Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gini nih caranya mengatur keuangan bagi mahasiswa yang merantau!


Hai sahabat domarai, menginjak jenjang perkuliahan, pasti banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Kebutuhan di dalam pembelajaran perkuliahan dan juga kebutuhan di luar pembelajaran. 

Apalagi bagi anak kos, pasti banyak yang merasa jika pengeluaran semakin membengkak setiap harinya. Perlu disadari jika mengatur keuangan itu penting. Selain untuk dapat berhemat, kita juga dapat mengetahui dan mengontrol pengeluarin yang kita keluarkan. 

Salah satu faktor utama pengeluaran menjadi melonjak yakni gaya hidup yang hedon. Meskipun menyenangkan, tapi akan memberikan dampak kesusahan atau kesengsaraan di akhir bulan. 

Maka dari itu, mulailah berusaha untuk mengatur pengeluaran dan menyimpan sisa pengeluaran sebagai tabungan di masa mendatang. Lalu, bagaimana sih caranya? Yuk langsung aja kita paparkan:

1. Meminimalisis pengeluaran makan

Kamu bisa nih survey tempat makan yang enak dan murah meriah. Kalo kalian mau hemat lagi, kalian bisa beli bahan makanan dan juga beras sendiri. Dengan memasak, akan membuat pengeluaran menjadi lebih sedikit. 

Meskipun kebutuhan buat makan minimalis, tapi jangan sampai kalian telat makan atau malah gak makan sama sekali. Jangan lupa untuk makan makanan yang bergizi. Sebaiknya juga pengeluaran pangan kalian itu stabil. 

Jangan mentang-mentang awal bulan beli yang mahal banget, yang ada kalian malah menyedihkan di akhir bulan. 

2. Jangan membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan

Maksudnya yakni, misal kalian pergi jalan-jalan ke mall dan kalian tertarik ingin membeli sesuatu barang yang sebenarnya tidak kalian butuhkan banget. Belilah sesuatu sesuai dengan kebutuhan. 

Memang sih senang jika bisa dapetin apa yang kita inginkan, tapi perlu dipikirkan terlebih dahulu. Sebaiknya kurangi memberli sesuatu yang tidak terlalu kalian butuhkan hanya karena kalian ingin ikut-ikutan dengan teman anda. 

Gak masalah kok kalo menahan diri untuk gak ikutin teman, justru hal ini demi masa depan yang lebih baik. 

3. Mencatat dan merencanakan pengeluaran

Kalian bisa mencatat berapa uang yang sudah kalian keluarkan dan berapa yang akan kalian keluarga. Biasakan untuk mencatat pengeluaran jika ingin berbelanja dan bawalah uang yang tidak terlalu banyak, agar kalian tidak berkeinginan untuk membeli barang lainnya. 

Usahakan membeli sesuatu dengan apa yang sudah kalian catat. Penting  juga untuk mensurvey supermarket yang murah. 

4.Mengatur budget pengeluaran

Ketika sudah saatnya mendapakat uang dari orang tua. Jangan langsung digunakan untuk berfoya-foya. Memang sih, yang namanya awal bulan itu, paling enak digunakan untuk berhedon. 

Tapi perlu dipikirkan lagi. Jika kalian melakukan itu, kemungkinan kalian akan kesulitan di akhir bulan. Sisakan uang kalian beberapa persen, untuk ditabung. Sisanya gunakan sebaik mungkin. Usahakan dalam sebulan itu, jangan sampai menyentuh uang tabungan sepersenpun. 

5. Memperhatikan sumber pemasukan

Kalo kalian emang pengen hidup hedon, bisa sih dengan cara membuka usaha sendiri. Bisa dengan berdagang online. Selain dapat uang dari orang tua, kalian juga dapat pemasukan dari hasil dagangan kalian. 

Tapi tentunya, uang hasil jerih payah kalian jangan dihabiskan begitu saja. Sisakanlah sedikit. Uang simpanan ini, kedepannya bisa jadi keluar untuk pengeluaran tak terduga dan sangat bermanfaat bagi kedepannya. 

Jadilah mahasiswa yang cerdas. Jangan malu, hanya karena kalian berdagang di luar perkuliahan. Justru ini cara agar kalian tidak tergantung lagi dengan orang tua kalian. Kalian bisa belajar hidup mandiri.

6. Pisahkan rekening pribadi dan rekening lannya

Untuk kalian yang punya rekening, bisa nih buat rekening satu lagi. Setiap rekening mempunya fungsi yang berbeda-beda. Rekening pribadi untuk kalian gunakan sehari-hari, rekening satunya bisa digunakan untuk menabung. 

Memang terlihat agar ribet, tapi cara ini bisa menjadi efisien jika kalian dapat mengatur dan menggunakanya dengan baik. Untuk kalian yang memiliki bisnis, cara ini sangat efektif untuk dapat mengatur dan megolah uang keuangan kalian. 

Baca Juga :

Bagaimana menurut kalian? Memang terlihat agak ribet dan menyusahkan untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa. Tapi jika memang berniat untuk menabung, cara diatas akan menjadi suatu hal yang sangat efektif dalam membantu kalian. 

Oiyaa, jangan lupa sisahkan uang untuk bersedekah ya, meskipun hanya sedikit, tapi itu juga satu hal yang sangat membantu kalian. Bersedekah adalah investasi yang sangat baik. 

Yuk baca artikel domarai lainya !