai kenal dari mereka. Pertama adalah gaya bicaranya. Setiap orang memiliki gaya bicara masing-masing. Ada yang keras, ada yang lembut, ada yang lantang dsb. Mengenal gaya bicara mereka akan membuat sahabat domarai menjadi tidak mudah bawa perasaan (over thinking) ketika berbicara dengan orang yang keras atau lantang.
Kedua kenali apa yang membuat warga kos marah atau tersinggung. Hindari segala sesuatu yang membuat mereka marah atau tersinggung. Pada prinsipnya jangan membuat konflik dengan membuat mereka marah atau tersinggung. Ketika sahabat domarai memiliki konflik dengan warga kos lainnya maka kenyamanan sahabat domarai di kos tersebut akan terusik dan akan mengganggu semua aktivitasmu.

5.       Katakan Minta Tolong, Maaf dan Terima Kasih.
Minta tolong, maaf dan terima kasih adalah tiga kata yang memiliki pengaruh luar biasa. Jangan segan untuk meminta tolong dengan warga kos. Tetapi jangan bersikap seperti bos. Gunakan kata minta tolong dan diikuti kalimat yang baik ketika sahabat domarai membutuhkan bantuan mereka. Kemudian jangan lupa mengucapkan terima kasih ketika sahabat domarai sudah dibantu oleh mereka.
Jangan malu dan jangan gengsi untuk meminta maaf jika sahabat domarai berbuat salah kepada mereka. Meminta maaf akan membuat mereka menghargai kalian. Sebaliknya, jika sahabat domarai gengsi kemudian berlaku sombong dan tidak mau minta maaf, maka mereka tidak akan menghargai sahabat domarai.

6.       Menjaga dan Merawat Fasilitas Bersama
Hal ini sangat penting sekali. Biasanya di kos ada fasilitas atau peralatan yang dipakai bersama. Seperti kamar mandi, peralatan memasak, peralatan mencuci, dsb. Jika sahabat domarai tidak ingin memiliki konflik dengan mereka maka jagalah dan rawatlah fasilitas bersama tersebut.
Salah satu contohnya adalah penggunaan peralatan memasak. Gunakan peralatan memasak seperlunya. Kemudian segera bersihkan dan kembalikan pada tempatnya setelah sahabat domarai selesai memasak. Jangan sampai sahabat domarai tinggalkan dalam waktu yang lama dalam keadaan kotor. Itu akan membuat warga kos lainnya tidak nyaman dan sebal denganmu.

7.       Bantulah Warga Kos Semampumu
Salah satu konsekuensi kita hidup bermasyarakat adalah haru saling membantu dalam kebaikan. Dalam hal ini bantulah warga kos yang lain ketika mereka membutuhkan. Dan bantulah sesuai dengan kemampuanmu. Jangan berpura-pura itu akan menyusahkan sahabat domarai pada akhirnya. Jika memang sahabat domarai tidak bisa membantu katakan saja dengan bahasa yang baik.

Itulah tips untuk sahabat domarai yang akan menjalani kehidupan kos untuk pertama kali. Pada prinsipnya adalah hindari konflik dan tebarkan kebaikan kepada semua warga kos. Jika demikian maka sahabat domarai akan mudah untuk merasa nyaman tinggal di kos-kosan. Selamat mencoba sahabat domarai. Semoga berhasil.