Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bisnis Kreatif untuk Pekerja Kantoran

domarai.com - Halo sahabat domarai, setelah membahas tips sukses bisnis makanan rumahan. Kali ini domarai akan membahas tentang bisnis untuk pekerja kantoran. Apakah sahabat domarai semua seorang pekerja kantoran yang ini punya bisnis sampingan? mari kita simak berikut ini.
bisnis-untuk-karyawan
Source Pexels.com


bekerja full time sebagai pekerja kantor atau karyawan memang hal yang cukup menyita waktu. Rata-rata pekerja kantoran menghabiskan waktu 9 jam berada di kantor dengan rincian 8 jam kerja dan 1 jam istirahat. Dengan rutinitas sepadat itu setiap harinya bisa jadi gaji yang diterima ternyata pas untuk menutupi seluruh kebutuhan, namun sangat sulit untuk bisa menabung. 

Terkadang sebagai pekerja kantoran perlu memutar otak bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan selain pekerjaan utama. Toh banyak kantor dan perusahaan yang tidak melarang aktivitas itu selama tidak menganggu pekerjaan di kantor. 

Banyak sekali yang tidak memanfaatkan waktu luangnya untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Padahal jika dilakukan dengan baik penghasilan yang didapatkan bisa jadi melebihi gaji yang didapat di kantor tempat kita bekerja.

nah kali ini domarai ingin berbagi peluang bisnis kreatif untuk pekerja kantoran yang bisa dicoba. Nah usaha ini akan dibagi menjadi dua yaitu bisnis offline dan bisnis online. 

Bisnis Sampingan Offline

1. Jualan makanan untuk sarapan pagi

eits jangan salah, menjual makanan untuk sarapan sangat berpotensi besar mendapatkan penghasilan. Sekarang kalau kita fikir siapa sih yang tidak butuh sarapan? terutama jika lingkungan sekitar kalian adalah pekerja kantoran yang dari pagi sudah sangat sibuk memperiapkan urusan pekerjaan. 

Terkadang mereka tidak sempat untuk sarapan boro-boro mau masak, untuk sarapan pagi aja kadang sulit karena waktu yang sangat terbatas. Biasanya mereka lebih suka membeli sarapan untuk dimakan selama perjalanan atau dimakan saat sampai di kantor.

Peluang ini bisa kalian gunakan untuk menjual makanan untuk sarapan, misalnya bubur, gorengan, pecel, sayur, lauk pauk, nasi goreng, nasi kuning. Tentunya biar praktis semua makanan sudah menjadi satu paket. 

Jadi saat mereka datang tinggal pilih paketnya terus beli deh. Jangan di jual terpisah nanti membutuhkan waktu yang lama dalam melayani pembeli. Ingat ! kalian juga perlu persiapan untuk berangkat bekerja. 


2. Jualan produk UKM

Potensi bisnis selanjutnya untuk pekerja kantoran adalah jualan produk UKM. Biasanya setiap orang memiliki hobi sederhana yang sebenarnya bisa menghasilkan uang. Sebagai contoh membuat racikan minuman jahe instan, jamu, membuat tempe gandul, tahu goreng spesial. 

Bukan hanya makanan atau minuman namun jika memiliki keahlian dalam bidang perkayuan dapat membuat perkakas rumah tangga almari, kursi, meja dll. Semua yang dibuat berskala kecil namun rutin di kerjakan. Jika sudah banyak permintaan dan produksi meningkat, barulah recruitmen karyawan. 

Anggap saja kita merintis usaha sampingan produksi barang UKM. Toh usaha UKM sangat didukung pemerintah untuk mengurangi pengangguran, dan meningkatkan perekonomian negara. 

3. Bertani

Nah peluang bisnis selanjutnya untuk karyawan adalah bertani. Mengapa kok bertani? tentu saja, pekerjaan bertani tidak membutuhkan waktu dan tenaga setiap saat. Sehingga tidak mengganggu waktu kita dalam bekerja di kantor. 

Semisal kalian punya lahan kosong, kalian bisa manfaatkan ditanami buah-buahan atau sayur-sayuran yang bisa dijual. Paling butuh tenaga, dan waktu saat masa penanaman dan masa panen. Singkatnya kalian menanam pohon rambutan, pada tahun ke 2 sudah bisa berbuah. 

