Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Membangun Aset Digital Website

Domarai.com - Halo sahabat domarai yang berbahagia. Setelah membahas 8 bisnis online yang menghasilkan di 2018, kali ini kita membahas dengan topik aset digital website. website sudah menjadi suatu aset digital yang dapat menghasilkan penghasilan. Apakah sahabat domarai juga ingin mendapatkan penghasilan dari website? atau aset digital? hmm ataukah kalian mau membangun bisnis aset digital? atau ingin bisnis lewat internet. Nah domarai ingin membahasnya mari cekidot. 

Pada abad milineal ini aset digital sudah menjadi hal yang perlu di prioritaskan. Munculnya internet menyebabkan pola hidup masyarakat berubah dengan kemajuan teknologi. Tak terkecuali aset digital berupa website yang perlu diperhitungkan nilainya selain aset-aset konvensional seperti tanah, bangungan, tanaman. 

Selain sebagai sarana berbagi informasi, website juga dapat menghasilkan uang bagi yang paham caranya. Kalian dapat menjadikan website sebagai bisnis, seperti media promosi, atau tempat transaksi, atau pasang iklan. Perubahan kebiasaan menyebabkan orang lebih banyak beraktifitas di internet melalui HP atau Komputer. Nah disini letak peluang bisnis yang bisa kita jalankan.
Tentunya membangun aset digital dengan website bukan hal yang mudah dan bukan hal yang sulit. Diperlukan keuletan, kegigihan dalam membangunnya. Nah dalam praktiknya website dengan pengunjung besar, akan memberikan penghasilan yang besar pula. Berikut ini domarai memberikan tips membangun aset digital website yuk lihat.

Tips membangun aset digital website

1. Tentukan Tujuan website

Hal pertama dan utama dalam membangun website adalah, tujuan dari website itu sendiri. Tujuan website akan berpengaruh pada isi website dan target pengunjung. Website yang paling banyak dikunjungi biasanya berupa website yang berisi download film, website jual beli, webste forum, website berita, website perusahaan, website tentang kesehatan, website tentang otomotif, website tentang suatu tema khusus yang unik dan website yang berisi tentang bisnis. 

nah tentukan tujuan websitemu

2. Buat website

Setelah menentukan tujuan website, kalian harus membuat websitenya. Kalian bisa membuatnya di blogger, wordpress atau tempat buat website lainnya. Nah dari keseluruhan website penyedia layanan membuat website, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Biasanya yang gratis akan menggunakan subdomain seperti websitekamu.blogspot.com sesuai dengan platform yang kalian gunakan atau websitekamu.wordpress.com sedangkan yang berbayar akan menggunakan domain .com .id .net dan lain lain.

nah segera tentukan platform sesukamu

3. Tentukan Nama website

Hal yang tak kalah penting dalam membangun website adalah nama website. Nama website yang bagus adalah nama yang mewakili tujuan dari website itu sendiri. Misal website kalian berisi tentang bisnis kalian bisa mencari nama yang berhubungan dengan bisnis seperti infobisnis, bisnisbaru dll. Jika berisi  tentang berita seperti idn.news, detik.com yang berkaitan dengan berita. Atau berisi info menarik seperti anehdidunia.com dan masih banyak lagi.

nah segera tentukan nama websitemu 

4. Pasang template SEO Friendly

Tema website sangat berpengaruh terhadap User Interface para pengunjung. Pilihlah tampilan yang sederhana, tidak banyak warna tapi mewakili tujuan dari website. Tombol navigasi yang jelas letaknya, dan tidak membingungkan. Selain menarik bagi pengunjung web kalian semua juga harus bisa menarik bagi google dalam mengindeks website kalian. 

Perlu diperhatikan teknik Search Engine Optimization (SEO) agar website kalian mudah ditemukan oleh pengujung. kalian bisa menggunakan template bawaan platform, atau bisa juga membuat sendiri, atau bisa juga membeli, atau menggunakan template free version. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian. 

nah segera buat tema yang menarik dan sesuai.

