Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Buat aplikasi android dengan MIT Inventor 2


Cara membuat aplikasi android dengan MIT Inventor 2 - Halo sahabat domarai, kali ini kita akan sharing bagaimana cara membuat aplikasi tanpa coding. Pastinya seru deh, dan gak ribet. Semua orang bisa melakukannya tanpa perlu skill coding, cukup perlu logika saja. Pada pembuatannya coding akan digantikan dengan peletakan block yang tinggal drag and drop. 

Terdapat video tutorial pada bagian akhir artkel jika kalian belum jelas dengan artikel ini.

Nah kali ini kita akan berikan tutorial membuat aplikasi untuk menghidupkan lampu virtual dengan dua tombol. Tutorial ini sangat sederhana untuk mengenal bagaimana cara membuat aplikasi menggunakan website MIT Inventor 2.   

Nah ada dua hal yang harus kita lakukan dalam tutorial kali ini, yang pertama kita harus membuat desain tampilan aplikasi dan membuat desain program blocknya.  

DESAIN TAMPILAN APLIKASI

1. Langkah pertama kalian buka website MIT Inventor silahkan daftar jika belum punya. 
2. Pilih Start new project - beri nama - lalu klik ok


3. Pada screen 1 beri layout VerticalScrollArranggement hal ini bertujuan agar media dapat tersusun secara vertikal dan tampilan dapat di scroll kebawah jika tampilan aplikasi terlalu panjang. Atur properties seperti di bawah ini agar letaknya rapi.


4. Tambahkan 2 buah layout HorisontalArrangement untuk meletakkan gambar dan tombol. untuk HorisontalArrangement 1 digunakan untuk lokasi gambar sedangkan HorisontalArrangement 2 digunakan untuk lokasi tombol. Untuk properties kalian dapat mengaturnya sesuai kreativitas kalian.

5. Tambahkan 2 buah Userinterface - image pada HorisontalArrangement 1 dan tambahkan 2 buah Userinterface - button pada HorisontalArrangement 2.  Atur sedemikian rupa hingga tampilannya menarik. 


6. Tambahkan media agar menarik, atau kalian cukup dengan layout horisontal / vertical yang dapat diatur warnanya. Terdapat dua gambar yang di upload yaitu lampu on dan lampu off. 

8. Klik image dan atur gambar lampu on akan berada di image 1 sedangkan lampu off berada di image 2. Lakukan uncek visible pada image 1 agar gambar lampu on tidak muncul secara otomatis di layar.


Desain template sudah selesai. sekarang kita lanjut desain program blocknya.

DESAIN BLOCK PROGRAM

1. Masuk ke dalam block dengan klik tombol block yang berada pada pojok kanan atas.

2. Kita atur fungsi tombol dan gambar yang akan muncul pada tampilan layar. Untuk cara drag and drop block kalian dapat melihat dalam video tutorial yang berada pada akhir artikel. 

3. Program yang dibuat seperti ini.
4. Penjelasan program di atas.

Ketika tombol on ditekan maka 
Tampilkan gambar 1
Jangan tampilkan gambar 2
Jadikan tombol on menjadi warna hijau

Ketika tombol off ditekan maka 
Jangan tampilkan gambar 1
Tampilkan gambar 2
Jadikan tombol on menjadi warna merah

5. Uji coba aplikasi dengan smartphone kalian dengan cara pilih connect - AI Companion - maka akan muncul kode yang dapat di scan atau dituliskan. 


6. Download & Install aplikasi MIT AI2 Companion di playstore. pada HP kalian. Usahakan saat melakukan ujicoba gunakan jaringan yang sama/ jaringan wifi yang sama agar cepat dalam prosesnya. 
7. Masukkan kode/scan barcode maka aplikasi akan muncul dengan sendirinya

8. Contoh tampilan aplikasi yang sedang kita buat. Mudah bukan 


BUILD APLIKASI YANG KALIAN BUAT
Untuk mendownload aplikasi yang telah dibuat, kalian klik build lalu - save apk to my computer. Setelah selesai langsung saja di instal. Jangan lupa aktifkan intalasi sumber tidak dikenal.

Untuk tutorial selanjutnya kita akan melakukan perubahan, jika video diatas menggunakan dua tombol untuk mematikan lampu, maka artikel selanjutnya untuk menyalakan dan mematikan lampu cukup menggunakan 1 tombol saja

Build aplikasi untuk di instal di HP kalian. Untuk prosesnya kalian dapat melihat video berikut ini. 

Terimakasih atas kunjungannya semoga bermafaat. Yuk baca artikel lainnya. 

Gini nih caranya mengatur keuangan bagi mahasiswa yang merantau!
Bisnis Aksesoris Handmade
Ide Bisnis Kreatif di Kalangan Mahasiswa
Bisnis kerajinan Handmade