Banyangkan jika kalian memiliki 10 pohon, berapa penghasilan yang didapatkan dengan tidak melakukan apa apa. Biasanya untuk buah musiman banyak orang penadah yang keliling untuk membeli buah di rumah kita.

JIka tidak memiliki lahan kalian bisa coba menggunakan sistem hidroponik, tanpa media tanah yang bisa digantung-gantung. Penggunaan hidroponik selain tidak membutuhkan lahan yang luas, tanaman hasil hidroponik memiliki kualitas yang bagus karena tidak menggunakan pupuk kimia. 

4. Beternak

Peluang selanjutnya adalah beternak. Beternak bisa bermacam-macam tergantung dari kita contohnya adalah memelihara ikan, ayam petelur, ayam pedaging, ayam kampung, bebek, mentok, kambing, sapi. Tentunya beternak juga tidak membutuhkan banyak waktu. 

Cukup di pagi hari sebelum berangkat bekerja untuk memberi makan dan sore hari setelah pulang bekerja untuk memberi makan dan membersihkan kandang. Hal itu dilakukan sampai datang waktu panen. Jika kalian beternak ayam petelur maka setiap hari kalian panen. 

Jika ayam pedaging membutuhkan waktu 40 hari, jika kambing atau sapi sebagai jangka panjang setahun atau beberapa tahun. Nah selain menghasikan juga menjadi hobi karena memberi makan hewan itu termasuk hal yang menyenangkan. Sebagai penghilang stresh hehe. pilihan kembali ka sahabt domarai semua. 

5. Jadi Reseller

Hal yang sudah umum dibagian dunia manapun adalah reseller. Kegiatan reseller dikenal dengan istilah berdagang dan sudah dilakukan sejak jaman dulu. Reseller memang hal yang simpel dan bisa dilakukan oleh semua orang. 

Seorang reseller hanya perlu membeli produk dari produsen, dan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. selisih harga itu yang menjadi keuntungan sebagai reseller. Contoh paling real adalah para pedagang di pasar tradisional maupun modern. 

Lihat para pedagang pasar pada pagi hari buta banyak petani yang mengirimkan hasil panen. Sesampainya di pasar puluhan pedagang menyerbu petani itu untuk membeli dengan harga murah dan dijual kembali. Bahkan praktik ini dilakukan oleh Nabi dan sahabatnya dijaman itu. 

Banyak orang yang berduit banyak dari hasil reseller. Karena tidak perlu produksi kita hanya perlu keterampilan pemasaran agar barang kita terjual habis. 

6. Jadi makelar

Menjadi makelar sedikit berbeda dengan reseller. Jika reseller perlu membeli produk terlebih dahulu dan menjualnya umumnya barang-barang komoditi atau yang kecil. Jika makelar umumnya untuk barang yang besar dan bernilai mahal seperti mobil, bangunan, tanah, kebun dan lain-lain.

Keuntungan makelar hanya perlu mempromosikan barang-barang itu kepada masyarakat tanpa perlu memilikinya. Biasanya pendapatan dari makelar berdasarkan persentase dari harga jual barang itu. Misal seperti rumah harga 300 juta, seorang makelar biasanya mendapatkan 1-2 % sekitar Rp 6 juta. lumayan kan ?

Nah bukan penghasilan yang kecil jika di sela sela kesibukan bekerja kalian bisa memanfaatkan peluang ini. So silahkan dicoba.

Bisnis sampingan Online

1. Membangun aset digital yang dapat dijual

Sebenarnya apa sih yang dimaksud aset digital itu? Singkatnya aset digital adalah produk-produk digital yang memiliki nilai yang tinggi sehinggal dapat dijual kepada yang membutuhkan, atau digunakan sendiri. 

Contoh dari aset digital adalah, website, akun Instagram, channel youtube, akun facebook, akun Twitter dan masih banyak lagi. Silahkan baca 9 aset digital yang wajib dimiliki saat ini

Jika kalian memiliki aset website kalian bisa memperoleh penghasilan dari iklan yang terpasang disana. Atau bisa dari mempromosikan produk, bahkah bisa dijual jika website kalian memiliki traffict yang tinggi.

