Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kopi Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Domarai.com - Kopi adalah jenis minuman yang banyak digemari semua orang bahkan berbagai kalangan, mulai muda sampai tua, pria atau wanita yang ada di seluruh penjuru dunia. Walaupun rasa yang diberikan oleh kopi adalah pahit, namun bagi penikmat kopi sendiri itu suatu keenakan dan keistimewaan tersendiri. Selain itu, ada yang percaya bahwa mengkonsumsi kopi bisa memberikan manfaat banyak ke tubuh.

     Sahabat domarai, walau minuman ini terbilang populer, ternyata masih mempunyai pro kontra apabila rutin dikonsumsi. Kopi yang diminum berkala bisa membantu untuk menjaga kesehatan. Tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan akan dapat mengganggu tubuh kita. Kali ini kita akan membahas manfaat kopi bagi tubuh yang banyak dibilang luar biasa dampaknya. 


1. Menghindarkan tubuh dari penyakit

  Minum kopi bisa mengurangi resiko mengalami stroke. Bahkan ada sebuah studi yang melihatkan kalau mengkonsumsi kopi bisa menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit kanker tertentu, misal prostat, payudara, endometrium, kolorektoral, ditambah penyakit jantung.


2. Kopi mempunyai kandungan antioksidan

    Sebetulnya biji kopi berada di dalam buah yang kecil dan mempunyai warna kuning atau merah. Ternyata buah tersebut atau bijinya pun memiliki kandungan antioksidan. Ada penelitian bilang, kalau kopi sebagai penyumbang antioksidan paling besar bagi tubuh. Dari sini sudah terlihat kalau manfaat kopi bagi tubuh sangat luar biasa.

    Karna antioksidan tersebut, membuat kopi disangkut pautkan sebagai pelindung untuk kesehatan. Melimpahnya polifenol dan asam klorogenik, membuktikan kalau kopi bisa melindungi dari penyakit kronis seperti obesitas, dan mengurangi adanya peradangan.


3. Menjaga daya ingat bekerja maksimal

  Kopi berdampak sekali kepada pikiran. Alasannya karena membuat otak lebih aktif, serta lebih menaikkan memori. Dapat mencegah demensia atau penurunan daya ingat dan membuat saraf tetap selalu aktif.


4. Mengurangi rasa stress

    Sakit yang dialami kepala bisa menjadi reda karena kandungan kafein yang ada di kopi, selain itu dapat menurunkan tingkat kesetresan seseorang. Ini alasan kenapa banyak orang minum kopi ketika akan menjalani aktivitas yang membutuhkan pikiran berat, misalnya meeting kantor dan sebagainya.


5. Menaikkan kualitas olahraga

  Manfaat kopi bagi tubuh yang lain adalah bisa menaikkan kualitas olahraga kita. Beberapa penelitian membuktikan kalau minum kopi pada ukuran sedang bisa menaikkan kualitas olahraga. Dampaknya seperti meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan otot, serta menurunnya rasa sakit waktu olahraga.


6. Saluran pencernaan bisa menjadi bersih

  Konsumsi kopi tidak pakai gula, dapat membuat bakteri sekaligus racun mudah terbawa dengan kotoran kita. Karena kopi merupakan minuman diuretik, maka bisa memaksa kalian semua sering-sering pergi ke belakang.


7. Bisa jaga mood

   Manfaat terbaik kalau mengkonsumsi kopi tidak bergula yaitu dapat membuat tubuh terus merasa muda dan pikiran jadi tenang. Sebaiknya konsumsi kopi sehari dua kali saja, agar tidak terkena penyakit Parkinson. Mengingat kalau kafein bisa menaikkan dopamine yang ada di tubuh.


8. Kebahagiaan bisa terdukung karena kopi

  Beberapa orang mengatakan kalau kopi bisa membuat orang jauh bahagia lagi. Bahkan ada peneliti berhasil menemukan, mengkonsumsi kopi ada sangkut pautnya dengan pikiran positif, seperti kebaikan, kesenangan, kabahagiaan hingga kasih sayang.


       Semoga beberapa info tentang manfaat kopi bagi tubuh diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan kepada kalian terutama sahabat domarai pecinta kopi. Jangan lupa tetap cintai dan konsumsi jenis-jenis kopi lokal yang ada di Indonesia kita tercinta ini.