5. Isi website sesuai tujuan

Isi website dapat dikatakan nyawa dari suatu website. Pengunjung dapat mencari kebutuhan mereka dengan apa yang kita sajikan. Sebagai contoh ibu-ibu yang sedang mencari resep makanan, tentu website yang muncul akan berisi artikel tentang masakan. Begitu juga masing-masing orang akan mencari sesuatu sesuai kebutuhan mereka. Kita sebagai pemilik website harus menyediakan informasi yang mereka butuhkan, sangat detail dan jelas. Hal itu akan menyebabkan pengunjung akan kembali kepada website kita.

nah segera isi websitemu dengan konten yang orisinil

6. Undang pengunjung

Hal paling penting dalam website adalah pengunjung. Website dapat dikatakan hidup jika ada pengunjung, dan mati jika tidak ada pengunjung. Ibarat warung makan akan tutup jika tidak ada pengunjungnya. Maka setelah menulis artikel yang sesuai dengan tema bukan sekedar di publish tapi disebar luaskan melalui media sosial atau di promosikan lewat facebook ads, instagram ads dll. Selain itu juga dengan penanaman backlink di website orang lain atau ke komunitas blogger bahkan teman teman sahabat domarai semuanya. 

RajaBackLink.com
Nah segera sebarkan seluas-luasnya link website kalian

7. Pasang Iklan

Pemasangan iklan pada website yang memiliki traffic tinggi berpotensi menghasilkan uang. Sebagai contoh traffic website kita sudah mencapai 1000 orang perhari jika kita memasang iklan, katakanlah 5 % dari mereka mengklik iklan yang kita pasang. Jika setiap klik iklan dihargai Rp 100 Berarti sebanyak 50 orang kita mendapatkan Rp 5000,- perhari x 30 = Rp 150.000 sebagai passive income. Apakah itu kecil? tunggu dulu, bayangkan jika yang melakukan klik 1000 orang, 100.000 orang, berapa penghasilan yang didapatkan dalam satu bulan?  nah kalian bisa memanfaatkan google adsense untuk penyedia iklan. Cara sebulan ngeblog diterima adsense.

Nah segera daftarkan adsense dan hasilkan gajimu

8. Research and development

Setelah pasang iklan dan menghasilkan uang. Kalian terus melakukan penelitian dan pengembangan website kalian. Buat apa? tentunya untuk terus menaikkan posisi indeks google website kalian. Pastinya dalam pengembangan website kalian masih banya kekurangan dari segi apapun. Segera atasi kekurangan dan lakukan penyesuaian sesuai permintaan pengunjung. Bisa jadi website kalian akan menjadi website percontohan, memiliki konten bagus dan bermanfaat yang diikuti banyak orang. Selain untuk mengembangkan website juga dapat mengmebangkan potensi diri kita menjadi builder website yang profesional.

Nah terus belajar, meneliti dan berkembang

9. Maintenance

Namanya membangun website tidak selalu baik terus menerus. Sistem yang berjalan pada website bisa jadi suatu saat mengalami kerusakan atau error. sehingga perlu dilakukan pengecekan berkala, termasuk kode script iklan yang kalian pasang, perubahan widget perubahan template atau yang lainnya. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan performa website kalian dalam melayani para pengunjung. Ingat dengarkan kata pengunjung. itu akan menjadi kepuasan pengunjung terhadap website kita. 

Nah terus lakukan perbaikan dan perubahan

Halo sahabat domarai, itulah sedikit tips yang bisa dicoba dalam membangun bisnis website. Dengan tekun kerja keras serta do'a dalam membangun website pasti akan membuahkan hasil. Dengan trafic pengunjung yang tinggi akan membuat website kita berpotensi mendapatkan penghasilan yang besar. Sehingga kehadiran website ini dapat digunakan sebagai aset digital berharga. Semoga bermanfaat :D