Begitupun channel youtube atau akun media sosial yang lain. Rata-rata penghasilan terbesar dari iklan yang muncul disana. Nah keuntungan dari aset digital, kalian tidak perlu terpaku dengan waktu, karena aset digital dapat dibangun kapan saja dimana saja setelah jam kantor selesai.

2. Jualan barang online

Jual barang online tentunya sudah menjadi hal umum dimasyarakat. Jualan online secara konsep sama dengan reseller atapun produsen, hanya saja proses transaksinya dilakukan dengan bantuan internet. 

Banyak skema jualan online seperti dropship, agen, refferal, macem macem pokoknya. Bisnis online tentunya bisa dilakukan dimanapun asalakan kalian masih dalam jaringan internet. Kalian bisa baca 8 bisnis online yang menghasilkan

Kalian bisa memanfaatkan market place, atau membangun toko online kalian sendiri. Jika jumlah order sudah banyak kalian perlu mencari karyawan untuk mengurusi itu semua.

3. Jasa Pembuatan Produk Kreatif

Bisnis untuk karyawan selanjutnya adalah produk kreatif. Nah produk kreatif tidak ada jumlah batasnya karena sangat banyak. Jika kalian suka desain dapat membuat jasa pembuatan logo, atau gambar tertentu. 

Jika suka pemprograman bisa membangun website, atau yang lainnya. Jika tidak sesuaikan hobi kalian. Misal punya hobi membuat kerajian, kalian bisa membuat souvernir untuk pernikahan. Buat mug, buat kipas, boneka dan masih banyak lainnya.

Kembali ke desain, jika kalian suka buat desain tertentu dapat dimasukkan ke dalam baju, jaket tentu akan lebih menarik. Kalian desain sendiri, cetak kaos sendiri, dan jual sendiri tentunya akan meningkatkan penghasilan. 

Untuk proses cetak kalian tidak perlu kawatir, sekarang banyak situs yang menawarkan pembuatan pakaian sesuai desain kita sendiri. Bisnis ini dikenal dengan bisnis POD, Print on demand.

4. Jasa pengetikan

Kalian punya hobi menulis? Nah itu bisa menjadi potensi menjadi penghasilan. Baik menulis untuk pribadi atau orang lain tetepa bisa menghasilakan. KOK BISA? 

Kalian bisa membuat karya novel, atau buku-buku yang bermanfaat untuk orang lain. Kalian bisa cetak secara hardcopy atau softcopy. Semua tergantung bagaimana strategi promosi kalian.

Selain membuat buku kalian bisa menawarkan jasa menulis artikel pada koran-koran atau website yang menerima jasa tulis artikel. Saking banyaknya website yang berdiri karena potensi penghasilan yang lumayan. Banyak pendiri website membeli artikel untuk menaikkan traffic nya. Nah kalian bisa coba.

Untuk artikel website biasanya dibayarkan berdasarkan jumlah kata. Mulai dari 300 kata, 500 kata, 800 kata, 1000 kata, 1500 kata. Itu bukan jumlah yang banyak, namun bisa menghasilkan nominal yang lumayan. Harga tiap artikel berbeda tergantung tema artikel jumlah kata dan kemapuan website itu sendiri.

Baca juga :

5. Jasa penerjemah

Kalian punya keahlian menguasai bahasa asing? Jangan sia siakan kemampuan kalian itu. Meskipun google translate populer, namun masih banyak kata-kata yang tidak tepat dalam terjemahannya. 

Banyak orang yang menggunakan jasa translator karena hal itu. Kalian bisa dibayar mahal sesuai dengan pekerjaan kalian. Misal sebagai penerjemah teks tertentu, atau penyambung lidah dengan orang asing. 

Bos bos perusahaan masih banyak yang menggunakan penerjemah untuk penyambung lidah bisnis mereka. Karena bos dapat bertanya apa saja dengan kita untuk diterjemahkan sehingga mitra kerja mengerti apa yang bos inginkan.

Nah itu tadi bisnis onlie dan offline yang bisa kalian lakukan. Melakukan bisnis untuk para pekerja kantoran atau karyawan bukan hal mustahil. Selain bisa menambah pundi-pundi penghasilan, juga dapat memanfaatkan waktu dengan efektif. Sekian dari kami semoga artikel ini bermanfaat