Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cepat agar Dapat Berdaptasi dengan Lingkungan Perkuliahan

Sahabat Domarai yang terutama mahasiswa baru, pastinya perlu cara untuk dapat berdaptasi dengan lingkungan baru. Dunia perkuliahan dan dunia sekolah itu berbeda. Jenjang perkuliahan adalah jenjang kalian menuju pendewasaan. Banyak hal-hal yang memang harus kalian perhatikan dan mengerti terlebih dahulu. Maka dari itu disini mari kita membahas bagaimana cara cepat untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan, tentunya dengan cara yang simple, sebagai berikut:



·      Mencari tahu tentang jurusan yang kalian pilih
Sebelum masuk ke dalam dunia perkuliahan, ada baiknya kalian mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jurusan yang kalian pilih. Mulai dari bagaimana teknik pembelajarannya, mata kuliah apa saja yang akan dipelajari dan materi seperti apa yang akan kalian pelajari. Hal ini penting dilakukan agar kalian dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu. Selain itu kalian juga perlu mengetahui tentang informasi dasar yang berhubungan dengan fakultas pilihan kalian contohnya yakni mencari tahu seperti apa gedung fakultas kalian nantinya, bagaimana lingkungannya, bagaimana suasana di gedung fakultas kalian.

·      Menata diri mengikuti lingkungan
Diperlukan persiapan dalam menghadapi lingkungan baru. Kalian perlu mengetahui bagaimana lingkungan kampus dan fakultas kalian. Jika kampus kalian kampus religius yang mengharuskan untuk menggunakan pakaian tertutup, maka kalian harus dapat mengikuti aturan yang ada. Dengan mengetahui informasi seperti ini, akan memudahkan kalian dalam mempersiapkan pakaian apa saja yang akan digunakan selama masa perkuliahan berlangsung.


·      Membuka diri dengan lingkungan
Dalam dunia perkuliahan sebaiknya kalian dapat menjadi seseorang yang lebih terbuka terhadap lingkungan sekitar. Memiliki banyak teman ketika kuliah merupakan suatu hal yang sangat penting, karena akan ada banyak tugas yang diharuskan untuk dikerjakan secara tim atau berkelompok dan dengan memiliki teman yang banyak akan dapat membantuk kalian dalam mengerjakannya. Cobalah untuk selalu menyapa teman-teman yang ada disekeliling kalian dengan senyuman. Jangan takut untuk memulai perkenalan dengan orang baru, karena dengan mengenal orang baru, kalian akan memiliki teman yang banyak dan itu sangat membantu kalian ketika proses perkuliahan berlangsung.

·      Mengetahui budaya dan persepsi 
Ketika kalian kuliah di kampus yang berada di luar daerah kalian, pasti kalian akan merasa canggung dan aneh dengan kebudayaan yang mereka miliki. Disini kalian harus mengetahui budaya seperti apa yang ada di kampus kalian. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya persepsi yang salah. Dengan kalian mengetahui tentang lingkungan kampus yang ingin dituju, kalian akan mempunyai gambaran baru dan akan menjadi lebih mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Kalian juga akan sangat memahami jika adanya perbedaan persepsi atau kebudayaan antara daerah asal kalian dengan daerah kampus kalian. Rasa nyaman akan hadir jika kalian dapat memahami perbedaan yang ada.

·      Mengikuti UKM, Organisasi atau kepanitiaan
Dengan mengikuti organisasi di kampus, kalian akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak. Ilmu ini adalah ilmu yang tidak akan kalian dapatkan atau kalian pelajari ketika berada di kelas. Dengan mengikuti ukm yang berhubungan dengan jurusan pilihan kalian, akan mempermudah dalam proses perkuliahan. Kalian akan merasa terbantu dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah, karena kalian mempunyai jaringan dan pengetahuan yang lebih banyak dari materi yang telah dipelajari dikelas. Dengan mengikuti UKM kalian juga akan menambah banyak teman. Selain UKM, ada juga organisasi atau kepanitiaan. Cobalah untuk menjadi mahasiswa yang aktif. Semakin aktif, maka channel perkerjaan akan lebih mudah kalian dapatkan.

·      Mengenal senior
Kata senior memang terdengar menyeramkan. Tapi disini senior yang dimaksud yakni kakak tingkat yang mau membantu kalian dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian. Dengan mengenal senior kalian akan lebih mudah dalam mengetahui informasi-informasi yang berhubungan dengan materi, tugas atau bahkan yang berhubungan dengan kampus. Dengan pengalaman yang dimiliki senior, diharapkan dapat membantu kalian dalam proses perkuliahan. Jangan malu untuk bertanya dan meminta tolong kepada senior.

Jadi bagaimana sahabat Domarai? Apakah kalian sudah dapat memahaminya? Cara untuk dapat beradaptasi di lingkungan perkuliahan yang baru itu mudah kok. Memang banyak hal yang berbeda jika dibandingkan pada saat sekolah dulu. Mungkin pada awalnya kalian akan merasa tidak nyaman atau merasa agak ribet, tapi inilah yang akan melatih diri. Jenjang perkuliahan adalah jenjang dimana kalian akan menjadi lebih dewasa dari sebelumnya.